Ini Manfaat Teh Melati Untuk Kesehatan Tubuh

Ada bermacam-macam teh di dunia, seperti teh melati, teh hitam dan teh oolong. Terutama untuk teh melati, tidak hanya memiliki rasa yang nikmat saja, manfaat teh melati untuk kesehatan tubuh ternyata sangat banyak.  

Teh melati merupakan teh dengan aroma khas dari tumbuhan melati. Proses dalam pembuatan teh ini sebetulnya sama seperti teh biasa, namun ada tambahan bunga melati supaya tercipta rasa dan aroma yang unik. 

Pada pembuatannya, bunga melati akan digabungkan dengan daun teh hitam atau teh hijau supaya aroma nya meresap. Tak heran jika teh melati mempunyai aroma yang sangat wangi. Berikut ini ada beberapa khasiat dari teh melati untuk kesehatan. 

Baca Juga: Cara Membuat Teh Bunga Telang yang Segar dan Berkhasiat

Khasiat Teh Melati bagi Kesehatan 

Teh melati mempunyai kandungan antioksidan polifenol yang sangat tinggi. Antioksidan pada teh yang satu ini bisa melindungi sel tubuh dari semua kerusakan karena radikal bebas. 

Oleh karena itu, teh ini kerap kali dihubungkan dengan banyak khasiat baik untuk tubuh. Sejumlah manfaat teh melati, seperti: 

1. Bantu turunkan berat badan 

Salah satu studi pada tahun 2012 memaparkan jika sifat antioksidan pada teh melati bisa membantu membangun metabolisme sehingga menjadikan tubuh menyerap semua nutrisi dengan sangat cepat dan lebih banyak membakar kalori. 

Bertambahnya proses metabolisme tentunya bisa membantu turunkan berat badan, tetapi harus kamu imbangi dengan hal-hal supaya lebih maksimal, seperti memakan makanan kaya akan gizi dan rajin olahraga. 

2. Menjaga kekebalan tubuh 

Khasiat teh melati bisa membantu menjaga kekebalan tubuh karena ada sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya, sehingga bisa mencegah terserang berbagai penyakit. 

Selain hanya diminum, rajin menghidup teh melati pun diyakini bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Teh Melati dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Menghindari gangguan kardiovaskular 

Teh melati diyakini dapat mencegah gangguan kardiovaskular. Salah satu studi mengatakan jika senyawa katekin yang ada di teh melati adalah faktor pencegah oksidasi kolesterol jahat yang bisa mengakibatkan arteri meradang sehingga mendatangkan serangan jantung. 

4. Meredakan stres 

Sebuah penelitian menunjukkan jika aroma melati sangat berkhasiat untuk membangun suasana hati menjadi lebih bagus. Mencium wangi teh melati pun bisa mengurangi stres dan menjadikan kamu rileks. Tetapi, mungkin hal ini tidak berlaku untuk sebagian orang yang tidak senang dengan aroma melati. 

5. Membangun kesehatan pencernaan 

Berdasarkan sebuah riset, katekin yang ada di dalam teh hijau mempunyai efek positif dalam sistem pencernaan. Beberapa antioksidan yang ada di dalam teh melati bisa berinteraksi baik terhadap enzim pencernaan sehingga membangun kesehatan pencernaan dan kerja usus.

Baca Juga: Daftar Manfaat Teh Hitam Untuk Diet yang Sehat

6. Meredakan nyeri sendi 

Khasiat teh pun dapat mencegah nyeri sendi dan tulang. Teh melati diyakini bisa membantu meredakan ketidaknyamanan karena radang sendi dan nyeri sendi. Selain itu, sifat anti inflamasi yang ada di teh melati ini bisa meredakan radang dan pembengkakan sendi. 

7. Merawat kesehatan mulut 

Kandungan katekin pada teh melati bisa membantu merawat gigi dari berbagai kerusakan dengan mematikan bakteri pembunuh plak, misalnya Streptococcus mutans. Sejumlah penelitian pun memperlihatkan jika teh melati bisa melawan bau mulut dengan menekan bakteri yang bisa mengakibatkan bau. 

8. Menekan risiko diabetes tipe-2 

Khasiat teh melati berikutnya asalnya karena mengandung senyawa EGCG yang bisa membantu tubuhmu memakai insulin lebih optimal dan menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan analisis dari 12 studi memperlihatkan jika mengkonsumsi 3 cangkir teh melati dalam sehari dapat menurunkan resiko terserang diabetes tipe-2. 

9. Menekan risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer 

Polifenol yang terkandung dalam teh melati ini sangat tinggi dan terkenal bisa menekan risiko terkena penyakit Parkinson dan Alzheimer. Khususnya bila teh melati yang dibuat dari teh hijau, EGCG yang terkandung di dalamnya bisa menurunkan dan menetralisir kerusakan karena radikal bebas. 

Penelitian pun memperlihatkan, ECGC bisa menekan penggumpalan protein pada otak yang dapat mencegah penyakit Alzheimer dan rusaknya saraf. 

10. Mencegah kanker 

Khasiat teh melati yang lainnya yaitu bisa menghindari kanker sebab kandungan antioksidannya. Penelitian pada binatang mendapati jika kandungan polifenol, misalnya ECGC pada teh hijau, bisa mengurangi ukuran tumor, menekan penyebarannya dan memicu kematian pada sel kanker. 

Penelitian ini pun memperlihatkan, polifenol di dalam teh melati bisa menghentikan tumbuh dan berkembangnya sel kanker dalam kandung kemih. Tetapi, manfaat teh melati untuk manusia masih belum pasti. 

Baca Juga: Selain Enak, Ini Dia Manfaat Teh Earl Grey Untuk Tubuh

Risiko Mengkonsumsi Teh Melati 

Seperti yang kita tahu jika teh melati sangat mudah di buat, kamu cukup menyeduhnya saja menggunakan air hangat pada cangkir. Pada dasarnya, teh melati pun sangat menyehatkan dan tidak menyebabkan efek samping tertentu. 

Tetapi, polifenol yang dimilikinya ini dapat mengakibatkan masalah untuk beberapa orang. Sejumlah efek samping yang bisa dirasakan karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein adalah gelisah, cemas, gangguan pencernaan dan memperbesar risiko terkena penyakit jantung. 

Ibu hamil pun perlu membatasi mengkonsumsi kafein sebab bisa memperbesar risiko keguguran. Katekin yang terkandung di dalam teh melati juga bisa menurunkan penyerapan zat besi sehingga cukup beresiko untuk terkena anemia defensi besi. 

Namun, umumnya ini hanya berlaku pada ibu hamil, anak-anak dan sebagian orang yang sedang menjalani program diet. Untuk beberapa orang, mengkonsumsi teh melati saat perut kosong pun bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman dan sakit perut. 

Apabila ketika minum teh melati ini muncul gejala tidak biasa, misalnya pusing, ruam, gatal, muntah, mual dan batuk, ada baiknya langsung hentikan konsumsi teh melati dan pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 
Demikianlah, informasi mengenai manfaat teh melati yang ternyata mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa minum teh melati ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya, namun tetap dalam batas wajar, ya!

Untuk mendapatkan teh melati berkualitas, kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Astro! Pesan sekarang di aplikasi Astro yang punya pengantaran cepat hanya dalam hitungan menit saja! Yuk, Download dan pesan di aplikasi Astro sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu