7 Makanan yang Mengandung Natrium

Menurut WHO, hipertensi mengakibatkan sekitar 9,4 juta jiwa meninggal setiap tahunnya. Secara menyeluruh, kejadian hipertensi setiap tahunnya terus meningkat. Hipertensi bisa mengakibatkan komplikasi seperti stroke dan jantung koroner. Penyebab utama dari hipertensi yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium secara berlebihan. 

Dalam satu sendok teh garam saja terdapat 2300 mg natrium. Belum pula kamu mengkonsumsi minuman atau makanan kemasan yang rata-rata mempunyai tingkat natrium yang tinggi. Apabila kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut, maka bisa menaikkan risiko tekanan darah tinggi. 

Lalu, apa saja makanan dengan kandungan natrium yang tinggi? Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut daftar makanan yang mengandung natrium. 

Baca Juga: Kumpulan Menu 4 Sehat 5 Sempurna yang Menyehatkan

Sederet Makanan dengan Kandungan Natrium 

Tidak sedikit orang yang menganggap jika pengidap hipertensi hanya harus membatasi asupan natrium atau garam. Padahal sumber natrium bukan hanya ada di garam saja, tetapi ada di berbagai jenis makanan sehari-hari. Makanan yang mengandung natrium seperti: 

1. Sereal instan 

Sereal adalah makanan yang sudah diproses sebelumnya dan memerlukan tambahan natrium guna mengawetkannya. Setidaknya dalam segelas sereal terdapat lebih dari 200 mg natrium. Menu sarapan lain yang mempunyai kandungan tinggi natrium, seperti pancake dan biskuit, yang natriumnya bisa mencapai 800 mg. 

2. Minuman rasa buah atau jus kemasan 

Walaupun tampak menyehatkan bila dikonsumsi secara terus-menerus, tetapi apa jadinya jika yang kamu minum yaitu jus kemasan yang telah melalui berbagai proses pabrik? 

Pastinya jus tersebut mengandung beragam zat aditif guna mempertahankan kualitas dan rasa, salah satunya yaitu natrium. Rata-rata jus kemasan memiliki kandungan 700 mg natrium untuk setiap 200 ml (tergantung dengan mereknya). 

Padahal, natrium yang terdapat pada buah aslinya tidak sebanyak itu, misalnya saja dalam satu buah tomat segar hanya mengandung 11 mg natrium. Oleh sebab itu, penting pula untuk membaca nilai gizi sebelum kamu mengkonsumsi minuman atau makanan tersebut. 

3. Buah atau sayur kalengan 

Satu kaleng buah atau sayur ternyata terdapat kandungan sebanyak 1300 mg natrium. Padahal, natrium dalam sebuah wortel hanya sekitar 45 mg. Oleh sebab itu, bila kamu terpaksa untuk mengkonsumsi buah atau sayuran yang telah dikemas kalengan, ada baiknya dicuci terlebih dahulu sebelum memasaknya. 

Dengan mencuci buah atau sayur kalengan tersebut, kandungan natriumnya bisa berkurang sedikit. Tetapi, tetap saja upayakan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang masih segar. 

Baca Juga: Ikuti Resep Menu Diet Sehat 30 Hari Ini yang Aman dan Enak

4. Bumbu masak instan 

Apakah kamu sering menggunakan saus atau kecap dalam masakan mu? Atau kedua bahan makanan tersebut menjadi teman wajib saat makan? Apalagi saat ini tidak sedikit produk bumbu jadi yang dijual di pasaran, seperti bumbu rendang, bumbu opor, nasi goreng dan lainnya. 

Memang sangat mempermudah kamu yang hendak memasak tetap tidak mempunyai banyak waktu untuk menyiapkan bumbunya. Tetapi, apakah kamu tahu sebanyak apa natrium yang ada di dalam bumbu kemasan tersebut? Tentunya sangat tinggi. 

Misalnya, dalam satu sendok makan saus mengandung 150 mg natrium, sementara satu sendok kecap mengandung 1000 mg natrium. 

5. Produk susu 

Susu dan berbagai produk turunannya adalah sumber vitamin D dan kalsium yang bagus untuk tubuh. Tetapi, bila kamu tidak memilih produk dengan cermat dan teliti, bukan nya tidak mungkin kamu bisa terserang tekanan darah tinggi. 

Sama seperti minuman dan makanan kemasan lainnya yang telah melewati berbagai proses sebelumnya. Susu dan produk turunannya yang dikemas pun memerlukan natrium pada prosesnya. Misalnya buttermilk dan keju yang mempunyai kandungan tinggi natrium. 

6. Makanan laut 

Makanan laut atau biasa dikenal dengan seafood merupakan makanan yang bagus untuk kesehatan jantung bila diolah dengan cara yang tepat dan sehat. Seafood bisa membantu turunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. 

Meskipun begitu, kamu perlu tetap waspada saat memilih produk seafood, alih-alih hendak sehat malah terserang tekanan darah tinggi sebab memilih seafood dengan kandungan tinggi natrium. 

Contoh seafood yang mengandung natrium sangat tinggi yaitu ikan pada bentuk kalengan seperti tuna kaleng, sarden, udang dan kerang. Dalam ¼ udang mempunyai 200 mg natrium. Sementara dalam 85 gram tuna kaleng terdapat 300 mg natrium. 

Sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi seafood atau ikan yang rendah natrium dan segar, seperti ikan kakap, salmon, tuna segar dan lainnya. 

7. Mie instan 

Hati-hari terserang tekanan darah tinggi bila kamu sering mengkonsumsi mie instan, sebab pada satu kemasan mie instan terdapat 1500 mg sampai 2300 mg natrium. Padahal, pada satu hari natrium yang disarankan oleh WHO yaitu 2000 mg. Jika kamu sudah mengkonsumsi satu mie instan dalam sehari, maka sudah melebihi anjuran natrium yang bisa ditoleransi oleh tubuh. 

Baca Juga: Rekomendasi Ide Menu Makanan Satu Minggu yang Sehat Untuk Sehari-Hari

Nah, itu dia daftar makanan yang mengandung natrium yang perlu kamu kurangi. Ingatlah untuk selalu membaca nilai gizi dan kandungan dalam minuman atau makanan yang ingin kamu konsumsi. Hindari minuman atau makanan kemasan yang mempunyai natrium di atas 140 gram pada satu sajian atau satu kemasan.

Jangan lupa kamu bisa dapatkan semua produk di atas dan kebutuhan sehari-hari lainnya di Aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang di Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu