Harus Kamu Ketahui, Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Harus Kamu Ketahui, Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Jika kamu gemar minum teh tentu sudah tidak asing dengan berbagai macam inovasi minuman dengan menggunakan bahan dasar teh yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Minum teh memang sudah jadi kebiasaan orang Indonesia. Tidak terhalang oleh usia, hampir semua orang dewasa dan anak-anak gemar minum teh.

Bahkan banyak yang menjadikan minuman teh yang ditambahkan balok es kecil di dalamnya sebagai pelengkap terbaik saat sedang makan siang, terutama kalangan anak muda di Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang unik dan segar, minuman teh juga ada khasiat untuk kesehatan tubuh.

Banyak cara untuk mengkonsumsi minum teh, ada yang tanpa gula, ada yang dicampurkan dengan es batu, ada juga yang hangat dan manis dengan gula, dan campur dengan susu, serta masih banyak yang lainnya.

Tidak jarang orang yang memilih untuk mencampurkan gula dalam minuman teh yang masih panas agar tidak terasa pahitnya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ada manfaat yang bisa kamu dapatkan jika minum teh tanpa gula.

Mungkin bagi anak usia produktif, minum teh tanpa gula tidak akan terasa nikmatnya. Tetapi, tidak ada salahnya mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari minum teh tanpa gula.

Baca Juga: Daftar Manfaat Teh Hitam Untuk Diet yang Sehat

Manfaat dari Minum Teh Tidak Ditambahkan Gula

Teh memiliki banyak jenis dan manfaatnya masing-masing, tetapi secara umumnya, minum teh juga tetap ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh asalkan memakai takaran yang benar. 

Berikut ini adalah ulasan tentang bagaimana manfaat minum teh tanpa gula yang wajib kamu ketahui. Walaupun kamu sudah terbiasa minum teh dengan gula, sekarang tidak ada salahnya coba di rumah minum teh tanpa gula. Yuk Intip!

1. Bantu Dalam Kontrol Gula Darah

Manfaat dari minum teh tanpa gula adalah bisa bantu kamu dalam kontrol gula dalam darah. Meskipun kamu sudah terbiasa minum menggunakan tambahan gula, justru jika kamu coba minum teh tanpa tambahan gula di dalamnya, itu bisa sangat bantu kamu dalam hal kontrol gula darah.

Walaupun teh yang masih hangat dan segar, jika tidak ada tambahan gula pastinya akan terasa pahit, Itu tidak akan jadi masalah. Kandungan yang ada di dalamnya adalah senyawa antioksidan yang dinamakan dengan polifenol yang kuat.

Kandungan tersebut bisa membuat sensitivitas insulin tubuh kamu jadi lebih meningkat. Dengan begitu, kadar gula dalam darah akan mudah terkontrol. Maka dari itu, apabila kadar gula dalam darah bisa mudah terkontrol, itu artinya kamu akan minim resiko diabetes.

Kamu bisa menemukannya di teh hijau, teh oolong dan teh hitam.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Teh kamu di ASTRO!

Harus Kamu Ketahui, Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

2. Peredaran Darah Jadi Lebih Lancar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teh memiliki kandungan polifenol yang bisa membantu pencegahan adanya plak di area pembuluh darah. Oleh sebab itu, pembuluh darah kamu akan terasa lebih lancar.

Tidak akan ada fenomena penyempitan pembuluh darah. Jika sampai terjadi hal seperti itu, maka bisa dikatakan kamu akan mudah terkena resiko gangguan pada jantung. 

3. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Teh yang mampu dalam melawan kadar kolesterol yang jahat dalam tubuh bisa kamu temukan di teh hitam. Jika hendak menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, usahakan untuk minum teh hitam secara rutin.

Selain itu, jangan tambahkan gula, dan sajikan dalam kondisi teh yang masih hangat. Maka tidak heran jika teh hitam jadi banyak perbincangan karena khasiatnya sangat efektif dalam bantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sampai dengan 11%.

Baca Juga: Selain Enak, Ini Dia Manfaat Teh Earl Grey Untuk Tubuh

4. Tubuh dan Pikiran Jadi Lebih Tenang

Minum teh tidak menggunakan tambahan gula langsung berbeda efek dan manfaat yang didapatkan. Bahkan, minum teh hangat tanpa gula bisa bantu menenangkan tubuh dan pikiran.

Kamu tidak akan mudah stres, tubuh jadi terasa lebih tenang dan rileks, mood jadi membaik, dan kamu juga bisa lebih mudah berkonsentrasi. Maka, sangat cocok dikonsumsi saat kamu dalam keadaan yang sedang stres atau mood yang kurang bagus.

Kandungan yang dapat membuat kamu jadi lebih tenang adalah L-theanine dalam teh yang masih segar. Tidak hanya membuat tenang saja, kandungan itu juga bisa bantu kamu dalam hal fungsi otak yang jadi semakin meningkat. Hal itu yang membuat konsentrasi kamu bisa kembali membaik.

5. Bisa Awet Muda

Kandungan dalam teh tanpa gula terdapat antioksidan yang bisa bantu dalam urusan oksidasi tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa segala penuaan dini, kulit lebih cerah, bantu basmi jerawat, keloid, dermatitis atopik, kerutan dan flek hitam serta gejala penuaan dini lainnya pun akan tercegah. Terutama jika kamu mengkonsumsinya secara rutin.

Demikian manfaat minum teh tanpa gula yang harus kamu ketahui. Jika kamu butuh segala keperluan untuk belanja kebutuhan minuman dan makanan sehat bisa pesan di Astro sekarang yang memberikan layanan 24 jam non stop. Penuhi segala kebutuhanmu dengan Astro! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store.

Baca Juga: Yuk, Kenali Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu