Penyebab Kram Kaki Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Mengalami sakit kaki ketika bangun tidur pastinya hal yang sangat tidak nyaman. Hal ini bisa mengganggu aktivitasmu untuk mengawali hari sebab menjadikan kamu susah saat ingin bergerak. 

Ada sejumlah penyebab kram kaki saat bangun tidur, salah satunya yang sangat umum yaitu salah posisi tidur. Tetapi, tidak menutup kemungkinan pula terjadi gangguan kesehatan atau gaya hidup tertentu sehingga menjadikan kamu kram ketika bangun tidur. Berikut ulasan lengkapnya. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Inilah Penyebab Kram Kaki 

Biasanya kaki kram dialami oleh para lansia. Tetapi, keadaan ini dapat menyerang siapapun dari segala umur. Umumnya kram akan menyerang otot paha, betis sampai sekujur kaki. Hal ini dapat terjadi pada salah satu kaki maupun keduanya. Tidak hanya itu, kram saat bangun tidur pun dapat terjadi pada bagian punggung. 

Beberapa ahli mengungkapkan jika penyebab kram kaki ketika bangun tidur belum bisa diketahui secara pasti. Tetapi, ada sejumlah faktor yang menjadikan kamu sangat berisiko mengalami kram saat bangun tidur. 

Penyebab yang sangat umum kamu mengalami kram saat bangun tidur yaitu posisi kaki yang kurang tepat yaitu karena ditekuk. Posisi inilah yang menjadikan otot betis mu memendek, sehingga saat diregangkan dapat menegang dan kaki mu mengalami kram. 

Bukan hanya posisi kaki yang kurang tepat ketika tidur, di bawah ini merupakan sejumlah penyebab lain kaki kram ketika bangun tidur:

1. Jarang melakukan peregangan dan olahraga 

Penyebab dari kaki kram ketika bangun tidur yaitu kamu jarang melakukan olahraga dan peregangan. Jarang melakukan kedua hal tersebut dapat menurunkan elastisitas otot. 

Dampaknya, otot menjadi sangat kaku dalam waktu tertentu, apalagi ketika salah memposisikan kaki saat tidur, sehingga sangat mudah mengalami kram dan nyeri ketika bangun tidur. 

Oleh sebab itu, kamu harus rajin melakukan peregangan dan olahraga sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. 

2. Posisi duduk tidak tepat 

Kebiasaan duduk untuk waktu yang lama dengan posisi duduk yang kurang tepat pun dapat menjadi penyebab kamu merasakan kram ketika bangun tidur. Contohnya, posisi duduk dengan kaki yang berbentuk silang bisa memperpendek otot betis, hal ini yang bisa memudahkan kamu mengalami kram ketika bangun tidur. 

3. Berdiri terlalu lama 

Berdiri dalam waktu yang lama menjadi penyebab kaki mu kram ketika bangun tidur. Ada salah satu hasil penelitian mengungkapkan jika orang yang berdiri terlalu lama di lingkungan kerja bisa memiliki resiko tinggi mengalami kaki kram pada malam hari. 

4. Melakukan olahraga berat 

Tidak hanya kurang olahraga, olahraga yang sangat berat pun dapat mengakibatkan kram otot. Melakukan olahraga berat bisa mengakibatkan kram kaki ketika tidur sebab otot tubuh akan bekerja sangat keras. Jika hal ini dibiarkan saja, maka kamu bisa bangun tidur dalam keadaan kaki sedang kram. 

Oleh karena itu, pastikan kamu rajin olahraga setiap minggunya. Ingat pula untuk terus menjaga asupan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air minum yang banyak setiap harinya. 

5. Umur 

Seiring dengan bertambahnya umur, mungkin kamu menjadi sangat beresiko mengalami kram ketika bangun tidur. Rasa kram ini biasanya datang ketika kamu sedang tidur sampai terbangun. 

Berdasarkan hasil studi, ada 33% orang berumur lebih dari 50 tahun kerap kali merasakan kram di kaki pada malam hari maupun ketika tidur. 

6. Kondisi kesehatan tertentu 

Penyebab kaki kram ketika tidur pada malam hari sampai bangun tidur pun dapat dirasakan oleh sebagian orang dengan keadaan kesehatan tertentu, seperti: 

  • Penyakit jantung 
  • Masalah tiroid, ginjal dan liver 
  • Masalah muskuloskeletal, misalnya osteoarthritis 
  • Masalah neurodegeneratif, misalnya penyakit Parkinson
  • Masalah pada saraf 
  • Diabetes 
  • Ibu hamil 
  • Peminum alkohol 

Biasanya penyebab ibu hamil mengalami kram dipicu sebab naiknya berat badan saat hamil yang dapat mengubah peredaran darah pada tubuh. Tidak hanya itu, tekanan janin di kandungan pun dapat menjadikan otot tegang yang membuat kram. 

7. Efek samping mengkonsumsi obat tertentu 

Penyebab dari kram kaki ketika bangiun tidur yang lainnya yaitu adanya efek samping dari mengkonsumsi beberapa obat tertentu. Sejumlah jenis obat yang dapat mengakibatkan kram kaki seperti diuretik, statin, pregabalin, albuterol atau ipratropium, levalbuterol, raloxifene, klonazepam, zolpidem teriparatide dan naproxen. 

Baca Juga: Macam Olahraga Untuk Menyehatkan Paru Paru

Tips Mengatasi Kram Kaki ketika Tidur 

Untuk mengatasi kaki kram ketika bangun tidur, kamu dapat mengikuti tips berikut: 

1. Lakukan peregangan dan pijat otot kaki 

Cara mengatasi kram saat bangun tidur yaitu dengan pijat otot yang sedang kram. Cara ini dilakukan guna supaya otot yang kram bisa rileks dan kendur. Pijat secara perlahan-lahan, tidak perlu dengan kekuatan yang tinggi. 

2. Berjalan 

Kamu dapat bangun dari tempat tidur dan berjalan perlahan-lahan untuk mengatasi kaki kram. Bila kesusahan untuk berdiri, kamu dapat berpegangan pada dinding dan mulai berjalan perlahan-lahan. 

3. Mandi dengan air hangat 

Apabila cara mengatasi kaki kram ketika tidur di atas ini tidak memberikan efek yang signifikan, kamu dapat mencoba mandi dengan air hangat guna menghilangkannya. Kamu juga bisa memakai kompres air hangat untuk mengatasi kaki kram saat bangun tidur. 

4. Minum obat pereda nyeri 

Apabila rasa nyeri ini tidak bisa kamu tahan atau susah hilang, kamu dapat minum obat pereda rasa sakit seperti naproxen atau ibuprofen bisa membantu menghilangkan nyeri ketika kram.  

Baca Juga: Cara Mengurangi Nyeri Otot Setelah Olahraga yang Paling Mudah

Nah, itu dia sejumlah penyebab kram kaki saat bangun tidurdan cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan saat mengalami kram ketika bangun tidur. Semoga informasi di atas ini dapat membantu kamu yang sering mengalami kram. 

Sedang mencari kebutuhan harian yang bisa diantar dalam waktu cepat? Kamu bisa lakukan pemesanan di aplikasi Astro yang menyediakan ribuan produk kebutuhan harian yang bisa kamu pesan secara online dengan pengantaran hanya dalam hitungan menit. Download aplikasi Astro sekarang! Aplikasi Astro tersedia di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu