Macam Olahraga Untuk Menyehatkan Paru Paru

Apakah kamu tahu sebanyak apa kamu mengambil nafas dalam sehari? Berdasarkan American Lung Association, setiap manusia mengambil sebanyak 20.000 per harinya. Setiap nafas yang masuk akan melewati sistem pernapasan, dimulai dari hidung, tenggorokan, trakea dan terakhir ke paru-paru. 

Oksigen ini nantinya akan dilarikan ke semua pembuluh darah, lalu masuk ke setiap sel yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, kamu harus membuat paru-paru tetap sehat dengan cara melakukan olahraga untuk menyehatkan paru-paru. 

Seperti kamu kamu tahu jika paru-paru menjadi organ tubuh yang sangat vital. Namun, ada saatnya organ ini dapat diserang berbagai penyakit, seperti bronkitis. Bronkitis adalah keadaan peradangan bronkus karena asap, alergi, infeksi dan sebagainya. 

Nah, jika saluran pernapasan yang satu ini mengalami iritasi, maka bisa mengeluarkan lendir yang sangat tebal di dalamnya. Keadaan ini dapat menyumbat, sehingga bisa menghambat udara sampai ke paru-paru. Sehingga, tidak heran jika gejala yang bisa terjadi dapat berbentuk batuk berdahak dengan lendir, dada terasa sesak dan sulitnya bernapas. 

Dari berbagai hal yang dapat mengakibatkan bronkitis, kebiasaan buruk merokok adalah yang menjadi faktor utama. Karena, pada setiap hisapan rokok bisa berpotensi untuk merusak bulu-bulu yang ada di dalam paru-paru atau biasa dikenal dengan rambut silia. 

Padahal, rambut silia memiliki fungsi untuk menyapu dan menghalau keluar debu, iritasi maupun mukosa atau lendir yang keluar secara berlebihan. Yang membuat resah, zat yang ada pada rokok dapat menyebabkan kerusakan permanen di dalam silia dan dinding bronkus. 

Nah, supaya paru-paru bisa terhindar dari penyakit tersebut dan lainnya, maka sudah sepantasnya kamu menjaga organ ini dengan baik. Cara mudah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan bergizi dan menghindari faktor risiko yang dapat menyebabkan masalah paru, seperti merokok. 

Olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyehatkan paru-paru seperti berikut ini.

Baca Juga: Kenali Cara Membersihkan Paru Paru Secara Alami

Jenis Olahraga yang Menyehatkan Paru-paru 

Berbicara mengenai olahraga, apa saja olahraga yang bagus untuk menjaga supaya paru-paru mu selalu sehat? 

1. Berenang 

Pada dasarnya, ada beberapa olahraga yang dapat membantu paru-paru mu lebih sehat. Olahraga ini menjadikan kamu jauh lebih baik untuk mengangkut dan memakai oksigen. Misalnya olahraga berenang. 

Kamu harus tahu jika berenang bisa membangun volume darah, sehingga sangat banyak oksigen yang masuk ke paru-paru dan otot serta sangat efisien untuk melepaskan karbondioksida. 

Memang berenang bisa menjadikan paru-paru selalu sehat. Saat berenang, kamu akan melatih pernafasan seperti menahan, mengambil dan mengeluarkan nafas. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas dari organ paru-paru, sehingga dapat bekerja lebih maksimal dan sehat. 

2. Berjalan kaki 

Olahraga berjalan kaki seharusnya dapat menjadi pilihan bentuk olahraga yang intensitasnya rendah sampai sedang yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Demi menjaga paru-paru selalu sehat, kamu bisa rajin melakukan olahraga ini selama 30 menit saja dalam sehari. 

Dengan rajin berjalan kaki dapat melonjakan kapasitas pernapasan dan kualitas hidup. Selain itu, kegiatan fisik ini pun dapat membantu memberikan energi pada tubuh dan menguatkan paru-paru. 

3. Melatih pernapasan 

Pakar dari University of Missouri mengungkapkan jika latihan pernapasan menggunakan perut dapat membersihkan dan menguatkan paru-paru. Caranya sangat mudah, kamu bisa berbaring telentang dan letakkan tangan di perut dengan telapak tangan diletakan pada bagian bawah dari tulang rusuk. 

Lalu, kamu bisa mengambil napas secara dalam dan perlahan-lahan, sehingga memungkikan diagfragma menjadi luas. Sesudah kamu menahan napas sejenak, kamu bisa membuang napas secara perlan-pelan. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan latihan pernapasan ini selama 5 menit dibarengi dengan berbaring dan menutup mata. Hal ini dilakukan guna menarik oksigen masuk ke bawah paru-paru. 

4. Yoga 

Yoga dibuat khusus untuk membantu tubuhmu bisa melepaskan segala racun dari organ dan otot. Rajin melakukan yoga selama 20-30 menit per harinya dapat membantu tubuhmu untuk menghilangkan racun yang ada di dalam paru-paru. 

Terdapat penelitian yang sangat menarik dari BKS Iyengar yang merupakan pelopor yoga dan kerap kali menjadi rujukan terapi yoga. Saat mengamati efek pola latihan yoga yang rajin dan tidak terputus selama bertahun-tahun akan kesehatannya menunjukkan hasil yang sangat menakjubkan. 

Penelitian tersebut dilakukan ketika Iyengar berumur 80 tahun. Berdasarkan hasil telaah fisiologis menunjukkan jika elastisitas kulit, kerja organ jantung, paru-paru dan pencernaan nya masih mirip seperti orang yang berumur 20 tahunan. 

5. Aerobik 

Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa menjadikan laju detak jantung dan pernapasan mu lebih kencang. Sehingga, latihan ini dapat membangun kekuatan paru-paru dan jantung. Tidak hanya itu, aerobik pun bisa mengontrol tingkat gula darah pada tubuh. 

Jika kamu lakukan secara rutin dan konsisten, maka sirkulasi darah bisa meningkat sehingga mendorong penurunan detak jantung dan tekanan darah. Jenis olahraga untuk menyehatkan paru-paru dan jantung seperti mendayung, bersepeda, lompat tali dan jogging.

Olahraga untuk menyehatkan paru-paru sangat mudah, bukan? Kamu bisa memulai mencoba semua olahraga di atas secara rutin dan konsisten untuk menjaga kesehatan paru-paru dan tubuh sehingga tidak terserang berbagai penyakit paru yang berbahaya untuk nyawa mu. 

Baca Juga:

Mulai gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan konsumsi makanan sehat yang bisa kamu dapatkan hanya di Astro. Belanja berbagai makanan sehat di Astro sekarang! Pesanan kamu di Astro akan diantar dalam hitungan menit & siap melayani 24 jam penuh! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu