Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal pastinya impian semua orang. Tidak heran, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencapai hal tersebut. Tetapi, sebelum kamu berusaha untuk menambahkan atau menurunkan berat badan, apakah kamu tahu cara menghitung berat badan ideal? 

Untuk kamu yang belum tahu, kamu bisa perhatikan ulasan berikut ini untuk mengetahui cara menghitung berat badan ideal yang tepat. 

Baca Juga: Ini Dia Berat Badan Ideal Untuk Anak Menurut WHO

Pengertian Berat Badan Ideal 

Berat badan ideal merupakan berat badan yang diyakini sangat menyehatkan untuk seseorang dengan berpatokan pada tinggi badannya. Yang berarti, berat badan inilah yang bisa memberikan angka harapan hidup terbesar untuk mu. 

Walaupun tinggi badan menjadi patokan utama, kamu harus pula mempertimbangkan beberapa faktor lain guna menilai apakah berat badanmu termasuk ideal. Sejumlah faktor tersebut mencakup massa otot, bentuk tubuh, umur dan jenis kelamin. 

Memiliki dan menghitung berat badan ideal pasti penting menjadi usaha guna mempertahankan kesehatanmu secara keseluruhan. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara demi mencegah dan mengendalikan beragam penyakit. 

Berat badan berlebih bisa meningkatkan resiko penyakit kronis seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Sedangkan, berat badan yang terlalu rendah dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan, osteoporosis dan anemia. 

Berat badan ideal tidak diperlihatkan dari seberapa langsing tumbuh mu sebab nilainya tidak sama untuk setiap orang. Misalnya, seseorang yang tinggi badannya 160 cm pastinya mempunyai berat badan ideal yang tidak sama seperti orang yang tingginya 180 cm. 

Cara Menghitung Berat Badan

Jika kamu ingin mengetahui berat badan ideal mu, maka kamu dapat membandingkan dengan tinggi badan yang kamu miliki saat ini. Oleh sebab itu, sebelum kamu menghitung berat badan ideal ini, ada baiknya ketahui terlebih dahulu berapa tinggi badan mu.

Cara mudah yang bisa kamu lakukan yakni dengan menggunakan rumus berat badan ideal dari seorang dokter bedah asal Prancis yaitu Pierre Paul Broca. Berikut ini cara memakai rumus Broca. 

  • Berat badan normal= tinggi badan – 100 

Misalnya, apabila kamu memiliki tinggi badan 160, dengan berat badan ideal mu adalah 60 kg. Tetapi, rumus tersebut tidak mempertimbangkan dari segi jenis kelamin dan hanya bisa digunakan pada orang yang tinggi badannya tidak melebihi 165 cm. 

Berat badan ideal wanita dan pria tentunya berbeda. Karena, pria lebih banyak mempunyai massa otot daripada wanita, sementara wanita lebih banyak mempunyai komposisi lemak pada tubuh. Ini juga yang menjadikan wanita lebih mudah dan cepat gemuk daripada kaum pria. 

Inilah mengapa rumus Broca guna menghitung berat badan ideal untuk wanita dan pria pun berbeda. Dibawah ini rumus yang dapat kamu pakai: 

  • Wanita: Berat badan ideal= (tinggi badan-100)-((tinggi badan-100) x 15%)
  • Pria: Berat badan ideal= (tinggi badan-100)-((tinggi badan-100) x 10%)

Sebagai contoh, bila kamu wanita yang mempunyai tinggi badan sekitar 158 cm, maka berat badan ideal yang kamu peroleh yaitu 58-8,7= 49,3 kg. Sedangkan, bila kamu merupakan pria yang memiliki tinggi badan 170, maka berat badan ideal yang kamu dapatkan sekitar 70-7=63 kg. 

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Berat Badan Susah Turun Walaupun Sudah Diet

Cara Memiliki Berat Badan Ideal 

Tidak hanya menghitung berat badan ideal, kamu juga mengetahui cara mendapatkan dan menjaganya. Kamu tidak perlu membatasi asupan makan secara drastis, karena hal tersebut justru berakibat buruk untuk kesehatan. 

Kuncinya yaitu dengan menyeimbangkan energi yang kamu masukan dalam tubuh dan yang keluar. Apabila kamu harus menurunkan berat badan guna mencapai berat badan ideal, berarti energi yang perlu kamu keluarkan harus lebih besar dibandingkan dengan yang masuk. Begitu juga sebaliknya. 

Kamu bisa mendapatkan hal tersebut dengan cara diet, namun pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan diet ini. Diet tidak selalu dihubungkan dengan usaha untuk menurunkan berat badan maupun mengatur asupan makan. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya juga benar. 

Secara sederhananya, diet adalah pola makan yang kamu lakukan guna mencapai sebuah tujuan seperti untuk menurunkan berat badan atau menambah berat badan, memulihkan tubuh dari penyakit atau sesederhana ingin menerapkan pola hidup sehat. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memiliki berat badan ideal, seperti: 

  1. Mengatur porsi makan 

Kamu perlu mengatur porsi makan sesuai dengan kebutuhan. Kurangi sedikit demi sedikit bila kamu harus menurunkan berat badan dan tambahkan bila harus menambahkan berat badan.

  1. Sarapan 

Tidak sedikit orang yang mengabaikan sarapan guna menurunkan berat badan. Padahal, sarapan tidak cuma bisa memberikan energi untuk tubuhmu bisa beraktivitas, namun juga menghindari keinginan untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan pada pagi maupun sore hari. 

  1. Terapkan pola makan dengan disiplin 

Berat badan bisa menjadi tidak stabil jika kamu tidak disiplin dan konsisten untuk menerapkan pola makan. Oleh sebab itu, buatlah menu makan untuk seminggu, termasuk ketika kamu ingin bepergian supaya pola makan tetap sama walaupun sedang berkegiatan. 

  1. Konsumsi buah dan sayur 

Buah dan sayur sama pentingnya guna menambahkan atau menurunkan berat badan. Kedua jenis makanan ini bisa menjadikan kamu kenyang lebih lama, mengontrol kolesterol dan gula darah, melancarkan pencernaan, dan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. 

  1. Rutin berolahraga 

Olahraga bisa membantumu membakar kalori untuk menurunkan berat badan. Sedangkan untuk yang ingin menaikkan berat badan, olahraga dapat membangun massa otot. Kamu bisa melakukan olahraga setiap hari selama 30 menit 

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Rendah Kalori, Berat Badan Turun Cepat

Nah, itu tadi cara menghitung berat badan ideal yang bisa kamu lakukan dan cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan berguna untuk kamu, ya!

Jangan lupa buat kamu yang mau jaga berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat, selalu andalkan Astro! Astro menyediakan pilihan makanan sehat yang berkualitas dan segar. Pesan di aplikasi Astro sekarang yang bisa di Download di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu