Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Perempuan sangat identik dengan rambut yang panjang. Harus diketahui bila pertumbuhan rambut dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, diantaranya jenis rambut, umur, pola makan dan keadaan kesehatan. 

Apabila kamu hendak memanjangkan rambut dengan cara alami, kamu dapat menerapkan cara memanjangkan rambut dengan cepat yang sudah kami rangkumkan untuk kamu. Langsung saja simak beberapa cara yang di bawah ini. 

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Langkah-Langkah Memanjangkan Rambut dengan Bahan Alami

Perawatan dari luar untuk memanjangkan rambut pun sama pentingnya layaknya nutrisi dari dalam. Di bawah ini merupakan sejumlah langkah perawatan di rumah agar rambut tumbuh panjang secara alami. 

1. Gunakan minyak kelapa 

Cara memanjangkan rambut pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memakai minyak kelapa. Minyak ini dianggap mempunyai struktur asam lemak yang sangat mudah menyerap ke area batang rambut, sehingga dapat memperbaiki rambut yang mudah patah atau rusak. 

Cara memakainya yaitu, usapkan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut, lalu bungkus rambutmu menggunakan handuk atau penutup kepala. Besok paginya, kamu bisa membersihkan kepala mu dari minyak kelapa yang sudah kamu gunakan selama semalaman. 

2. Memakai masker dari putih Telur 

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk memanjangkan rambut yaitu dengan memakai putih telur. Kandungan protein yang ada di dalam putih telur bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Cara penggunaannya yaitu kamu harus menyiapkan 3 butir telur yang diambil putih nya saja dan 1 sdm minyak zaitun. 

Aduk kedua bahan tersebut sampai merata. Sesudah itu, oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut sambil dipijat secara perlahan-lahan. Diamkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit supaya nutrisi dari telur ini menyerap dengan sempurna pada rambut sehingga rambut lebih sehat dan kuat. Lalu, bilas sampai bersih. 

3. Jangan keramas setiap hari 

Hindari keramas setiap hari jika kamu menginginkan rambut yang mudah panjang. Sebab keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang ada di rambut. Jika minyak tersebut hilang, dapat menjadikan rambut kamu sangat kering dan tidak tumbuh dengan benar. Demi membantu pertumbuhan rambut supaya cepat panjang, ada baiknya keramas 2-3 kali dalam seminggu. 

Tidak hanya itu, sesudah keramas kamu perlu membilasnya menggunakan air dingin. Sebab air dingin dapat melembutkan kutikula rambut, mencegah kerusakan rambut karena terlalu sering memakai pengering rambut dan mencegah kulit kepala menjadi kering. 

4. Selalu gunakan kondisioner 

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memanjangkan rambut, yaitu dengan memakai kondisioner minimal sekali dalam satu minggu guna mengganti lipid dan protein yang terus-menerus berkurang dari batang rambut mu. 

Kondisioner pun membantu menutup kutikula guna menghindari rusaknya kutikula yang lebih parah. Pakailah kondisioner di ujung rambut saja, jangan menggunakan kondisioner di kulit kepala sebab mengakibatkan rambut mudah rontok. 

5. Gunakan masker kayu manis 

Kayu manis bukan hanya lezat menjadi penambah rasa pada makanan, namun juga berkhasiat untuk memanjangkan rambut. Rempah yang satu ini berfungsi dalam merangsang aliran darah pada kulit kepala dan asupan gizi yang diperlukan oleh setiap helai rambut. 

Kamu bisa menggunakannya dengan cara mencampurkan minyak kelapa dengan kayu manis memakai perbandingkan yang sama. Lalu, oleskan pada rambut, fokus dengan akarnya. Diamkan sekitar 45 menit sebelum dibilas hingga bersih. 

Baca Juga: Arti Jerawat di Jidat, Mungkin Kamu Sedang Mengalami Masalah Ini

Nutrisi Rambut dari Dalam 

Tidak hanya merawatnya dari luar saja, tetapi kamu pun perlu merawat rambut dari dalam agar bisa tumbuh panjang dengan cepat. Nah, terdapat beberapa jenis makanan yang dapat kamu konsumsi guna menjaga kesehatan rambut dan membantu rambut tumbuh lebih cepat.

1. Bayam 

Rajin mengkonsumsi bayam dianggap bagus guna merawat kelembaban kulit kepala mu, sehingga rambut tidak gampang patah. Bayam mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C, folat, beta karoten dan zat besi yang bagus untuk kesehatan rambut. 

2. Ikan salmon 

Ikan salmon mempunyai kandungan lemak omega-3 yang bagus dan dapat membuat rambutmu terlihat sehat dan berkilau secara tidak langsung. Kamu bisa mengkonsumsi ikan yang satu ini secara rutin untuk mendapatkan khasiat tersebut. 

3. Daging ayam 

Supaya rambut dapat tumbuh dengan sempurna dan tidak banyak mengalami kerontokan, dibutuhkan makanan yang mempunyai kandungan protein cukup seperti daging ayam bebas lemak. Mulai sekarang kamu dapat menambahkan daging ayam bebas lemak di menu makan untuk membantu rambut panjang dengan cepat.

4. Telur

Mengkonsumsi telur dapat membantu pertumbuhan rambut sebab makanan ini mempunyai kandungan vitamin B, zat besi dan protein yang baik untuk tubuh. 

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Nah, sekarang kamu jadi tahu cara memanjangkan rambut dengan cepat dan sudah mulai bisa mencobanya mulai sekarang. Kamu bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan untuk membantu memanjangkan rambut mu hanya di aplikasi Astro

Arie Wahyu
Arie Wahyu