Kamu Harus Tahu Dampak Keramas Setiap Hari, Gak Selalu Baik

Rambut merupakan mahkota kepala, sehingga kesehatan dan kebersihan rambut harus selalu dijaga dengan cara rajin keramas. Karena, rambut memproduksi sebum dan minyak setiap hari. 

Sebum adalah lemak alami dari kelenjar pada kulit yang berguna untuk menjaga rambut dan kulit kepala selalu lembab. Tetapi, apakah keramas setiap hari diperbolehkan? Adakan dampak keramas setiap hari untuk kulit dan rambut? Daripada membuat kamu semakin penasaran, langsung saja lihat jawabannya pada ulasan berikut ini. 

Baca Juga: Langkah Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat dan Aman

Dampak Keramas Setiap Hari

Apabila kamu sekarang ini memiliki kebiasaan keramas setiap hari, mulai sekarang kamu harus mempertimbangkan nya lagi, ya. Karena, ada sejumlah bahaya melakukan keramas setiap hari, seperti: 

1. Rambut menjadi sangat kering 

Apabila kamu kamu setiap hari keramas, maka sebum yang menjadi lapisan minyak pada kulit kepala dan rambut dapat menurun. Dampak keramas setiap hari yang satu ini membuat rambutmu semakin kering. 

Tentunya jika rambut terlalu kering ini tidak bagus untuk dilihat. Untuk itu, ada baiknya kamu menghindari terlalu sering keramas agar rambut tidak menjadi sangat kering. 

2. Warna rambut mudah pudar 

Untuk kamu yang mewarna rambut, khususnya dengan cara bleaching, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan keramas setiap hari. Sebab kebiasaan ini bisa menjadikan warna rambutmu lebih mudah memudar.  

Kamu tidak ingin rambutmu yang sudah memiliki warna cantik ini pudar karena terlalu sering keramas, bukan? Oleh sebab itu, kamu harus mengatur waktu yang tepat untuk keramas agar warna rambutmu tidak pudar. 

3. Rambut kusam 

Efek samping dari setiap hari keramas pun ada hubungannya dengan sebum pada kulit kepala dan rambut. Ketika kamu berkeramas setiap hari, maka jumlah sebum bisa terus berkurang. Bukan hanya mengakibatkan rambut menjadi kering, kekurangan sebum bisa menjadikan mahkota kepala mu sangat kusam. 

4. Rambut bercabang 

Dampak selanjutnya dari keramas setiap hari yaitu bukan hanya mengakibatkan kekeringan di batang rambut. Namun, ujung rambutmu pun sangat mudah bercabang. Hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya sebum atau minyak alami di rambut. 

5. Mudah lepek 

Hal ini mungkin terdengar cukup membingungkan. Memang terlalu banyak keramas dapat menjadikan kulit kepala dan rambut menjadi kering. Tetapi, tubuh mempunyai sistem kompensasi dengan membuat minyak lebih banyak yang mengakibatkan rambut sangat mudah lepek. 

6. Berketombe 

Tidak hanya kotor, ketombe pun dapat muncul karena kulit kepala sangat kering. Hal ini sebab gabungan pemakaian air hangat secara berlebihan saat keramas terhadap kulit kepala yang sangat kering sebab terlalu sering dikeramas. 

Baca Juga: 9 Cara Membuat Rambut Bayi Lebat Secara Alami

Aturan Keramas yang Baik  

Jadi, jika setiap hari keramas dapat menimbulkan dampak buruk, berapa kali kita bisa membersihkan rambut dengan tepat? 

Sebetulnya, tidak ada jumlah pasti berapa hari sekali kamu harus mencuci rambut. Sebagian orang bisa keramas setiap hari, namun ada pula yang tidak disarankan untuk melakukannya. Sejumlah faktor ini bisa menjadi penentunya: 

1. Jenis kulit kepala 

Untuk kamu yang mempunyai kulit kepala berminyak, disarankan untuk membersihkan rambut setiap hari karena jumlah sebum secara berlebihan pun tidak bagus. 

Ketika sebum berlebihan, ada banyak kotoran yang menempel pada rambut. Dengan rajin keramas bisa membantu kamu untuk membersihkan sebum dan kotoran yang berlebihan. 

Sedangkan, jika kulit kepala mu normal atau kering, maka dianjurkan keramas sebanyak 2 kali selama minggu. Mengapa demikian? Sebab kulit yang sangat kering ini jika di keramas terlalu sering bisa menjadikan kondisinya semakin kering. 

2. Tekstur rambut 

Sebetulnya, tekstur rambut, seperti ikal, keriting, atau lurus ini berhubungan dengan kecepatan sebum untuk menuju ke akar rambut. Untuk rambut lurus, kamu dianjurkan untuk keramas setiap hari sebab sebum sangat cepat menuju ke akar rambut. Sehingga kulit kepala mu sangat mudah untuk berminyak. 

Pada rambut yang keriting, minyak pada kepala akan sangat lambat untuk sampai di akar. Sehingga kamu disarankan untuk membersihkan rambut sebanyak 2 kali dalam seminggu agar rambut tidak rontok. 

3. Ketebalan rambut 

Untuk kamu yang mempunyai rambut tebal dianjurkan keramas sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sama halnya dengan tekstur rambut keriting, produksi sebum tidak akan mudah untuk sampai di akar dengan cepat. 

Lalu, untuk rambut jenis tipis dan halus, kamu dianjurkan untuk keramas lebih sering. Alasannya yaitu sebum sangat mudah untuk mengalir ke akar dan mengakibatkan menumpuknya minyak pada kulit kepala. 

4. Umur 

Seiring dengan bertambahnya umur, produksi sebum pada kepala ini akan berkurang. Kamu pun dianjurkan untuk menghindari keramas dengan intensitas yang sering. 

5. Selalu menata rambut 

Kamu yang senang menata rambut, seperti smoothing atau mewarnainya, dianjurkan untuk tidak terlalu sering keramas. Sesudah tindakan tersebut, umumnya rambut menjadi sangat mudah rontok dan rapuh. 

Jadi, terlalu sering keramas maupun tidak bergantung dengan kebutuhan keadaan rambut serta kulit kepala mu. Sehingga, kenali dengan baik keadaan rambut dan kulit kepala mu guna mencegah bahaya dari keramas setiap hari. 

Baca Juga: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Itu dia sejumlah dampak keramas setiap hari yang harus kamu ketahui dan hindari mulai sekarang agar tidak menyebabkan masalah kesehatan. Jangan lupa untuk menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambutmu agar tidak menimbulkan energi. 

Dapatkan berbagai produk perawatan rambut yang tepat hanya di Astro. Kamu bisa membeli semua produk perawatan rambut atau kebutuhan lainnya melalui aplikasi Astro yang tersedia di App Store dan Play Store. Belanja sekarang di aplikasi Astro dengan pengantaran hanya dalam hitungan menit!

Referensi:

Keramas Setiap Hari, Perlukah?

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu