Kenali Jam Makan Untuk Menambah Berat Badan yang Tetap Sehat

Memang untuk sebagian orang, menambahkan berat badan dapat menjadi hal yang sangat sulit. Tidak hanya jenis makanan, jam makan untuk menambah berat badan juga harus diperhatikan supaya rencana kamu berhasil. 

Bukan hanya itu, jadwal makan untuk menambah berat badan yang dibuat dengan baik bisa membantu kamu untuk mendapatkan kenaikan berat badan dengan cara yang sehat. Dengan makan lebih sering seperti 5-6 kali dengan mengurangi porsi makan dan buat rencana yang baik, diyakini sangat efektif daripada makan 2-3 kali untuk porsi yang besar. 

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Contoh Jam Makan untuk Menaikkan Berat Badan 

Buatlah jadwal jam makan untuk menaikkan berat badan dengan diet kalori sebanyak 5-6 kali makan dalam sehari. Apabila kamu ingin makan 5 kali dalam sehari, kamu dapat mengaturnya menjadi 3 kali makan dalam porsi besar dan 2 kali selingan. 

Sedangkan, untuk 6 kali makan, kamu bisa menambahkan jadwal makan cemilan pada malam hari sesudah makan malam. Lalu, supaya cepat gemuk ada baiknya makan jam berapa? 

Sejumlah penelitian menemukan jika makan malam lewat dari jam 8 bisa mengakibatkan kamu mengkonsumsi lebih banyak kalori, daripada orang yang menyudahi makan sebelum pukul 8 malam. 

Sehingga, bila ingin cepat gemuk dan menaikan berat badan, ada baiknya makan sesudah jam 8 malam. Di bawah ini ada beberapa contoh pola makan guna menaikan berat badan dengan jumlah 3155 kalori dalam sehari: 

  • Sarapan: 1 potong roti yang dioles 1 sdm butter dan 1 sdm selai, 1 telur dibuat scramble egg, serta ½ gelas jus buah dengan total kalori 284. 
  • Camilan pagi: Smoothies yang kaya akan kalori, jumlah kalori: 575. 
  • Makan sore: 1 buah pisang dan 2 sdm selai kacang, jumlah kalori: 295. 
  • Makan malam: ½ fillet salmon dan 1 sdm butter, ½ cangkir brokoli, ½ cangkir nasi, dan 1 gelas susu, jumlah kalori: 595. 
  • Camilan malam: segelas susu dan 3 buah cookies, jumlah kalori 375.  

Itu tadi contoh jadwal makan supaya cepat gemuk yang dapat kamu terapkan. Kamu bisa memodifikasinya dengan menu yang disenangi dan jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan. 

Menghitung Kebutuhan Kalori Lebih Dulu 

Supaya dapat menambah berat badan, kamu harus memperoleh asupan kalori yang lebih banyak dibandingkan tingkat metabolisme istirahat yaitu jumlah kalori yang diperlukan ketika kamu mempunyai gaya hidup yang cukup tidak aktif. 

Orang dewasa rata-rata mempunyai standar kebutuhan 2000 kalori per harinya. Tetapi, kebutuhan masing-masing orang mungkin tidak sama tergantung dengan usia, berat badan, jenis kelamin, tinggi dan gaya hidup. 

Demi menaikkan berat badan, maka asupan kalori setiap hari harus sebanyak 5-10% lebih banyak dibandingkan yang diperlukan. Seluruh kebutuhan kalori ini lalu dibagi ke beberapa jadwal makan guna menaikan berat badan. 

Jenis-jenis Makanan untuk Menaikkan Berat Badan 

Baca Juga: Resep Makanan Tinggi Kalori Untuk Menambah Berat Badan yang Menyehatkan 

Ketika kamu ingin membuat jadwal makan untuk menambah berat badan, ada baiknya pertimbangkan lagi jenis makanan yang ingin kamu konsumsi. Pastikan kamu memperoleh nutrisi yang menyehatkan dan seimbang. 

Di bawah ini merupakan sejumlah jenis makanan sehat kaya akan kalori yang bisa kamu masukan dalam menu makan untuk menaikkan berat badan. 

1. Pilih makanan tinggi akan nutrisi 

Dilansir dari Mayo Clinic, kamu harus memilih makanan yang mempunyai kandungan nutrisi tinggi ke menu makan untuk menambahkan berat badan, seperti: 

2. Pilih milkshake atau smoothie daripada kopi dan soda 

Lebih baik kamu mengkonsumsi smoothies, milkshake atau jus yang terbuat dari buah dan susu, daripada kopi, soda maupun minuman lainnya yang tidak bergizi. Kamu bisa memasukan minuman sehat tersebut di sela-sela jadwal makan guna menaikkan berat badan. 

3. Makan sandwich sebelum tidur 

Kamu bisa menikmati camilan sehat sebelum tidur seperti alpukat, buah-buahan kering, selai kacang dan keju. Kamu juga bisa memasukan camilan sandwich ke dalam jadwal makan setiap hari: 

  • Sandwich berisi selai kacang dan buah-buahan 
  • Sandwich berisi irisan sayur, alpukat, keju atau daging bebas lemak

4. Tambah topping sebagai ekstra kalori 

Tambahkan topign ke dalam makanan berkuah seperti sup dan lainnya yang kamu buat. Topping tersebut seperti telur, keju sampai susu tanpa lemak menjadi asupan ekstra kalor. 

Demikianlah, ulasan mengenai jam makan untuk menambah berat badan yang bisa kamu terapkan dan beberapa rekomendasi jenis makanan yang bisa menaikan berat badan mu dengan cepat dan sehat. 

Konsistensi menjadi kunci untuk kamu bisa mencapai target memiliki berat badan ideal. Karena jika kamu lakukan hanya dalam waktu yang singkat dan berharap hasilnya cepat, maka harapan tersebut tidak akan pernah terjadi. 

Untuk itu, lakukan hal ini secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan tubuh agar proses penggemukan badan mu tetap sehat dan tidak menjadi penyakit. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya!

Baca Juga: Ini Dia Berat Badan Ideal Untuk Anak Menurut WHO

Selalu andalkan Astro untuk belanja kebutuhan harian untuk berat badan idealmu! Belanja kebutuhan harian di Astro praktis nggak perlu keluar rumah. Pesanan kamu akan diantar dalam hitungan menit sampai depan rumah kamu. Belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu