Jenis Makanan yang Cepat Menambah Berat Badan

Menaikkan berat badan yang cepat tidak dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dalam porsi berlebihan. Kamu juga harus memperhatikan asupan makanan yang cepat menambah berat badan dan memiliki kandungan gizi di dalamnya. 

Banyak orang yang berupaya untuk memiliki berat badan ideal, namun tidak sedikit pula yang ingin berat badannya bertambah. Meskipun terdengar sangat mudah, menggemukan badan dapat menjadi hal yang sulit untuk beberapa orang yang sudah mengkonsumsi banyak makan namun berat badannya tak kunjung bertambah. 

Pada umumnya, demi meningkatkan berat badan, kamu perlu menambah jumlah kalori dengan nutrisi dan bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi makanan yang tepat seperti gula alami, lemak, protein, dan karbohidrat. 

Penambahan kalori ini perlu kamu lakukan secara pelan-pelan, yaitu 300-500 kalori per harinya. Apabila ingin menambah berat badan secara cepat, kamu bisa tambahkan kalori sebanyak 700-1.000 kalori per harinya. Asupan kalori demi menambah berat badan, maka kamu dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti di bawah ini. 

Baca Juga: Kenali Jam Makan Untuk Menambah Berat Badan yang Tetap Sehat

Rekomendasi Jenis Makanan Penambah Berat Badan 

1. Nasi 

Salah satu pasokan karbohidrat yang bisa membantu menaikkan berat badan yaitu nasi. Makanan yang padat akan karbohidrat dan kalori ini pastinya membantu mu untuk menambah berat badan. 

Pada 100 gram nasi saja sudah mengandung 39,8 gram karbohidrat dan 180 kalori. Nasi pun cocok dengan berbagai sayuran dan lauk sehingga mudah untuk kamu konsumsi. Jika kamu ingin menambah berat badan bisa mengkonsumsi nasi sebanyak 3 kali sehari dengan makanan berprotein tinggi guna  membantu mencapai berat badan yang diinginkan. 

2. Kentang atau ubi 

Kentang dan berbagai umbi-umbian seperti ubi jalar atau singkong adalah sumber karbohidrat kompleks atau juga biasa dikenal dengan pati. Jenis makanan yang satu ini kaya akan kalori. Untuk 100 gram kentang memiliki kandungan 13,5 gram karbohidrat dan 62 kalori. 

Tidak hanya bisa menambah pasokan kalori harian, pati pun memberikan energi berbentuk glukosa dan sebagian lagi akan disimpan di tubuh menjadi glikogen. Berdasarkan jurnal dari Nutrition Reviews, glikogen dalam tubuh tersebut bisa bermanfaat menjadi bahan bakar tambahan saat seseorang menjalani olahraga atau beraktivitas. 

3. Roti gandum 

Asupan karbohidrat yang lainnya dan sangat mudah untuk kamu dapatkan yaitu roti gandum. Jenis makanan yang satu ini termasuk sangat sederhana, namun bisa memberikan kalori yang diperlukan tubuh. 

Pada sehelai atau dua helai roti gandum bisa mengandung sebanyak 138 kalori, belum lagi dengan pasokan gizi lainnya yang dapat ditambahkan di atas roti gandum. Demi menaikkan berat badan, kamu dapat membuat sandwich dengan tambahan protein lain seperti keju, daging, dan telur di dalamnya. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Penambah Berat Badan kamu di ASTRO!

Baca Juga: Resep Makanan Tinggi Kalori Untuk Menambah Berat Badan yang Menyehatkan 

4. Pasta 

Jika kamu bosan dengan asupan karbohidrat pada umumnya, kamu dapat menggantinya dengan mengkonsumsi pasta. Makanan ini bisa memberikanmu pasokan kalori yang banyak untuk tubuh. 

Jenis pasta yang sangat populer yaitu spaghetti. Untuk 100 gram pasta ini memiliki 22,6 gram karbohidrat dan 139 kalori. Demi menambah kalori yang kamu butuhkan demi menaikkan berat badan, bisa pula dengan membuat pasta yang ditambahkan saus bolognese dan parutan keju. 

5. Daging merah 

Daging merah seperti daging sapi, kerbau atau kambing adalah bahan makanan yang kaya akan protein dan dapat membantu otot pada tubuh mu. Asupan protein dan rajin berolahraga bisa membantu kamu meningkatkan massa otot. Hal tersebut secara tidak langsung bisa membuat berat badan bertambah. 

Sebagai makanan untuk menambah berat badan, kamu dapat mengkonsumsi potongan daging berlemak yang memiliki banyak kalori. Pada 100 gram daging sapi yang berlemak mengandung 22 gram lemak, protein sebanyak 17,5 gram dan 273 kalori.

Meskipun demikian, kamu perlu berhati-hati sebab lemak tinggi ini dapat menimbulkan berbagai resiko penyakit. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli gizi atau dokter sebelum kamu meningkatkan konsumsi jenis makanan yang satu ini. 

6. Ikan salmon 

Salmon dan jenis ikan berminyak lainnya adalah sumber protein dan lemak sehat, pastinya sangat bagus untuk kesehatan tubuhmu. Selain kedua zat gizi tersebut, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk tubuh, fungsi organ dan kesehatan psikologis. 

Setidaknya, kamu dapat memperoleh 208 kalori, 13,4 gram lemak dan 20,4 gram protein untuk 100 gram ikan salmon. Namun, kandungan nutrisi tersebut pastinya bisa berubah tergantung dengan cara mu mengolah ikan salmon seperti dipanggang, ditumis, atau dikukus. 

Apabila kamu mengolahnya memakai mentega atau minyak, maka bisa memperoleh tambahan kalori. Tetapi, pastikan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan tinggi lemak. 

7. Telur 

Salah satu makanan yang bisa menggemukan badan dan sangat sehat yaitu telur. Sumber bahan makanan ini memiliki nutrisi seperti lemak sehat dan protein. Untuk memperoleh manfaat penuh, kamu harus mengkonsumsi telur secara utuh. 

Karena, hampir seluruh zat gizi bermanfaat ada di dalam kuning telur. Pada 100 gram telur mengandung sebanyak 154 kalori, 0,7 gram karbohidrat, 10,8 gram lemak dan 12,4 gram protein. Sangat banyak, bukan? 


Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang cepat menambah berat badan. Semoga dengan rekomendasi makanan di atas ini bisa membantu kamu untuk menambah berat badan yang ideal. Jangan lupa untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan yang membuat menaikkan berat badan secara tidak sehat. Semoga berhasil, ya!

Buat kamu yang mau belanja bahan makanan di atas dengan cara praktis dan mudah, kamu bisa andalkan Astro! Astro menyediakan berbagai bahan makanan mulai dari telur, ikan salmon, daging, roti gandum, dan lainnya yang siap diantar dalam waktu hitungan menit saja. Yuk, pesan bahan makanan di Astro sekarang untuk bantu meningkatkan berat badan kamu.

Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store!

Baca Juga: Jenis Olahraga Untuk Menambah Berat Badan, Pasti Sehat

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu