Langkah Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat dan Aman

Kutu rambut merupakan serangga parasit yang sering menyerang di kulit kepala. Kutu rambut bisa berkembang biak dan memproduksi telur-telur yang umumnya akan dibiarkan hinggap di batang rambut sampai menetas.

Infeksi kutu rambut bisa mengganggu kegiatan sehari-hari sebab dapat mengakibatkan rasa gatal dan luka kemerahan pada kulit kepala. Oleh karena itu, telur dan kutu rambut harus diatasi dengan cara yang benar. Di bawah ini ada cara menghilangkan kutu rambut dengan aman dan cepat. 

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Tips Hilangkan Kutu Rambut 

Cara utama guna menghilangkan kutu rambut beserta telurnya yaitu dengan memakai sisir serit. Sisir serit adalah sisir dengan gigi halus dan rapat yang dibuat secara khusus guna membersihkan kutu rambut. 

Tidak hanya itu, kamu pun dapat memakai berbagai bahan guna membantu menangkap kutu di sisir serit, diantaranya yaitu: 

1. Kondisioner 

Dengan mengoleskan kondisioner secara merata di rambut dan menyisirnya menggunakan sisir serit adalah salah satu cara yang sangat efektif guna menghilangkan kutu beserta telurnya di rambut mu. Cara inipun mudah dilakukan, berikut langkah-langkahnya:

  • Cuci rambut menggunakan sampo sampai bersih
  • Oleskan kondisioner di semua permukaan kulit kepala dan rambut 
  • Sisir rambut saat masih basah memakai sisir serit, mulai dari akar sampai ke ujung rambut 
  • Bersihkan telur, kutu maupun kotoran yang terperangkap di dalam sisi serit dengan masukan pada wadah yang berisikan air hangat 

Lakukan cara ini secara rutin, yakni 2-3 kali dalam seminggu, sampai telur dan kutu rambut benar-benar hilang. 

2. Minyak almond atau minyak zaitun 

Menyisir rambut menggunakan sisir serit yang sudah diolesi dengan minyak almond atau minyak zaitun pun dapat kamu jadikan cara guna menghilangkan telur dan kutu rambutnya, dibawah ini caranya: 

  • Oleskan minyak almond atau minyak zaitun ke seluruh rambut 
  • Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian dan jepit 
  • Sisir rambut yang sudah dipisahkan memakai sisir serit, mulai dari akar sampai ujung rambut 
  • Bersihkan kotoran, telur atau kutu yang ada di sisir serit dengan cara memasukannya pada wadah yang telah diisi air hangat 
  • Sesudah selesai menyisir rambut, kamu bisa mencuci rambut menggunakan sampo sampai bersih

Ulangi cara tersebut setiap hari sampai kutu rambut beserta telurnya benar-benar hilang dari rambut. 

3. Minyak esensial 

Beberapa minyak esensial sudah terbukti efektif guna membantu atas telur dan kutu rambut. Misalnya seperti minyak pala, minyak kayu manis, minyak mentol, minyak kayu putih, minyak cengkeh, minyak mimba, minyak lavender dan tea tree oil. 

Di bawah ini merupakan beberapa langkah yang harus kamu lakukan ketika ingin memakai minyak esensial guna menghilangkan telur dan kutu rambut: 

  • Campurkan minyak esensial sebanyak 15-20 tetes dengan 4 sdm minyak zaitun 
  • Oleskan campuran tersebut di kulit kepala dan semua permukaan rambut, diamkan sekitar 12-24 jam. Apabila kamu hendak mengoleskannya pada malam hari, kamu dapat memakai shower cap 
  • Sesudah didiamkan selama semalaman, sisir rambut menggunakan sisir serit, mulailah dari akar sampai ke ujung rambut 
  • Bersihkan kotoran, telur atau kutu yang ada di sisir serit dengan lap yang sudah dibasahkan 
  • Cuci rambut memakai sampo sampai bersih 

Lakukan cara di atas berulang kali sampai kutu dan telurnya benar-benar hilang dari rambut dan kulit kepala mu. 

4. Obat kutu 

Menghilangkan telur kutu dan kutunya pun dapat dilakukan dengan memakai obat kutu yang dapat kamu beli di semua apotek atau supermarket tanpa perlu resep dokter. Obat kutu ini biasanya tersedia dalam bentuk semprotan atau lotion. 

Demi mengatasi telur kutu dan kutunya menggunakan obat, kamu bisa ikuti petunjuk yang ada di label kemasan obat tersebut. Tetapi tidak hanya itu, ada sejumlah hal yang harus kamu perhatikan sebelum memakai obat kutu, yaitu: 

  • Hindari memakai kondisioner sebelum memakai obat kutu 
  • Pakai sisir serit guna membersihkan telur dan kutunya dari rambut sesudah 8-12 jam pemakaian obat kutu 
  • Jangan mencuci rambut selama 1 sampai 2 hari sesudah memakai obat kutu 

Jika sesudah 2 hari penggunaan obat, tapi kutu masih tampak aktif atau tidak mati, ini berarti obat tersebut tidak dapat bekerja dengan maksimal. Apabila seperti itu, kamu bisa konsultasikan dengan dokter mengenai hal tersebut. 

Nantinya mungkin dokter akan meresepkan beberapa obat antiparasit guna mengatasi infeksi kutu, seperti malathion, spinosad, permethrin dan ivermectin. Sebaliknya, apabila sesudah 3 minggu perawatan, baik memakai pengobatan medis atau alami, sudah tidak tampak kutu yang masih hidup, berarti kamu telah sembuh dari infeksi kutu ini. 

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Nah, itulah cara menghilangkan kutu rambut yang bisa kamu coba untuk mengusir kutu dengan aman dan cepat. Semoga cara ini berhasil, ya!

Dapatkan berbagai produk kecantikan berkualitas dan produk kebutuhan harian lainnya hanya di Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dan rasakan pengalaman belanja kebutuhan harian dengan cepat sampai hanya dalam hitungan menit!

Referensi:

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Sumber Gambar Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu