Ini Cara Supaya Cepat Tidur Tanpa Obat, Dijamin Nyenyak

Ini Cara Supaya Cepat Tidur Tanpa Obat, Dijamin Nyenyak

Sulit tidur merupakan sebuah masalah yang dapat terjadi kepada semua orang. Masalah ini dapat mengakibatkan gangguan pada mental dan fisik jika terus dibiarkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara supaya cepat tidur tanpa obat agar kamu bisa tidur nyenyak. 

Tidak jarang banyak orang yang lebih memilih mengkonsumsi obat tidur sebagai solusi untuk mengatasi sulit tidur pada malam hari. Padahal, mengkonsumsi obat ini pastinya mempunyai efek samping. Oleh karena itu, kamu bisa beralih ke beberapa hal yang bisa membuat kamu tidur normal kembali.

Lalu, apa sajakah cara yang bisa dilakukan agar cepat tidur tanda obat dan dijamin nyenyak? Mari kita ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Cara Atasi Sulit Tidur Tanpa Obat 

Tidak sedikit orang yang mengalami insomnia dalam waktu yang sebentar sehingga lebih susah untuk tidur pada malam hari. Hal ini menjadikan kamu sangat susah untuk mengelola waktu bangun di pagi hari sebab tidur terlalu larut, bahkan begadang. Padahal semua orang dewasa harus tidur selama 7-9 jam setiap harinya. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya kamu mengetahui sejumlah cara yang bisa mengatasi sulit tidur tanpa obat yang dapat dilakukan seperti berikut. 

1. Meditasi 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia tanpa obat yaitu dengan meditasi. Hal ini dilakukan dengan mengelola pernapasan secara perlahan-lahan dan stabil dengan keadaan terduduk tenang. Dikatakan bila cara ini bisa mendorong seseorang untuk bisa tidur di malam hari dengan nyenyak, sehingga insomnia bisa diatasi dengan baik. 

Cara yang satu ini juga bagus untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stres. Kamu bisa melakukan cara ini selama 15 menit setiap harinya guna merasakan manfaatnya. 

2. Afirmasi positif 

Cara lainnya guna mengatasi sulit tidur tanpa meminum obat yaitu dengan melakukan afirmasi positif. Melakukan hal yang satu ini membuat kamu lebih fokus dan pikiran mu menjadi lebih tenang. Memang cara ini telah terbukti bisa menurunkan tingkat insomnia. Pilihlah kata-kata positif dan sederhana supaya kamu bisa lebih mudah tidur dan pikiran mu rileks. 

3. Yoga 

Yoga juga menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan supaya sulit tidur mu bisa diatasi. Gerakan ini bisa mengurangi stres dan juga fokus mental mu lebih meningkat. Lakukan selama 20 menit setiap harinya guna membantu tubuh menjadi rileks. Tidurmu bisa sangat mudah tanpa harus mengkonsumsi banyak obat-obatan saat tubuh rileks. 

4. Rajin berolahraga 

Olahraga mempunyai banyak manfaat ketika dilakukan dengan benar. Salah satunya juga bisa menjadi solusi untuk kamu yang sulit tidur tanpa perlu mengkonsumsi obat. Sesudah berolahraga, tubuh mu bisa merasa kelelahan, sehingga sangat mudah untuk tidur lebih cepat dan pastinya kualitas tidur juga bisa meningkat. 

Cobalah untuk rajin berolahraga ringan selama 20 menit setiap harinya untuk memperoleh manfaat ini. Bukan hanya bisa menyembuhkan insomnia mu, tetapi badanmu juga menjadi lebih sehat karena rajin berolahraga. 

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

5. Pijat

Kamu juga bisa melakukan terapi pijat guna mengatasi insomnia. Cara yang satu ini dianggap mampu meningkatkan kualitas dari tidurmu dan menurunkan perasaan cemas, sakit sampai depresi. Karena, mungkin saja kamu susah tidur sebab perasaan stres. 

Ketika memperoleh pijatan, kamu bisa fokuskan pada sentuhan yang ada supaya tubuh lebih rileks dan tidur mu juga menjadi lebih mudah. Saat pijat, kamu bisa menggunakan minyak dengan wangi yang menenangkan agar tambah rileks lagi.

6. Mengkonsumsi teh chamomile 

Kamu dapat mengkonsumsi teh chamomile menjadi salah satu obat tidur yang sangat ampuh. Sebuah studi yang ada di BMC Complementary Medicines and Therapies sudah membuktikan, mengkonsumsi 270 mg ekstrak chamomile sebanyak 2  kali dalam sehari secara rutin dapat menjadikan peserta tidur dalam 15 menit dan jarang terbangun pada malam hari daripada yang tidak mengkonsumsi. 

Hal tersebut bisa terjadi sebab teh chamomile mempunyai kandungan apigenin yang merupakan sejenis antioksidan yang bisa mengikat sebagian reseptor di dalam otak. Sehingga bisa merangsang rasa kantuk dan menurunkan tingkat insomnia. 

Tidak hanya itu, efek menenangkan dari teh chamomile ini dapat membuat tubuh dan juga pikiranmu menjadi lebih rileks lagi. Dengan begitu, kamu juga bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari. Kamu dapat memperoleh manfaat dari teh chamomile ini dengan mengkonsumsinya beberapa saat sesudah makan malam. 

Ada baiknya, jangan mengkonsumsi teh ini mendekati waktu tidur karena sangat beresiko untuk kamu buang air kecil terlalu sering pada malam hari dan akhirnya mengganggu waktu tidur. 

7. Mengkonsumsi akar valerian 

Akar valerian merupakan jenis bunga yang masuk pada keluarga Valerianaceae. Tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan beberapa daerah di Asia ini dianggap menjadi obat alami untuk mengatasi masalah susah tidur, menopause, depresi dan kecemasan. 

Oleh karena itu, tak heran jika valerian juga bisa dijadikan sebagai pilihan obat tidur alami yang sangat ampuh. Akar valerian biasanya tersedia berbentuk cairan dan kapsul. Kamu juga dapat menemukan tanaman herbal yang satu ini dalam bentuk teh. 

Studi dari American Journal of Medicine mengatakan bahwa mengkonsumsi akar valerian untuk jangka pendek cukup aman untuk orang dewasa dan minim efek samping. 

Namun, mengkonsumsi tanaman ini dengan jangka waktu yang panjang pada orang yang mempunyai kondisi tertentu seperti ibu menyusui dan ibu hamil sangat tidak disarankan. 
Sekarang kamu sudah tahu apa saja cara supaya cepat tidur tanpa obat dan bisa menerapkannya mulai saat ini. Dengan ulasan di atas semoga kamu bisa terbantu untuk menghilangkan insomnia yang mengganggu waktu tidurmu.

Baca Juga: Cara Cepat Tidur Nyenyak Agar Tubuh Sehat 

Belanja segala kebutuhan harian di Astro sekarang! Semua pesanan kamu akan diantar dalam hitungan menit saja. Selain itu, Astro juga siap melayani selama 24 jam penuh. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu