Jenis Makanan yang Mengandung Mineral 

Mineral merupakan elemen sangat penting guna menjaga fungsi jantung dan otak. Selain itu, nutrisi memiliki peran untuk memproduksi enzim dan hormon. Kamu dapat memperoleh lewat makanan yang mengandung mineral, seperti telur, makanan laut, dan kacang-kacangan.

Sejumlah jenis makanan di atas bisa membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan mineral harian yang diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya itu, risiko terserang berbagai penyakit pun dapat dihindari dengan rajin mengkonsumsi makanan tinggi mineral. 

Baca Juga: 5 Jenis Oat Untuk Diet Yang Mudah, Murah, dan Sehat!

Daftar Makanan dengan Kandungan Mineral

Mulai dari telur sampai alpukat, di bawah ini adalah daftar makanan dengan kandungan mineral yang bagus kamu konsumsi secara rutin. 

1. Alpukat 

Salah satu jenis makanan dengan kandungan mineral di dalamnya adalah alpukat. Sejumlah mineral pada buah ini seperti tembaga, mangan, kalium dan magnesium. Kamu harus tahu jika magnesium memiliki peran penting untuk mendorong fungsi saraf dan otot serta produksi energi. 

Tidak hanya kaya akan mineral, tetapi alpukat pun memiliki tekstur yang creamy dan tinggi akan vitamin, serat dan lemak sehat. Kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Buah beri 

Buah-buahan tinggi antioksidan, seperti raspberry, strawberry, blackberry dan blueberry pun menjadi sumber mineral yang bagus. Sejumlah contoh mineral yang ada di dalam buah-buahan beri seperti mangan, magnesium dan kalium. 

Kebutuhan mangan seperti yang ada di dalam berbagai jenis buah beri ini memberikan manfaat pada metabolisme energi, mengatur fungsi sistem para sarar dan juga sistem kekebalan tubuh. 

Tidak hanya itu, kandungan mineral yang ada di buah-buahan beri ini juga memiliki peran penting guna pertumbuhan tulang. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Kaya Mineral kamu di ASTRO!

3. Biji-bijian dan kacang-kacangan 

Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah makanan dengan kandungan mineral yang tinggi. Salah satunya yaitu kacang Brazil yang kaya akan selenium, ada juga kandungan berbagai mineral yang lainnya seperti fosfor, selenium, tembaga, mangan, zinc dan magnesium. 

Biji-bijian dan kacang-kacangan dapat kamu jadikan sebagai cemilan sehat sebab tidak ada tambahan pemanis dan pengawet yang berbahaya untuk kesehatan tubuhmu. Lalu, kamu juga dapat menambahkannya saat membuat smoothies atau salad. 

4. Kerang-kerangan 

Shellfish atau biasa dikenal dengan binatang laut yang memiliki cangkang merupakan sumber mineral terkonsentrasi, misalnya zat besi, selenium, tembaga dan zinc. 

Contohnya seperti tiram dan kerang. Mengkonsumsi 6 tiram yang berukuran sedang sudah dapat mencukupi asupan selenium dan asupan zat besi harian sebanyak 22%. Selain itu, ibu menyusui, ibu hamil dan seseorang yang mengkonsumsi obat khusus lebih mudah terkena defisiensi zinc. 

Keadaan ini bisa menurunkan sistem imun dan juga melonjakkan risiko infeksi. Demi mencegahnya kamu dapat mengkonsumsi berbagai jenis kerang-kerangan untuk sumber zinc yang bagus. 

Baca Juga: Rekomendasi Snack Kacang yang Enak Jadi Camilan Sehari-hari

5. Ikan sarden 

Sarden merupakan makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral sangat tinggi. Dengan memakan seporsi sarden atau sebanyak 160 gram, kamu dapat mencukupi 88% kebutuhan selenium dan kalsium harian sebesar 27%. 

Tidak hanya itu, sarden merupakan sumber omega-3 yang berguna untuk menekan terjadinya peradangan pada tubuh. Saat ingin mengkonsumsinya, jangan lupa untuk membersihkannya dengan benar, ya! 

6. Kubis-kubisan 

Kamu juga dapat memperoleh berbagai jenis mineral dari cruciferous vegetables atau biasa kita kenal dengan kubis-kubisan. Misalnya seperti kol, kale, tauge, brokoli dan kembang kol yang memiliki kandungan mineral sulfur yang sangat penting untuk tubuh, 

Sulfur memiliki peran penting dalam tubuhmu, tepatnya pada produksi DNA, antioksidan, membangun fungsi sel dan detoksifikasi. Selain itu, kubis-kubisan pun menjadi sumber mineral penting yang lainnya seperti kalsium, mangan, kalium dan magnesium. 

7. Telur 

Telur juga dikatakan menjadi sumber mineral dan multivitamin yang alami. Sejumlah jenis mineral yang terkandung pada telur yaitu selenium, zinc, fosfor dan zat besi. Lalu, ada juga kandungan protein, antioksidan dan lemak sehat di dalamnya. 

Meskipun beberapa orang tidak mengkonsumsi kuning telur sebab kolesterol, ternyata hampir semua mineral, vitamin dan kandungan bermanfaat yang lainnya terdapat di sana. 

8. Jeroan 

Apakah kamu tahu jika jeroan menjadi makanan yang memiliki kandungan mineral dan vitamin? 

Misalnya, ada 85 gram atau sepotong hati sapi bisa mencukupi asupan tembaga harian dan memberikan 55% selenium, 31% zat besi, 41% zinc, dan 33% fosfor menurut angka kecukupan gizi atau AKG. 

Tidak hanya itu, jeroan pun kaya akan protein dan vitamin, yaitu vitamin A, B9 dan B12. Namun, kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena bisa menyebabkan kolesterol tinggi. 

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengetahui Ciri-Ciri Telur yang Baik dan Berkualitas!

9. Biji kakao

Kamu senang mengkonsumsi coklat hitam? Kamu bisa mengkonsumsi olahan biji kakao yang menjadi sumber mineral terbaik, seperti tembaga dan magnesium. Magnesium mempunyai peran menjadi sumber energi, mengoptimalkan fungsi saraf dan mengelola tekanan gula darah dan darah. 

Sedangkan, tembaga dibutuhkan guna menyerap zat besi, memastikan pertumbuhan maksimal dan membentuk sel darah merah. Jika kamu ingin mengkonsumsi olahan biji kakao ini, pastikan tidak ada tambahan gula di dalamnya agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan lebih maksimal. 

10. Keju dan yogurt 

Produk olahan susu, seperti keju dan yogurt pun menjadi sumber mineral. Di dalamnya terkandung kalsium yang bermanfaat guna menjaga sistem saraf, kesehatan tulang dan jantung. Ada juga bermacam kandungan mineral yang lainnya pada keju dan yogurt seperti selenium, zinc, fosfor dan kalium. 

Itu dia daftar makanan yang mengandung mineral dan menyehatkan untuk tubuh. Namun, kamu tetap harus bijak mengkonsumsi makanan di atas agar tidak menyebabkan penyakit dan tetap bisa memenuhi kebutuhan mineral harian dengan cukup. 

Dapatkan berbagai jenis makanan yang mengandung mineral di Astro! Astro menyediakan berbagai pilihan produk sehat yang bisa kamu pesan langsung melalui aplikasi Astro sekarang juga! Download aplikasinya di App Store & Google Play Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu