Manfaat Teh Kombucha yang Baik Untuk Tubuh

Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar atau mencoba teh kombucha? Teh mempunyai berbagai jenis, mulai dari teh berbahan dasar bunga, daun sampai jamur seperti teh kombucha yang satu ini. 

Pada kesempatan ini kita akan mengulas tentang manfaat teh kombucha yang bagus untuk tubuh dan beberapa hal lainnya mengenai teh kombucha. Tentunya kamu semakin penasaran, bukan? Untuk itu, langsung saja kita bahas tentang pengertian dan manfaat teh kombucha untuk tubuh seperti berikut ini. 

Baca Juga: Ini Manfaat Teh Melati Untuk Kesehatan Tubuh

Pengertian Teh Kombucha 

Teh kombucha merupakan teh hasil dari fermentasi larutan teh dengan gula dan ditambahkan mikroba pemula yakni bakteri Acetobacter xylinum dan sejumlah ragi yakni Candida sp, Zygosaccharomyces bailii, dan Saccharomyces cerevisiae

Akibat dari tahap fermentasi yang terjadi, teh ini akhirnya mempunyai kandungan zat seperti alkohol, vitamin B, vitamin C, asam amino esensial, folat, dan asam asetat. Banyak yang mengatakan teh ini menjadi teh jamur sebab teh ini dibiarkan menjamur terlebih dahulu selama tahapan pembuatannya. 

Waktu yang dibutuhkan untuk memfermentasi teh ini yakni sekitar 8-12 hari dalam suhu dingin antara 18-2 derajat celcius. Dalam lingkungan yang mempunyai suhu lebih dingin, biasanya fermentasi akan berjalan lebih cepat. 

Lamanya waktu fermentasi ini bisa mempengaruhi kualitas rasa, kandungan dan fisik teh. Pada 400 ml teh kombucha sendiri mempunyai total energi sebanyak 60 kalori. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Kombucha kamu di ASTRO!

Manfaat Mengkonsumsi Teh Kombucha 

Banyak pendapat yang mengungkapkan jika teh kombucha mempunyai banyak manfaat seperti bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mengurangi resiko penyakit aterosklerosis, dan menjaga sistem pencernaan. 

Sebagian besar dari manfaat teh kombucha ini diperoleh dari hasil riset yang dilakukan kepada binatang. Hasil dari riset tersebut, terlihat jika teh kombucha mempunyai berbagai dampak untuk kesehatan seperti menjadi antioksidan. 

Tidak hanya itu, teh kombucha pun mempunyai kandungan yang bermanfaat menjadi antibakteri yang bisa memperbaiki mikroflora dalam usus, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Selain riset yang dilakukan kepada binatang, sejumlah kelompok yang rutin minum teh kombucha ini mengaku jika teh kombucha mempunyai dampak yang bagus untuk kesehatan. 

Dampak kesehatan yang dirasakan oleh mereka seperti meningkatkan fungsi organ hati, pencernaan, mencegah kanker, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, teh kombucha pun mempunyai kandungan bakteri probiotik, yang menjadi bakteri baik untuk membangun kekebalan tubuh. 

Walaupun begitu, sebetulnya untuk menjaga fungsi bakteri probiotik tersebut, teh yang satu ini seharusnya melalui proses pemanasan atau proses pasteurisasi guna menghilangkan bakteri jahat yang ada di dalam teh. 

Efek Samping Minum Teh Kombucha 

Meskipun sejumlah kelompok mengungkapkan teh kombucha bagus untuk kesehatan, tetapi meminumnya ternyata bisa menyebabkan dampak kurang bagus untuk tubuh seperti reaksi alergi, infeksi dan sakit perut. 

Pada individu yang sehat, minum teh ini menyebabkan sakit kepala, muntah, mual, permukaan kulit menguning, alergi, infeksi karena bakteri yang ada di teh, dan sakit perut. Sedangkan, pada individu yang sensitif dan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah seperti HIV, minum teh ini bisa semakin menurunkan kekebalan tubuhnya karena terinfeksi bakteri. 

Terdapat laporan jika di Iran ada 20 orang yang terserang penyakit antraks karena mengkonsumsi teh yang satu ini. Bahkan, pada 1995 Center for Disease Control mengungkapkan jika teh kombucha menjadi penyebab dari asidosis metabolik yang timbul pada sejumlah wanita. 

Asidosis metabolik adalah kondisi dimana darah sangat banyak mengandung asam sebab mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan asam terlalu tinggi seperti di dalam jenis teh kombucha ini. 

Tidak hanya itu, penggunaan teh kombucha ini pun harus diperhatikan dan dipantau untuk para pengidap penyakit tertentu, seperti sindrom iritasi usus, alcoholism dan penderita diabetes. 

Pada pengidap penyakit diabetes, minum teh kombucha ini dapat berpengaruh pada gula darah sampai mengakibatkan menurunnya kadar gula dalam darah atau hipoglikemia. Teh ini pun tidak cocok bila dikonsumsi orang yang terserang diare dan pengidap sindrom iritasi usus besar sebab teh ini mempunyai kandungan kafein yang cukup banyak dan hal tersebut bisa memperparah gejala yang terjadi. 

Baca Juga: Daftar Manfaat Teh Hitam Untuk Diet yang Sehat

Cara Mengkonsumsi Teh Kombucha yang Aman

Meskipun sepertinya telah ada bukti manfaat dari teh kombucha ini untuk tubuh, namun kualitas dan kebersihan teh perlu dijaga supaya tidak menyebabkan dampak buruk seperti infeksi karena bakteri dan keracunan. 

Ada baiknya, teh kombucha ini melalui proses pemanasan atau pasteurisasi untuk membunuh bakteri jahat yang masih ada di dalam teh kombucha ini. Tidak hanya itu, memang masih diperlukan penelitian lebih dalam untuk membuktikan manfaat dari mengkonsumsi teh kombucha. 

Selain itu, minuman ini juga ada baiknya tidak diminum oleh anak-anak, bayi dan ibu hamil, karena dikhawatirkan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang tidak bagus untuk anak-anak, bayi dan ibu hamil. Untuk itu, lebih baik menghindari minuman yang satu ini. 

Memang teh kombucha dipercaya mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Tetapi, sejumlah manfaat tersebut masih tidak bisa dibuktikan secara medis. Oleh sebab itu, bila kamu berminat untuk mengkonsumsi teh kombucha untuk memperoleh manfaatnya, ada baiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan saran yang tepat dari ahlinya. 

Baca Juga: Selain Enak, Ini Dia Manfaat Teh Earl Grey Untuk Tubuh

Itulah ulasan mengenai manfaat teh kombucha dan cara mengkonsumsinya teh kombucha yang aman untuk tubuh. Saat ini mengkonsumsi teh ini, jangan meminumnya terlalu banyak karena tidak bagus untuk tubuh. 

Jangan lupa untuk terus belanja kebutuhan harian di aplikasi Astro yang punya pengantaran cepat dan siap melayani selama 24 jam penuh! Download aplikasi Astro di App Store & Google Play Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu