20 Jenis Makanan Rendah Kalori, Berat Badan Turun Cepat

Jenis Makanan Rendah Kalori, Berat Badan Turun Cepat

Apakah kamu merasa insecure dengan berat badanmu dan ingin punya berat badan yang ideal ? Salah satu cara tepat yang bisa kamu lakukan yaitu dengan konsumsi makanan rendah kalori. 

Kalori sendiri merupakan kandungan dalam makanan yang kemudian diolah menjadi sumber energi, di mana akan digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpa kalori yang cukup, maka tubuhmu pasti akan terasa lemas. Namun jumlah kalori yang masuk juga tidak boleh berlebihan karena sisa kalori tersebut nantinya disimpan menjadi energi cadangan berbentuk lemak.

Apabila kalori yang terserap menjadi lemak lebih banyak dibandingkan yang digunakan untuk aktivitas, maka berat badan tentu akan semakin naik. Itulah sebabnya mengonsumsi makanan rendah kalori merupakan pilihan tepat untuk turunkan berat badan.

Ini Dia Pilihan Jenis Makanan yang Rendah Kalori

Penasaran apa saja jenis makanan yang termasuk rendah kalori ? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini. 

1. Telur Ayam

Kalori yang terkandung dalam sebutir telur yaitu hanya sekitar 72 kalori dengan kandungan protein sebesar 6 gram. Belum lagi kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah sehingga baik untuk tubuh. 

2. Dada Ayam 

Meskipun lebih banyak dagingnya, dalam 100 gram dada ayam tanpa kulit mengandung lemak dan kalori paling sedikit yaitu 195 kalori dengan lemak sekitar 7 gram. Dan termasuk jenis makanan yang tinggi protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Ikan Tuna

Jenis makanan yang memiliki kandungan kalori rendah yaitu ikan laut yang dagingnya berwarna kemerahan seperti ikan tuna. Pasalnya setiap 100 gram ikan tuna hanya terdapat sekitar 108 kalori dengan 23 gram protein. 

4. Tahu

Sebagai sumber protein nabati, tahu dipercaya mampu untuk menurunkan berat badan karena termasuk rendah kalori. Pada tahu yang direbus ada sekitar 4,7 gram lemak, 10,9 gram protein dan 80 kalori.

5. Nasi Merah

Nasi merah merupakan sumber karbohidrat yang disarankan untuk para pejuang diet. Dalam 100 gram nasi merah hanya terkandung 110 kalori dengan serat yang tinggi yaitu 1,8 gram. Selain itu, kandungan gizinya juga lebih banyak dibandingkan nasi putih. 

6. Ikan Berdaging Putih

Ikan yang dagingnya berwarna putih memiliki kalori yang relatif rendah ketimbang ikan berdaging merah atau gelap, seperti tuna dan salmon. Umumnya, ikan berdaging putih hanya mengandung 85 hingga 130 kalori saja. Contoh ikan berdaging putih yaitu gindara, dori, kakap, dan lain-lain.

7. Kentang

Pilihlah kentang sebagai pengganti nasi karena termasuk makanan rendah kalori meskipun mengandung karbohidrat yang tinggi. Setiap 100 gram kentang hanya ada sekitar 144 kalori, 2,6 gram protein dan 3 gram serat. 

8. Wortel

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, wortel juga bisa dikonsumsi sebagai menu dietmu. Karena 100 gram wortel hanya mengandung 41 kalori saja. Kamu bisa mengonsumsinya menjadi sup atau dalam bentuk jus. 

9. Oatmeal

Makanan rendah kalori berikutnya bisa juga dijadikan alternatif pengganti nasi putih. Dengan mengonsumsi oatmeal, kamu akan tetap merasa kenyang meskipun kalorinya rendah. Protein yang terkandung dalam semangkuk oat pun hampir sama jumlahnya dengan satu butir telur.

10. Jamur

Jenis makanan yang termasuk fungi ini sudah cukup populer dijadikan sebagai menu diet sehat. Jamur yang sudah diolah menjadi masakan hanya akan menghasilkan 77 kalori saja. Beberapa jamur yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan yaitu jamur kancing, tiram, shitake, dan enoki.

11. Brokoli

Kandungan serat pada brokoli cukup tinggi dan berkalori rendah. Sehingga sayuran ini bisa dijadikan sebagai pelengkap menu diet. Dalam 100 gram brokoli ada sekitar 34 kalori dengan 2,6 gram serat dan 2,8 gram protein. 

12. Terong

Kalori yang terkandung dalam terong yaitu sekitar 24 kalori saja setiap 100 gramnya. Tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, terong juga ampuh mengendalikan kadar kolesterol.

13. Alpukat

Buah ini mengandung lemak baik dan rendah kalori yaitu sekitar 160 kalori dalam setiap 100 gramnya. Kamu bisa menyajikan alpukat menjadi salad maupun jus buah tanpa gula.

14. Pepaya

Selai rendah kalori, pepaya juga ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan.  Jumlah kalori dalam setiap 100 gram pepaya hanya 43 kalori saja. Sehingga pepaya cocok untuk melengkapi menu dietmu.

15. Selada Romaine

Jenis sayuran ini biasanya digunakan untuk tambahan sandwich atau salad sayur. Sekitar 6 gram atau sehelai selada romaine hanya mengandung 1 kalori saja karena tinggi akan serta serta kandungan airnya.

16. Tomat

Berikutnya ada tomat yang juga berkalori rendah. Pada 100 gram tomat biasa, kalorinya hanya sekitar 18 kalori saja. Sedangkan 5 butir tomat ceri mengandung 20 kalori. Tomat bisa diolah menjadi sebuah masakan maupun jus.

17. Kaldu Ayam

Kaldu ayam atau kuah sisa rebusan ayam juga memiliki jumlah kalori yang sedikit. Segelas kaldu ayam mengandung sekitar 7-12 kalori saja. 

18. Lobak

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram lobak mengandung 21 kalori sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi juga akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. 

 19. Kacang-kacangan 

Jenis makanan rendah kalori selanjutnya terdapat pada kacang-kacangan yang tinggi protein. Contoh kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi untuk  dijadikan cemilan sehat yaitu edamame dan almond. 

20. Semangka

Semangka termasuk buah yang kalorinya rendah yakni sekitar 30 kalori (tiap 100 gram). Selain itu, semangka juga kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C yang baik bagi tubuh.

Itulah tadi 20 jenis makanan rendah kalori yang bisa kamu coba sebagai menu diet. Kamu bisa membeli daging dan buah-buahan segar serta makanan dengan kalori rendah lainnya di aplikasi Astro, lho ! Belanja cepat sampai hanya 15 menit dan dilayani 24 jam penuh hanya di Astro!

Dengan Astro, kamu bisa berbelanja kebutuhan harianmu dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet. Tinggal buka aplikasi, pilih barang yang kamu inginkan, dan bayar dengan mudah melalui aplikasi. Tidak perlu keluar rumah atau antri lama di supermarket, semuanya bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi Astro.

Jangan ragu untuk mencoba dan rasakan kemudahan berbelanja dengan Astro. Yuk, download aplikasi astro sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja untuk kebutuhan harianmu. 

Arie Wahyu
Arie Wahyu