Jenis Makanan yang Mengandung Probiotik

Mendengar kata bakteri, biasanya banyak orang yang membayangkan tentang semua hal buruk dan berkaitan dengan penyakit. Walaupun begitu, kamu mengkonsumsi antibiotik guna menyembuhkan infeksi bakteri. Bakteri pada tempat yang tidak benar memang mengakibatkan masalah, namun ada pula bakteri di tempat seharusnya yang bisa menunjang kesehatan mu. 

Bakteri baik tersebut dinamakan probiotik. Ternyata, ada makanan yang mengandung probiotik. Sebelum mengetahui jenis makanan apa saja yang memiliki kandungan prebiotik, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh dahulu pengertian dari probiotik pada ulasan di bawah ini. 

Baca Juga: Rekomendasi 10 Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Imun Kamu

Pengertian Probiotik 

Probiotik merupakan mikroorganisme yang dapat membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem pencernaan merupakan kegunaan probiotik terpopuler sekarang ini. Memang probiotik terdapat secara alami pada tubuh mu. Namun, kamu juga dapat memperoleh probiotik dari minuman, makanan dan suplemen. 

Probiotik telah mulai terkenal pada awal abad ke-20, yang mana Elie Metchnikoff atau biasa dikenal dengan bapak probiotik, mendapati jika penghuni yang tinggal di pedesaan Bulgaria bisa hidup lebih lama walaupun mereka hidup dengan cuaca dan tingkat kelaparan yang ekstrim. 

Elie berteori jika mereka bisa tetap bertahan hidup sebab memanipulasi mikroorganisme yang ada di saluran pencernaannya. Caranya yaitu dengan memakan susu asam yang memiliki kandungan bakteri baik untuk tubuh mereka. Sejak waktu itu, tidak sedikit peneliti yang melakukan riset guna mengembangkan temuan dari Elie pada bidang probiotik. 

Untuk cara kerja dari probiotik ini para peneliti melakukan riset guna mengetahui bagaimana sebetulnya bakteri ini akan bekerja. Di bawah ini sejumlah cara yang menjadikan probiotik berguna untuk kesehatanmu: 

  • Saat kamu mengkonsumsi antibiotik, maka tidak hanya bakteri jahat saja yang mati, namun semua bakteri baik pun akan ikut mati. Dengan mengkonsumsi suplemen atau makanan dengan kandungan probiotik, tubuhmu bisa mengembalikan lagi bakteri-bakteri yang mati. 
  • Probiotik bisa membantu tubuhmu untuk menyeimbangkan antara bakteri baik dan jahat, sehingga tubuhmu bisa bekerja seperti biasanya. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Kaya Probiotik kamu di ASTRO!

Makanan dengan Kandungan Probiotik 

Sesudah kamu mengetahui pengertian probiotik dari ulasan di atas, berikutnya kamu akan mengetahui makanan apa saja yang mengandung probiotik. Makanan dengan probiotik, diantaranya yaitu: 

1. Yogurt

Salah satu makanan yang kaya akan probiotik dan banyak dikenal oleh orang serta mudah diperoleh yaitu yogurt, khususnya yogurt yang dibuat sendiri. Yogurt merupakan susu dengan tambahan probiotik seperti acidophilus dan lactobacillus. Apabila membeli nya pada supermarket, kamu harus memastikan beberapa bahan tambahan yang ada di dalam product yogurt tersebut. 

2. Kefir 

Kefir merupakan susu kambing yang sudah difermentasi dengan campuran kefir grain. Tidak hanya memiliki kandungan bifidus dan lactobacillus, kefir pun memiliki antioksidan yang sangat tinggi. 

3. Sauerkraut 

Sauerkraut merupakan hasil fermentasi dari kol maupun sayur yang lainnya. Sauerkraut memiliki kandungan probiotik yang tinggi dan dapat membantu menurunkan alergi. Sauerkraut pun kaya akan vitamin A, B, C dan E yang bagus untuk tubuh. 

4. Tempe 

Biasanya makanan yang jadi menu harian orang Indonesia pun kaya akan probiotik. Tempe berasal dari hasil fermentasi kacang kedelai, di dalam tempe terkandung vitamin B12. Termasuk menjadi makanan vegetarian, tempe pun dapat disajikan dengan cara dipanggang, digoreng maupun dimakan bersama salad. 

5. Kimchi 

Kimchi merupakan Sauerkraut dalam versi Asia. Seperti yang kita tahu jika kimchi merupakan hasil fermentasi sayuran atau sawi dengan cita rasa asam, asin dan pedas. Umumnya kimchi disajikan berbarengan dengan berbagai jenis makanan khas Korea yang lainnya. 

Tidak hanya memiliki kandungan bakteri yang bermanfaat, ternyata Kimchi pun memiliki kandungan beta-karoten, zat besi, kalsium dan vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, dan vitamin C. 

Hanya Sebagian Orang Boleh Mengkonsumsi Probiotik 

Jika dilihat secara keseluruhan, minuman dan makanan dengan kandungan probiotik merupakan produk yang aman untuk dimakan oleh semua orang. Namun, sebagian orang yang memiliki gangguan imunitas atau mempunyai masalah kesehatan yang serius tidak bisa mengkonsumsi berbagai produk probiotik. 

Ada baiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu apakah kamu bisa mengkonsumsi produk dengan kandungan probiotik. Pada sejumlah kasus tertentu, ada efek samping ketika mengkonsumsi produk probiotik seperti perut kembung, diare, sakit perut dan perut bergas selama beberapa hari kamu mulai memakan produk probiotik. 

Terkadang, dapat pula makanan dengan probiotik ini menyebabkan alergi. Jika kamu mengalami semua hal yang sudah disebutkan ini, maka langsung hentikan konsumsi berbagai makanan dengan kandungan probiotik dan segera ke dokter untuk dilakukan pengecekan dan perawatan yang tepat. 

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Untuk Orang Demam

Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Probiotik 

Probiotik akan membantu makanan yang sudah kamu konsumsi dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan. Hingga sekarang, peneliti masih terus melakukan observasi tentang penyakit apa saja yang bisa diobati dengan probiotik. Sejumlah penyakit yang bisa disembuhkan dengan probiotik, seperti: 

  • Diare karena antibiotik 
  • Infeksi diare dapat diakibatkan dari parasit, bakteri dan virus. 
  • Irritable bowel syndrome 

Tidak hanya memiliki pengaruh dalam saluran pencernaan mu, probiotik pun bisa berpengaruh pada beberapa bagian tubuhmu lainnya, seperti: 

  • Kesehatan mulut dan gigi 
  • Mencegah demam dan alergi 
  • Kesehatan vagina dan urin 
  • Penyakit kulit, seperti eksim 

Baca Juga: Ini Jenis Buah yang Mengandung Banyak Lemak dan Menyehatkan

Demikianlah, daftar sejumlah makanan yang mengandung probiotik dan bisa kamu konsumsi untuk menyehatkan tubuh. Tetap, lakukan konsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum mengkonsumsi makanan dengan probiotik agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kamu bisa memperoleh berbagai jenis makanan sehat dengan kandungan probiotik di Astro sekarang juga! Caranya sangat mudah sebab kamu hanya perlu memesannya lewat aplikasi Astro saja. Kamu bisa download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store. Yuk belanja sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu