Kenali Cara Membersihkan Paru Paru Secara Alami

Kenali Cara Membersihkan Paru Paru Secara Alami 

Siapa sangka jika ada cara membersihkan paru-paru secara alami. Jika kamu kamu belum mengetahuinya, ada berbagai cara untuk membersihkan paru-paru dengan mudah. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit pernapasan yang menghantuimu. 

Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan paru-paru menjadi tidak sehat dan kotor, seperti bakteri, virus, zat beracun, debu, dan asap rokok. Semua partikel tersebut dapat masuk ke dalam paru-paru ketika kamu menghirup udara yang sudah tercemar. 

Sebetulnya, paru-paru adalah organ yang dapat membersihkan dan menyembuhkan dirinya sendiri dari berbagai partikel kotoran. Tetapi, bila paparan partikelnya terlalu sering dan banyak, hal ini kemungkinan bisa mengganggu fungsinya. 

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba cara membersihkan paru-paru supaya organ ini bisa berfungsi secara optimal dan tetap sehat. Kamu bisa simak cara membersihkan paru-paru seperti berikut ini. 

Baca Juga: Macam Olahraga Untuk Menyehatkan Paru Paru

Ragam Cara Membersihkan Paru-paru 

Ada sejumlah cara membersihkan paru-paru yang dapat kamu coba lakukan, seperti: 

1. Berhenti merokok 

Kebiasaan merokok untuk waktu yang lama dapat mengakibatkan peradangan dan rusaknya sel yang ada di dalam paru-paru sehingga bisa memicu penyakit, seperti kanker paru dan PPOK. 

Terdapat salah satu studi yang mengungkapkan jika semakin cepat individu berhenti merokok, potensi paru-paru bisa sembuh semakin besar dan risiko paru-paru mengalami kerusakan permanen akan semakin rendah. 

Oleh sebab itu, bila kamu ingin membersihkan paru-paru, cara pertama yang bisa dilakukan yaitu berhenti merokok secepatnya. 

2. Hindari asap rokok 

Walaupun tidak merokok, sering terpapar atau menghirup asap rokok pun dapat menjadikan paru-paru kotor. Hal ini sebab asap rokok yang keluar dari mulut mengandung banyak racun yang berbahaya bila terhirup. Oleh sebab itu, upayakan kamu menghindari orang yang sedang merokok. 

3. Mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan 

Cara dalam membersihkan paru-paru berikutnya yaitu kamu harus mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan antioksidan sangat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan. 

Hal ini sebab antioksidan mempunyai efek anti radang yang bisa menurunkan dan melindungi risiko kerusakan dalam organ tubuh, salah satunya adalah paru-paru. 

4. Hindari polusi 

Sama seperti asap rokok, selalu terpapar polusi dapat menjadikan paru-paru sangat kotor dan mudah rusak. Oleh sebab itu, jika kamu sedang berkegiatan di luar ruangan dan kualitas udaranya sangat buruk, ada baiknya memakai masker demi melindungi paru-paru. 

5. Rajin berolahraga 

Rajin melakukan olahraga bisa menjaga fungsi, kesehatan dan kapasitas paru-paru. Sejumlah jenis olahraga yang bagus untuk paru-paru yaitu berenang, bersepeda, lari dan jogging. Apabila memungkinkan, kamu bisa menghindari olahraga di luar ruangan saat keadaan udara sedang kotor. 

6. Melakukan terapi uap 

Kamu juga bisa melakukan terapi uap demi membersihkan lendir yang ada di dalam paru-paru atau pada saluran pernapasan. Caranya dengan merebus air hangat memakai panci dan hidup uapnya. Kamu juga bisa melakukan terapi uap dengan cara mandi memakai air hangat. 

7. Memakai alat pembersih udara 

Pemakaian alat pembersih udara di rumah bisa membersihkan dan kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih berkualitas. Udara yang kamu hirup dan masuk ke dalam paru-paru juga bisa lebih bersih sebab partikel kotoran yang ada sudah disaring menggunakan alat tersebut. 

8. Menghindari penyebaran infeksi 

Mencegah infeksi juga menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan paru-paru. Supaya organ tubuh yang satu ini terlindungi dan tidak mudah terkena infeksi, terdapat sejumlah hal yang dapat kamu lakukan, seperti: 

  • Jangan kontak dengan orang yang sedang sakit 
  • Lakukan vaksinasi covid-19, pneumonia dan flu 
  • Menjaga kebersihan mulut dan gigi 
  • Mencuci tangan memakai air mengalir dan sabun 

Dengan kamu menghindari penyebaran infeksi ini, maka organ pernapasan mu bisa menjadi lebih sehat, kuat dan bersih. Tentunya hal ini bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuhmu secara menyeluruh. 

Baca Juga: Apa Saja Makanan Untuk Membersihkan Paru Paru 

Berbagai Penyakit Paru-paru yang Harus Diwaspadai

Ada banyak penyakit yang bisa mengakibatkan masalah pada paru-paru. Berikut ini merupakan sejumlah keadaan dan penyakit pada paru-paru, mulai dari yang sangat umum dialami sampai yang menyebabkan gejala serius. 

1. Asma 

Asma merupakan masalah pernapasan kronis yang disebabkan karena penyempitan saluran pernapasan akibat terjadinya peradangan. Menyempitnya saluran pernapasan ini bisa mempengaruhi kerja paru, terutama menghambat proses pertukaran oksigen. 

2. Pneumonia 

Pneumonia merupakan penyakit infeksi yang biasa terjadi di sistem pernapasan. Sebagian orang menyebutnya dengan paru-paru basah. Penyebabnya yaitu infeksi bakteri, jamur atau virus yang menyerang kantung udara di dalam paru-paru. 

3. Bronkitis 

Bronkitis merupakan penyakit paru-paru yang bisa terjadi karena peradangan pada bronkus yakni percabangan saluran udara yang mengalir ke paru-paru. Faktor utama bronkitis yaitu infeksi virus dan iritasi karena asap rokok seperti yang sudah dibahas sebelumnya. 

4. PPOK 

Penyakit Paru Obstruktif Kronis atau biasa dikenal dengan PPOK adalah penyakit paru-paru yang berkembang secara cepat. Tanda-tandanya bisa semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu. 

5. Pleuritis 

Pleuritis merupakan peradangan yang menyerang pleura atau selaput yang memisahkan dinding dada dan kedua sisi paru. Peradangan ini dapat terjadi karena infeksi bakteri yang menyerang sistem pernapasan. Radang selaput paru dapat mengakibatkan sakit pada dada ketika bernafas dibarengi dengan gejala demam dan batuk.

Sesudah mengetahui berbagai penyakit paru-paru dan cara membersihkan paru-paru secara alami ini, diharapkan kamu bisa menerapkannya secepatnya agar tidak memperburuk keadaan paru-paru mu dan menyebabkan sakit yang lebih parah lagi. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan paru-paru ke dokter, ya!

Baca Juga: Rekomendasi 10 Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Imun Kamu

Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store untuk dapatkan berbagai produk kebutuhan harian berkualitas! Yuk mulai hidup sehat bersama Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu