5 Jenis Oat Untuk Diet Yang Mudah, Murah, dan Sehat!

jenis-jenis oats untuk diet

Oat adalah salah satu jenis sereal yang banyak dikonsumsi untuk memperbaiki kesehatan tubuh. Sereal ini terkenal kaya akan nutrisi dan serat yang penting bagi tubuh. Oat juga sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi. Namun, di pasaran terdapat berbagai jenis oat dengan variasi kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis oat untuk diet dan kandungan nutrisi terdapat dalam oats yang dilansir dari situs totaste.com.

Jenis – Jenis Oats Yang Bisa Kamu Konsumsi Untuk Diet

1. Instant Oatmeal

Instant oatmeal atau oatmeal instan adalah salah satu jenis oat yang paling mudah ditemukan di pasaran. Oatmeal instan biasanya sudah diolah dan dicampur dengan gula dan bahan-bahan lain untuk memberikan rasa yang lebih enak. Meskipun mudah disajikan dan rasanya enak, oatmeal instan seringkali mengandung gula dan kalori yang tinggi. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih oatmeal instan yang tidak mengandung gula tambahan dan memperhatikan jumlah porsinya ketika dikonsumsi.

2. Steel-Cut Oats

Steel-cut oats atau oat berbentuk potongan kecil adalah jenis oat yang lebih sulit dicerna oleh tubuh karena butiran oat yang masih utuh. Namun, kandungan seratnya yang tinggi membuat steel-cut oats sangat baik untuk mengontrol kadar gula darah dan menjaga rasa kenyang lebih lama. Selain itu, steel-cut oats juga kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin B, dan zat besi.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Oats kamu di ASTRO!

jenis-jenis oats untuk diet

3. Rolled Oats

Rolled oats atau oat yang digilas adalah jenis oat yang paling umum dikonsumsi. Oat ini dihasilkan dari butiran oat yang digilas hingga tipis. Rolled oats biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak dibandingkan oatmeal instan. Namun, kandungan serat dan nutrisinya lebih tinggi dan lebih baik untuk diet. Rolled oats juga mengandung beta-glukan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

4. Oat Bran

Oat bran adalah hasil sampingan dari proses pembuatan oat. Ini adalah lapisan luar dari butir oat, sehingga secara teknis, bukanlah biji utuh, tetapi tetaplah bergizi karena kandungan seratnya yang tinggi. Oat bran bisa ditambahkan ke dalam sereal, dijadikan bubur oat panas sebagai hidangan utama, atau dalam kue sebagai cara untuk meningkatkan serat. Meskipun oat bran memberikan tambahan nutrisi yang baik, tetap waspada dalam menambahkannya; terlalu banyak oat bran dapat mempengaruhi tekstur produk akhir yang dihasilkan.

5. Scottish Oats

Scottish oats umumnya lebih jarang ditemukan dibandingkan dengan steel cut oats, tetapi rasanya tidak kalah lezat! Scottish oats dibuat dengan cara menggiling butir oat secara keseluruhan menggunakan batu, sehingga mereka adalah oat terbaik untuk membuat bubur oat. Scottish oats bisa dimasak dalam waktu sekitar 10 menit di atas kompor, tetapi juga bisa dibuat dengan microwave.

Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Oats

Oats mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Menurut informasi yang didapat dari situs WebMD, berikut adalah beberapa nutrisi yang terdapat dalam oats:

Serat

Oats mengandung serat yang tinggi dan sangat baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

Protein

Oats juga mengandung protein yang penting untuk membantu membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan mempertahankan kesehatan tulang. Protein dalam oats juga membantu mengurangi rasa lapar dan menjaga rasa kenyang lebih lama.

Karbohidrat

Oats mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi bagi tubuh secara bertahap dan stabil. Karbohidrat kompleks juga membantu menjaga kadar gula darah dan mencegah terjadinya peningkatan gula darah yang tiba-tiba.

Lemak

Oats mengandung lemak yang sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan poliunsaturasi. Lemak sehat ini membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Vitamin dan Mineral

Oats mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dalam kesimpulannya, oat merupakan sereal yang sangat baik untuk dikonsumsi dalam diet karena kandungan nutrisinya yang kaya akan serat, protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Jenis oat yang tersedia di pasaran memiliki variasi kandungan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga kamu dapat memilih jenis oat yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Konsumsilah oat secara teratur untuk memperbaiki kesehatan tubuh dan menjaga berat badan yang sehat.

Nah, itulah informasi tentang jenis oat untuk diet dan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih jenis oat yang tepat untuk diet dan menjaga kesehatanmu.

Namun, kamu juga harus perhatikan kualitas oats yang kamu beli Untuk itu, kami merekomendasikan aplikasi Astro sebagai solusi terbaik untukmu.

Dengan Astro, kamu dapat berbelanja berbagai kebutuhan harian mu seperti oats yang berkualitas dengan mudah, cepat, dan nyaman lewat smartphone. Tidak perlu lagi repot-repot pergi ke toko atau menghabiskan waktu berjam-jam di supermarket. Kamu hanya perlu melakukan beberapa klik, dan kebutuhanmu akan langsung diantarkan ke depan pintumu.

Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Astro di smartphone kamu dan rasakan kemudahan dalam berbelanja!.

Reference

Paudel, D., Dhungana, B., Caffe, M., & Krishnan, P. (2021). A Review of Health-Beneficial Properties of Oats. Foods (Basel, Switzerland), 10(11), 2591. https://doi.org/10.3390/foods10112591 

Rasane, P., Jha, A., Sabikhi, L., Kumar, A., & Unnikrishnan, V. S. (2015). Nutritional advantages of oats and opportunities for its processing as value added foods – a review. Journal of food science and technology, 52(2), 662–675. https://doi.org/10.1007/s13197-013-1072-1 

https://totaste.com/different-types-of-oats/

https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal

https://www.webmd.com/diet/health-benefits-oatmeal

Hakim Habibie
Hakim Habibie