Cara Cepat Tidur Nyenyak Agar Tubuh Sehat 

Sejumlah penelitian mengungkapkan jika tidur tidak nyenyak atau kurang tidur dapat mengakibatkan turunnya daya pikir, kemampuan bekerja seseorang dan penurunan tingkat konsentrasi. 

Lebih jauh lagi, jika dibiarkan saja tanpa adanya penanganan, kurang tidur bisa memperbesar risiko terjadinya, diabetes, obesitas, serangan jantung, bahkan kanker. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara supaya tidur berkualitas dan nyenyak juga dapat kamu peroleh. 

Sebelum mengetahui cara cepat tidur nyenyak, ada baiknya kamu ketahui lebih dulu apa saja penyebab dari susah tidur di malam hari. 

Baca Juga: Penyebab Kram Kaki Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Susah Tidur 

Apabila tidur mu tidak nyenyak atau kesulitan untuk tidur dengan jangka waktu yang panjang, dianjurkan untuk datang ke dokter guna melakukan pemeriksaan supaya bisa mengetahui penyebabnya. 

Di bawah ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab tidur tidak nyenyak dan susah tidur yang harus kamu ketahui. 

Stres 

Stres adalah respon tubuh akan masalah yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Keadaan ini bisa mempengaruhi seluruh tubuh, baik secara emosional, perilaku dan fisik. Stres berat dapat menjadikan kamu merasa gelisah dan cemas, sehingga tidur juga menjadi susah untuk nyenyak. 

Faktor umur 

Menginjak usia 60 tahun, tidak sedikit orang yang akan mengalami perubahan pada pola tidurnya. Terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan jika orang yang berumur lebih dari 60 tahun akan kesulitan untuk tidur nyenyak dan kerap kali bangun pada malam hari. 

Dampak zat kimia 

Terlalu berlebihan mengkonsumsi kafein dan alkohol serta memiliki kebiasaan merokok dapat menjadikan kualitas tidur mu terganggu. Hal ini dapat menjadikan tubuh sangat tidak segar ketika bangun tidur dan bahkan mengakibatkan keringat berlebih dan sakit kepala. 

Ritme sirkadian atau irama tidur 

Manusia mempunyai “alarm tubuh” yang biasa dikenal dengan ritme sirkadian. Ritme yang satu ini berhubungan dengan siklus tidurmu. Semakin rajin dan konsisten waktu tidur setiap harinya, maka menjadi semakin berkualitas juga tidur mu. Ritme sirkadian ini bisa berubah karena paparan sinar dari smartphone, tidur siang dan kegiatan olahraga. 

Keadaan medis tertentu 

Tidak sedikit kondisi medis yang bisa mengakibatkan kamu tidak bisa tidur nyenyak. Sejumlah kondisi medis yang bisa mengakibatkan gangguan tidur ini, seperti nyeri kronis, asma, asam lambung sampai depresi. 

Berbagai Cara Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari 

Untuk bisa mendapatkan tidur berkualitas dan nyenyak, ada sejumlah langkah yang dapat kamu lakukan, seperti: 

1. Batasi durasi tidur siang 

Memang tidur siang dianggap bagus untuk tubuh. Tetapi, jangan tidur siang dalam waktu yang lama karena dapat menjadi faktor kamu kesusahan tidur pada malam hari. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk membatasi jam tidur siang, yakni hanya 20 menit saja. 

2. Jangan olahraga berat  

Olahraga memang bisa menghasilkan efek kelelahan yang menjadikan kamu mudah tertidur. Tetapi, olahraga terlalu berat sebelum tidur ini bisa menghasilkan dampak pada tubuh yang menjadi segar dan akhirnya tubuhmu tidak bisa tidur. 

Untuk kamu yang kesulitan untuk tidur sesudah olahraga, dianjurkan untuk mengubahnya dengan relaksasi yang bisa menangkan tubuh, seperti mendengarkan musik, merendam air hangat, membaca buku, atau melakukan yoga. 

Untuk kamu yang telah menikah, melakukan hubungan seksual dapat menjadi salah satu cara guna mengatasi keadaan sulit tidur ini. Tidak sama seperti olahraga berat, kegiatan seksual dapat menjadikan tubuh sangat rileks dan mendatangkan kantuk. 

3. Jangan mengkonsumsi makanan berat 

Mengkonsumsi makanan berat dapat menjadikan sistem pencernaan mu bekerja semakin keras, hal ini dapat mengganggu tidur mu. Bila merasa lapar di malam hari, lebih baik kamu mengkonsumsi makanan yang ringan saja, seperti susu, sereal dan biskuit. Tidak hanya itu, batasi jam makan seperti 1 jam sebelum tidur. 

4. Jangan merokok atau mengkonsumsi kopi sebelum tidur 

Seperti yang kita ketahui jika kopi mempunyai kandungan kafein yang bisa menjadikan kamu kesulitan untuk tidur. Walaupun dipaksakan untuk bisa tidur, pastinya kamu akan terbangun terus di malam hari. Hal ini menjadikan kualitas tidur mu semakin menurun dan mengurangi durasi tidur. 

5. Jangan memainkan smartphone atau laptop 

Jangan bekerja di atas tempat tidur supaya pikiran mu dapat menjadi lebih rileks. Kamu juga disarankan untuk “melupakan” semua pikiran yang ada kaitannya dengan ujian, deadline atau pekerjaan. 

Tidak hanya itu, hindari pula pemakaian alat elektronik, seperti smartphone dan TV ketika ingin tidur. Supaya tidur dapat menjadi jauh lebih nyenyak, kamu pun ada baiknya mematikan lampu kamar ketika ingin tidur. 

Bukan hanya sejumlah cara di atas saja, kamu pun dianjurkan untuk membuat jam tidur atau seperti tidur bifasik. Mulai lakukan tidur secara teratur agar bisa memiliki kebiasaan tidur yang bagus, bahkan ketika akhir pekan. 

Jam tidur yang tetap bisa membantu kamu tidur dengan nyenyak. Tidak lupa untuk membuat suasana kamar tidur dengan sangat nyaman supaya tidur mu lebih berkualitas. Kamu juga dapat melakukan pijat kaki guna membuat tidur semakin nyenyak. 

Tidur yang berkualitas merupakan salah satu cara guna menjaga tubuh supaya selalu sehat. Tidak hanya itu, tidur pun bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga pikiran supaya tidak mudah stres dan menjaga suasana hati. 

Oleh sebab itu, tidur nyenyak penting sekali untuk kesehatan mental dan fisik. Ada banyak cara untuk mendapatkan tidur nyenyak yang bisa kamu lakukan. Tetapi, jika cara diatas telah dilakukan dan tidak berhasil, kamu dapat lakukan konsultasi kepada dokter. 

Baca Juga: Ini Cara Supaya Cepat Tidur Tanpa Obat, Dijamin Nyenyak

Nah, itulah sejumlah cara cepat tidur nyenyak yang bisa kamu terapkan mulai malam ini. Dengan membaca ulasan di atas, semoga kamu menjadi terbantu untuk menata jam tidur dan mempunyai tidur yang berkualitas. 

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

5 Cara Tidur Nyenyak yang Patut Dicoba

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu