Selain Enak, Ini Dia Manfaat Teh Earl Grey Untuk Tubuh

Apakah kamu pernah mendengar manfaat teh earl grey? Teh ini biasa dikenal dengan teh bergamot yaitu teh yang terbuat dari sari buah jeruk bergamot. Mungkin kamu tidak familiar dengan jeruk tersebut. Jeruk bergamot asalnya dari tumbuhan Citrus Bergamia atau buah jeruk harum tropis yang umumnya tumbuh pada Mediterania. 

Jeruk bergamot mempunyai warna dan ukuran yang hampir sama seperti jeruk nipis, tetapi mempunyai aroma dan rasa yang berbeda. Sari jeruk bergamot banyak digunakan menjadi bahan dasar pembuatan sabun, minyak esensial, parfum dan teh herbal yang selanjutnya dikenal menjadi teh earl grey. 

Teh earl grey merupakan teh hitam yang memiliki campuran bergamot. Rasa dari teh ini pedas, asam dengan aroma aromatik. Mungkin kamu menjadi penasaran dengan teh ini, bukan? Tetapi sebelum mencobanya, kamu perlu ketahui lebih dulu manfaat dari teh earl grey seperti berikut. 

Baca Juga: Daftar Manfaat Teh Hitam Untuk Diet yang Sehat

Manfaat Teh Earl Grey 

Perlu kamu ketahui jika teh earl grey telah banyak dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia selama ratusan tahun sebab diyakini mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan. Berikut merupakan manfaat dari teh earl grey, diantaranya: 

1. Membuat Pencernaan Sehat 

Manfaat pertama dari teh earl grey yaitu bisa membantu menyehatkan pencernaan. Teh ini mempunyai kandungan flavonoid yang berfungsi guna mengatasi inflamasi yang berhubungan dengan pencernaan kamu. Sejumlah penelitian sudah dilakukan kepada hewan guna menguji manfaat dari teh ini terkait dengan masalah pencernaan. 

Dari hasil penelitian tersebut dinyatakan bahwa teh earl grey bisa membantu menghambat sakit maag dan berbagai masalah pencernaan lainnya sebab ada kandungan theaflavin pada teh hitam ini, tetapi penelitian tersebut belum pernah melakukan uji coba kepada manusia. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Teh Earl Grey kamu di ASTRO!

2. Menyehatkan Jantung 

Manfaat teh earl grey berikutnya yaitu guna meningkatkan kesehatan jantung sebab teh ini dipercaya bisa mengurangi berbagai resiko penyakit jantung seperti menurunkan kadar tekanan darah dan kadar kolesterol sebab bergamot memiliki kandungan flavonoid. 

Ada studi dilakukan kepada 80 orang dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Mereka setiap hari mengkonsumsi sari bergamot dan hasilnya adalah kadar lemak di dalam darah, LDL dan kadar kolesterol mereka turun secara drastis dalam kurun waktu 6 bulan. 

3. Membantu Turunkan Berat Badan  

Teh earl grey juga bisa membantu turunkan berat badan, lho. Bila kamu sedang menjalani program diet, maka kamu bisa mengkonsumsi teh earl grey ini secara rutin. Teh earl grey mempunyai kandungan kafein dan ekstrak jeruk. 

Kandungan tersebut bisa memecah kalori makanan dan menggantikannya berbentuk otot maupun mengeluarkannya lewat sistem metabolisme. 

4. Mencegah Kanker 

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari teh earl grey ini yaitu bisa mencegah kanker karena teh ini kaya akan antioksidan. Antioksidan merupakan agen yang fungsinya melawan radikal bebas. Mengkonsumsi teh earl grey bisa meminimalisir resiko berkembangnya sel kanker di dalam tubuh. 

Baca Juga: Yuk, Kenali Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

5. Mencegah Flu 

Teh earl grey bermanfaat untuk mencegah datangnya flu. Masyarakat di Eropa memanfaatkan teh ini menjadi minuman wajib di musim dingin atau mereka sering menyebutnya autumn winter beverage. Teh earl grey memiliki khasiat guna mencegah flu, pilek dan demam. 

6. Menjaga Kesehatan Gigi 

Faktanya teh earl grey juga mempunyai kandungan fluoride. Kandungan ini merupakan bahan utama pembuatan pasta gigi sehingga bisa merawat gigi kamu. meminimalisir gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. 

7. Meminimalisir Stress 

Ketika kamu sedang stress, tentunya kamu memerlukan minuman hangat dan mempunyai efek menenangkan. Lalu, kamu juga dianjurkan mengkonsumsi secangkir teh earl grey hangat agar membantu kamu menjadi lebih rileks. 

Selain itu, bergamot mempunyai wangi aromatik yang umumnya dipakai menjadi bahan aromaterapi guna mengatasi rasa lelah, depresi, rasa gelisah dan stres. Terdapat banyak manfaat dari teh ini untuk kesehatan, tetapi harus dilakukan penelitian lagi demi membuktikan potensial manfaat kesehatannya secara klinis. 

8. Menjaga Kesehatan Kulit 

Teh earl mempunyai manfaat bisa menjaga kesehatan kulit sebab jenis teh hitam ini memiliki banyak kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti eksim, jerawat sampai psoriasis. Untuk kamu yang memiliki masalah kulit tersebut, bisa mencoba teh ini untuk dikonsumsi setiap hari. 

Cara Mengkonsumsi Teh Earl Grey 

Cara mengkonsumsi teh ini sama seperti teh seduh biasanya. Kamu bisa membeli kemasan celup atau bubuk teh earl grey. Selanjutnya, seduh teh dengan air panas, kamu juga bisa menambahkan lemon dan madu menjadi perasa alami. Dengan menambahkan perasa juga membuat teh kamu lebih nikmat saat diminum. 

Nah, itu tadi beberapa manfaat teh earl grey yang perlu kamu ketahui. Setelah membaca ulasan di atas, semoga bisa menjadi sumber informasi baru dan berguna untuk kamu. Selamat mencoba! Oiya, kalau kamu tertarik untuk mencoba teh earl grey, kamu juga bisa belanja di aplikasi Astro lho! Pesan teh earl grey, dalam hitungan menit pesanan sudah sampai!

Baca Juga: Harus Kamu Ketahui, Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Arie Wahyu
Arie Wahyu