Cara Mengurangi Nyeri Otot Setelah Olahraga yang Paling Mudah

Cara mengurangi nyeri otot setelah olahraga bisa dilakukan salah satunya dengan mengkompresnya. Memang mengalami nyeri otot sesudah olahraga atau biasa dikenal dengan keadaan njarem, sebetulnya adalah hal yang sangat umum terjadi, khususnya jika kamu tergolong orang yang tidak pernah melakukan aktivitas fisik. 

Sebab jarang digunakan atau dilatih, otot bisa mengalami stres fisik ketika kamu memulai kembali olahraga. Nyeri otot yang dirasakan sesudah olahraga biasanya akan timbul dalam waktu 1-2 hari kemudian sesudah kegiatan fisik dilakukan dan bisa bertahan sekitar 3-5 hari. 

Muncul rasa nyeri sebab kegiatan yang dilakukan ini memberi tekanan secara berlebihan di otot. Keadaan ini pun dapat terjadi karena adanya sedikit robekan mikroskopis di jaringan otot. Karena robekan tersebut bisa masuk menjadi cedera ringan karena regangan otot di serabut otot. 

Walaupun begitu, biasanya keadaan ini tidak berbahaya dan menjadi bagian dari penyesuaian tubuh untuk kebiasaan baru mu. Nah, di bawah ini ada beberapa cara untuk mengurangi nyeri otot setelah olahraga yang paling mudah dilakukan. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Tips Redakan Nyeri Otot Sesudah Olahraga 

Pada umumnya, para pelatih atletik dan pakar fisiologi olahraga belum mendapati obat yang ampuh untuk mengurangi rasa pegal sesudah berolahraga. Namun, ada sejumlah perawatan yang bisa dilakukan untuk meredakan atau mengurangi nyeri otot, seperti: 

1. Kompres memakai es 

Cara pertama yang bisa dilakukan saat nyeri otot sesudah olahraga yaitu dengan mengompres bagian yang nyeri menggunakan handuk yang diberi es, sehingga dapat membantu mengurangi nyeri pegal sesudah olahraga untuk beberapa waktu saja. 

Selain itu, kamu juga dapat berendam pada air dingin atau mandi memakai air dingin. Namun, jika kamu tidak kuat untuk melakukan kedua hal tersebut, maka kamu bisa melakukan kompres saja. 

2. Istirahat dengan cukup 

Istirahat bisa memberikan tubuhmu kesempatan yang cukup guna memperbaiki dirinya sendiri dan juga mengembalikan energi yang sudah dikeluarkan. Hari kedua sesudah latihan yang cukup intens dapat menjadi yang paling berat. Sehingga, pastikan kamu istirahat dengan cukup dan lakukan kegiatan atau olahraga yang ringan saja. 

Jika ingin berolahraga, kamu harus memilih jenis olahraga yang ringan. Jangan melakukan olahraga berat karena tubuhmu akan semakin kehabisan energi, hasilnya kamu akan semakin kelelahan. 

3. Kompres dengan air hangat 

Jika otot mu masih terasa nyeri lebih dari dua hari sesudah olahraga, maka kamu bisa mengompresnya dengan air hangat. Kompres pada area otot yang sakit menggunakan air hangat bisa membantu memperlancar aliran darah dan mengurangi otot-otot yang masih terasa kencang. 

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memakai bantal pemanas atau handuk hangat. Tetapi, tetap jangan terlalu panas, demi mengurangi terjadinya luka bakar dan membuat otot lebih meradang. Tidak lupa juga jangan kontak langsung dengan berbagai perangkat pemanas apa saja. 

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

4. Pijat 

Pijatan bisa membantu meredakan otot-otot yang tegang, melancarkan peredaran darah dan membangun rentang gerak di persendianmu. Hal ini pun bisa membuat suasana hatimu lebih baik. 

Ketika nyeri otot menyerang, pijatan lembut merupakan cara terbaik untuk mengatasinya. Coba jenis pijat yang memakai tekanan ringan, seperti salah satunya pijat Swedia. Hal ini jauh lebih baik guna pemulihan dibandingkan pijat jaringan dalam. 

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencoba akupresur titik nyeri, namun pilih terapis yang sudah berpengalaman, ya! 

5. Jangan malas bergerak 

Ketika mengalami nyeri otot sesudah melakukan olahraga, mungkin kamu tidak ingin melakukan aktivitas atau hanya ingin berbaring saja di kasur dan bermalas-malasan. Tetapi, sebetulnya menggerakan tubuhmu dapat menjadikan badan mu lebih baik. 

Triknya yaitu dengan melakukan latihan atau olahraga ringan, seperti bersepeda atau berenang selama satu jam saja. Apabila satu jam terlalu lama untuk mu, maka bisa kamu kurangi menjadi 30 menit, yang penting kamu tetap bergerak agar otot mu menjadi lemas. 

6. Mengkonsumsi makanan bergizi 

Dengan kamu mengkonsumsi makanan yang bergizi pun dapat membantu masa pemulihan dengan cepat ketika kamu merasa pegal sesudah olahraga. Ada beberapa rekomendasi makanan seperti makanan tinggi lemak dan protein, misalnya ikan dan telur. 

Tidak hanya itu, perhatikan juga asupan buah dan sayuran yang tinggi akan gizi dan nutrisi. Kamu bisa melakukan diet lemak omega-3 yang sudah terbukti bisa mengurangi rasa nyeri otot sesudah latihan. 

Hal tersebut terjadi sebab adanya peningkatan pada sistem imun tubuh yang sangat seimbang sehingga bisa mengobati otot yang rusak tanpa terjadi peradangan yang berlebihan. 

Mengkonsumsi kafein sebelum kamu olahraga pun terbukti bisa meningkatkan jumlah pembakaran lemak selama olahraga, yang artinya glikogen otot mu bisa selalu tersimpan. Hal ini bisa membantu menghindari nyeri pada otot tertunda sesudah berolahraga. 

7. Minum obat pereda nyeri 

Jika seluruh cara di atas dalam menghilangkan nyeri otot sesudah olahraga tak kunjung memberikan hasil yang memuaskan, maka kamu dapat minum obat pereda nyeri, salah satunya adalah ibuprofen. Hal ini bisa meredakan nyeri dan juga peradangan atau pembengkakan pada jaringan otot. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Nah, itulah beberapa cara mengurangi nyeri otot setelah berolahraga yang bisa kamu coba mulai sekarang. Tetap ingat untuk tidak melakukan olahraga atau kegiatan yang berat saat kamu sedang nyeri otot karena hanya akan memperparah keadaan mu. 

Dapatkan makanan bergizi dan kebutuhan lainnya di Astro! Astro memiliki berbagai produk makanan bergizi yang bisa kamu dapatkan dengan memesannya lewat aplikasi Astro. Download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu