Jenis Makanan Untuk Pemulihan Setelah Sakit

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika sedang sakit orang memang mengupayakan diri agar segera sembuh dengan minum obat, dan juga mengkonsumsi makanan yang dianjurkan atau menghindari makanan yang memang tidak dianjurkan hingga sembuh. Meskipun sudah dinyatakan sembuh oleh dokter, banyak juga yang harus tetap mengkonsumsi makanan untuk pemulihan setelah sakit itu, agar bisa sembuh dengan total.

Bagaimanapun juga memang tubuh yang setelah mengalami sakit masih harus mendapatkan perawatan dalam masa pemulihan agar bisa maksimal sembuhnya. Makan makanan yang teratur sesuai anjuran ahli supaya penyakit yang baru sembuh itu tidak mudah kambuh lagi.

Adapun beberapa makanan yang bisa jadi pilihan pada masa pemulihan setelah kamu sakit. Terutama jika setelah sakit flu, sakit pada tenggorokan, demam dan juga ada masalah pada bagian pencernaan atau sejenis lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Untuk Orang Demam

Rekomendasi Makanan Untuk Pemulihan Setelah Sakit yang Baik

Berikut ini rekomedasi makanan untuk pemulihan setelah sakit yang bisa jadi pilihan terbaik, simak yuk!

1. Telur

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang direkomendasikan untuk kamu yang dalam masa pemulihan agar tubuh bisa jadi lebih sehat optimal kembali. Telur punya kandungan protein yang cukup tinggi dan juga mudah diserap tubuh.

Kandungan protein ini yang ada pada telur bisa bantu dalam pemulihan luka, dan juga bisa bantu tubuh yang setelah sakit jadi lebih membaik.

2. Buah Jeruk

Jeruk ini merupakan buah yang cocok untuk dikonsumsi pada masa pemulihan setelah sakit. Sebab, sebaagimana yang sudah diketahui secara umum bahwa buah jeruk mempunyai kandungan vitmain C yang tinggi.

Adapun juga kandungan flavonoid yang baik untuk bantu kurangi adanya peradangan yang tinggi di dalam tubuh. Sleain itu juga bisa bantu memperkuat antibodi, jadi akan semakin pulih.

3. Salmon

Selanjutnya adalah ikan salmon yang memang baik bagi kesehatan karena memiliki kandngan vitamin B, protein dan juga zat besi, serta ada juga kandungan zinc, lemak omega 3 dan selenium yang bagus agar bisa bantu menyembuhkan luka. Selain itu, kekebalan pada tubuh juga jadi lebih kebal, peradangan juga akan berkurang.

4. Kacang-kacangan dan juga biji-bijian

Selanjutnya adalah kacang-kacangan yang bisa juga almond, pecan, lalu ada biji dari bunga matahari danwalnut serta tidak ketinggalan biji rami yang juga bisa bahan bakar pada tubuh dalam masa pemulihan setelah sakit.

Sebab kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan vitamin E, mangan dan juga magnesium yang bisa jadi antioksidan. Adapun yang bisa juga dalam memberikan perlindungan pada sel-sel yang rusak.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Imun Kamu

5. Teh hangat

Ternyata masih banyak juga orang yang mengnggap bahwa teh hangat sebagai obat alami yang bisa meredakan adanya gejala pada tidak enak badan atau ketika seseorang pingsan. Tentu saja ada alasannya yang meyakinkan dari sisi kesehatan dan medis sendiri.

Teh mempunyai dekongestan yang bisa bantu dalam melegakan hidung yang sedang tersumbat. Selain itu juga memiliki kandungan antioksidan dari polifenol.

Teh sendiri juga punya sifat dalam bantu pengurangan rasa radang yang ada di dalam tubuh. Jika melihat manfaat lainnya adalah bantu cegah adanya infeksi di tubuh sebab ada antibakteri dan juga antijamur.

6. Sayur hijau

Ada juga yang tidak ketinggalan dari sayur dengan daun hijau yang memberikan banyak manfaat seperti kangkung, ada bayam, sawi, lobak, dan juga ada arugula dengan nutrisi yang juga bisa bantu mengurangi adanya peradangan. Adapun fungsi lain yang juga bisa bantu meningkatkan kekebalan pada tubuh sehingga tidak mudah sakit lagi.

Sayuran hijau ini mempunyai kandungan baik bagi tubuh yakni ada mangan vitamin C, magnesium, folat, dan ada juga provitamin A. Semua kandungan tersebut mampu tingkatkan imun dan kesehatan juga jadi akan meningkat.

7. Madu

Tidak ketinggalan selanjutnya adalah madu yang memiliki sifat seperti antibakteri yang tidak lemah. Ini bisa bantu jika kamu terkena batuk jadi lebih mereda. Bahkan madu juga bisa bantu meringankan rasa peradangan yang sering muncul pada tenggorokan.

Baca Juga: Jenis Makanan yang Mengandung Probiotik

Demikian beberapa makanan untuk pemulihan setelah sakit yang harus kamu ketahui dan bisa jadi pilihan saat kamu sedang demam. Bisa konsumsi telur, buah jeruk, pisang, madu, salmon, buah beri, biji-bijian dan kacang-kacangan, atau sup yang hangat dan masih banyak yang lainnya.

Dapatkan berbagai macam bahan makanan segar & berkualitas untuk bantu pemulihan setelah sakit hanya di Astro! Belanja kebutuhan harian secara praktis dan cepat sampai! Download aplikasi Astro sekarang juga!

Arie Wahyu
Arie Wahyu