Ini Jenis Buah yang Mengandung Banyak Lemak dan Menyehatkan

Ini Jenis Buah yang Mengandung Banyak Lemak dan Menyehatkan

Buah yang mengandung banyak lemak kerap kali menjadi musuh sebab dianggap membawa dampak buruk untuk tubuh. Buah berlemak juga sering dihubungkan dengan meningkatkan risiko penyakit dan naiknya berat badan. Tetapi, tahukah kamu ternyata ada jenis buah yang mengandung lemak namun menyehatkan. 

Pada dasarnya, tubuhmu memerlukan asupan lemak menjadi sumber energi. Lemak juga mempunyai peran untuk membantu proses menyerapnya nutrisi ke dalam tubuh. Walaupun demikian, tidak berarti kamu bisa sembarangan mengkonsumsi buah atau makanan berlemak lainnya. Karena, ada dua tipe lemak yakni lemak jahat dan lemak sehat. 

Untuk itu, ketahui beberapa jenis buah yang mengandung lemak tetap menyehatkan seperti berikut ini. 

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Zinc

Daftar Buah Berlemak yang Menyehatkan

1. Alpukat 

Alpukat tidak sama seperti kebanyakan buah yang lainnya. Umumnya, sebagian buah kaya akan karbohidrat, tetapi alpukat kaya akan lemak. Buah yang satu ini mengandung sebanyak 77% lemak. Tentunya angka ini sangat besar untuk kandungan lemak di dalam buah. 

Walaupun alpukat tinggi kalori dan lemak, sebuah studi mengungkapkan jika orang yang memakan alpukat cenderung mempunyai berat badan yang rendah dan hanya memiliki sedikit lemak di perut daripada orang yang tidak mengkonsumsi lemak. 

Tidak hanya itu, alpukat juga menjadi potasium terbaik. Bahkan, alpukat memiliki kandungan potasium 40% lebih banyak daripada pisang. Buah yang mempunyai tekstur lembut ini pun mengandung serat yang cukup tinggi. 

Penelitian sudah menunjukkan jika alpukat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. 

2. Kelapa 

Kelapa dan minyaknya merupakan sumber lemak jenuh yang sangat tinggi. Faktanya, sebanyak 90% asam lemak ada di dalam buah yang satu ini. Walaupun begitu, orang yang memakan kelapa dengan jumlah yang banyak tidak memiliki penyakit jantung yang parah dan dalam keadaan kesehatan yang bagus. 

Sebenarnya lemak kelapa tidak sama seperti lemak yang lainnya. Sebagian besar dari lemak kelapa ini terdiri atas asam lemak rantai menengah. Asam lemak yang satu ini dimetabolisme dengan berbeda, langsung mengalir ke hati, dimana asam lemak akan diubah jadi badan keton. 

Studi menunjukkan jika asam lemak rantai menengah bisa membantu menurunkan asupan kalori dan membuat metabolisme meningkat. Tidak hanya itu, banyak penelitian yang sudah menunjukkan jika jenis asam lemak yang satu ini bermanfaat untuk pengidap penyakit Alzheimer.  

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti buah-buahan segar di Aplikasi ASTRO!

Ini Jenis Buah yang Mengandung Banyak Lemak dan Menyehatkan

3. Zaitun 

Di dalam 100 gram buah zaitun mempunyai 6,67 gram lemak. Ini khususnya yaitu lemak tak jenuh tunggal. Penelitian melaporkan jika senyawa pada buah zaitun yang dikenal dengan oleuropein bisa membantu menurunkan resiko diabetes. 

Para peneliti pun menemukan, oleuropian bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan insulin dalam jumlah yang banyak dan memurnikan molekul yang dikenal dengan amylin yang berfungsi pada perkembangan diabetes. 

Baca Juga: Jenis Makanan yang Mengandung Probiotik

Jenis Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat 

Tidak hanya buah saja yang mempunyai kandungan lemak sehat, tetapi ada beberapa makanan yang mengandung lemak sehat dan bagus untuk tubuh. Jenis makanan tersebut, diantaranya yaitu: 

1. Ikan 

Ikan menjadi makanan yang mempunyai kandungan lemak cukup tinggi tetapi bagus untuk kesehatan sebab lemak yang terkandung adalah asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh. Kedua lemak tersebut bagus dimakan untuk menjaga kesehatan otak dan jantung serta memperbaiki sel tubuh yang sudah rusak. 

Berbagai penelitian kesehatan sudah membuktikan jika orang yang rajin melakukan pola makan sehat, termasuk banyak mengkonsumsi asam lemak omega-3 ini mempunyai resiko yang sangat rendah untuk terserang penyakit Alzheimer dan jantung. 

Jenis ikan lain yang mengandung lemak sehat yaitu ikan tuna, salmon, kakap, tongkol dan sarden. 

2. Telur 

Beberapa orang tidak ingin memakan telur sebab kuning telur tinggi kolesterol dan lemak jenuh. Namun, sebagian studi sudah membuktikan jika konsumsi telur tidak menyebabkan bahaya untuk kesehatan, asalkan jumlah telur yang dimakan tidak berlebihan. 

Memang telur mengandung lemak jenuh, tetapi juga mengandung lemak omega-3 yang sehat, mineral dan protein yang tinggi. Kandungan nutrisi di dalam telur menjadikan makanan yang satu ini sehat untuk dikonsumsi. Dengan rutin mengkonsumsi telur bahkan diyakini bagus untuk kesehatan mata, otak dan jantung. 

3. Kacang 

Kacang tinggi akan lemak, protein, serat, magnesium, vitamin B dan vitamin E. Jenis lemak yang ada di dalam kacang merupakan lemak sehat. Misalnya, kacang kenari mempunyai kandungan lemak omega-3 atau asam linoleat yang bagus bagi kesehatan jantung. 

Penelitian mengungkapkan jika orang yang mengkonsumsi kacang biasanya mempunyai risiko lebih rendah mengidap obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. 

Tidak hanya kenari, kacang disarankan menjadi makanan berlemak yang menyehatkan yaitu kacang mete, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang hazelnut. Supaya lebih sehat, kamu bisa mengkonsumsi kacang yang sudah diolah tanpa menambahkan minyak, gula dan garam. 

4. Coklat hitam 

Coklat hitam adalah jenis makanan dengan lemak tinggi. Tidak hanya lemak, coklat hitam pun mengandung serat dan mineral seperti tembaga, mangan, magnesium dan zat besi. Coklat hitam pun tinggi akan antioksidan. 

Berbagai studi sudah membuktikan jika mengkonsumsi coklat hitam murni atau tanpa tambahan gula secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Coklat hitam pun bisa memelihara fungsi dan kesehatan otak serta menjaga kesehatan kulit. 

Baca Juga: Jenis Makanan yang Mengandung Mineral 

Mengkonsumsi buah yang menganduk banyak lemak sehat sangat diperbolehkan, tetap jangan berlebihan. Sesudah mengetahui jenis buah dan makanan yang berlemak sehat dari ulasan di atas, kamu tidak perlu lagi menghindari makanan tersebut karena takut akan lemaknya.

Buat kamu yang mau coba konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, ikan, telur, kacang dan lainnya pesan saja lewat aplikasi Astro! Astro merupakan aplikasi online untuk belanja kebutuhan harian yang cepat sampai & melayani selama 24 jam penuh. Download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store dan nikmati pengalaman belanja cepat & praktis!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu