9 Cara Membuat Rambut Bayi Lebat Secara Alami

Cara Membuat Rambut Bayi Lebat Secara Alami

Cara membuat rambut bayi lebat dapat kamu lakukan dengan memberikan bahan alami pada kulit kepala, contohnya minyak argan atau lidah buaya. Lalu, bisa juga dengan mengkonsumsi berbagai nutrisi seperti zat besi dan vitamin D, bahkan merawat kulit bayi sejak lahir berguna untuk menebalkan rambut yang tipis. 

Harus diingat juga jika kamu bisa mencoba cara ini pada bayi yang usianya menginjak 6 bulan. Apabila umurnya belum memenuhi, maka bisa beresiko iritasi pada kepala bayi karena kandungan dari bahan-bahan tersebut menyebabkan reaksi alergi, walaupun menggunakan bahan alami sekalipun. 

Tips Melebatkan Rambut si Kecil 

Setiap bayi yang baru lahir pastinya mempunyai ciri khas, ada yang memiliki rambut lebat dan tidak. Nah, untuk kamu yang ingin melebatkan rambut bayi maka bisa terapkan beberapa tips berikut ini. 

1. Gunakan Lidah Buaya 

Pastinya cara pertama untuk menebalkan rambut bayi yang tipis yaitu menggunakan bahan alami seperti lidah buaya. Bahkan, bahan alami ini bukan hanya bisa digunakan untuk rambut saja, tetapi juga bagus digunakan pada kulit. 

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengambil daging lidah buaya dan tambahkan air sampai teksturnya mengental seperti lendir. Sesudah rata, kamu dapat memakaikannya menjadi sampo yang aman untuk bayi. 

2. Minyak Kelapa 

Kamu juga dapat memakai minyak kelapa menjadi cara untuk menumbuhkan rambut bayi. Oleskan minyak kelapa ke kepala bayi dengan merata sesudah atau sebelum mandi. Mengoleskan minyak ini juga sekaligus dapat melembabkan bagian kepala si Kecil. 

3. Minyak Argan 

Tidak hanya minyak kelapa saja, ternyata minyak argan juga menjadi pilihan untuk melebatkan rambut bayi. Popularitas argan tidak perlu kamu ragukan lagi sebab tumbuhan ini mempunyai manfaat yang bagus untuk melebatkan rambut. 

Kamu bisa oleskan minyak argan secara rutin sehingga kepala bayi menjadi lebih sehat dan pertumbuhan rambutnya semakin lebat. 

4. Campuran daun mangkokan dan seledri 

Ternyata campuran daun mangkokan dan seledri adalah cara yang bisa kamu pilih untuk melebatkan rambut bayi secara alami. Penelitian yang terbit di jurnal International Journal of Current Medical Sciences mendapati, kandungan flavonoid di kedua tumbuhan tersebut bisa membantu pertumbuhan rambut. 

Tetapi, uji coba tersebut baru dilakukan kepada hewan saja. Belum ada percobaan pada rambut manusia terutama kepada bayi. 

5. Almond

Kacang-kacangan juga direkomendasikan menjadi bahan untuk melebatkan rambut bayi yaitu almond. Kacang yang satu ini adalah sumber asam amino dan sumber protein yang penting. Tetapi, sebelum memberikannya dalam bentuk MPASI, pastikan si Kecil tidak memiliki alergi kacang almond. 

Selain bisa menebalkan rambut, mengkonsumsi almond juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kulit si Kecil. 

6. Zat Besi 

Asupan zat besi juga penting supaya rambut bayi tumbuh dengan lebat. Terlebih lagi, bahan MPASI dengan kandungan zat besi bisa menguatkan rambut sehingga bisa tumbuh lebih lebat dan tebal. 

Sehingga, jangan ragu untuk menambahkan zat besi seperti biji-bijian, labu, atau sayuran pada MPASI bayi. Lalu, protein yang kaya akan zat besi seperti kuning telur, ikan atau daging merah juga dapat menjadi pilihan untuk MPASI. 

7. Vitamin D 

Selain dari luar saja, asupan vitamin dalam tubuh juga menjadi cara selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk melebatkan rambut si Kecil. Salah satu nya yaitu vitamin D yang bisa merangsang tumbuhnya rambut bayi lebih lebat. Saat bayi memasuki fase MPASI, kamu bisa kenalkan sayuran yang kaya akan vitamin D seperti ubi atau labu.

8. Rutin Mencuci Rambut 

Bayi belum mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri. Oleh sebab itu, si Kecil jadi sangat mudah berkeringat, bahkan ketika AC dinyalakan dengan suhu paling dingin sekalipun. Itulah sebabnya orang tua harus teliti memperhatikan hal tersebut supaya bagian tubuh si Kecil, termasuk rambut selalu terjaga kebersihannya. 

Kamu harus mencuci rambut bayi secara rutin dan jangan menunda sebab bisa membuat rambut kusut. Saat mencuci rambutnya, pakai air hangat sehingga si Kecil tetap nyaman dan gunakan shampo yang sesuai dengan kulit kepala anak kamu. 

9. Pijat Kepala si Kecil 

Menurut riset yang diterbitkan oleh Dermatology and Therapy, dengan memijat kulit kepala secara rutin atau sebanyak dua kali sehari berfungsi untuk meminimalisir rambut rontok. Selain itu, pijatan juga bisa menjadi cara menumbuhkan rambut bayi. 

Karena saat kulit kepala bayi dipijat, folikel rambut akan meregang. Hal tersebut menjadikan folikel terangsang yang membuat rambut tumbuh lebih lebat. Lalu, memijat kepala bayi juga bisa membuat pembuluh darah yang ada di bawah kulit kepala lebih lancar. Dampaknya, terjadi pertumbuhan rambut lebih tebal. 

Demikianlah, beberapa cara membuat rambut bayi lebat yang bisa kamu coba. Semoga ulasan di atas bisa berguna dan membantu kamu yang ingin melebatkan rambut si Kecil. Untuk mendapatkan semua bahan-bahan alami di atas, kamu bisa membeli nya di Astro yang siap membantu kamu selama 24 jam penuh dan dengan pengantaran yang cepat!

Referensi:

9 Cara Melebatkan Rambut Bayi, Pilih yang Alami dan Tak Picu Alergi

11 Cara Menumbuhkan dan Menebalkan Rambut Bayi Secara Alami

10 Cara Melebatkan Rambut Bayi Secara Alami

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.