Ini Alasan Kenapa Berat Badan Susah Turun Walaupun Sudah Diet

Ini Alasan Kenapa Berat Badan Susah Turun Walaupun Sudah Diet

Berat badan susah turun walaupun sudah diet? Bisa jadi kamu tidak menjalankan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan sehat dengan konsisten. Beberapa orang pasti nya pernah mengalami hal tersebut. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui berbagai faktor yang membuat berat badanmu susah turun. Di bawah ini faktor yang mengakibatkan berat badan susah turun. 

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

1. Stres berlebihan 

Jangan menganggap remeh, bila secara sadar maupun tidak kamu sebenarnya dengan stres dan hal tersebut bisa mengganggu keberhasilan dietmu. Ketika ingin mengurangi berat badan, pastikan lebih dulu jika tubuh kamu dalam fungsi yang bagus dan kadar hormon sangat stabil. 

Apabila sepanjang waktu kamu mengalami stres, maka tubuhmu bisa lebih banyak memproduksi hormon stress yaitu kortisol. Nah, hormon ini pun bisa merangsang rasa lapar yang akhirnya meningkatkan nafsu makanmu. 

Jika hal tersebut terjadi, tentunya diet kamu bisa gagal dan berakhir dengan berat badan yang susah turun. Sehingga ada baiknya kamu mengelola stres dengan benar dengan melakukan aktivitas yang bisa membuat tubuh mu rileks dan tenang. 

2. Kurang tidur 

Tidur sangat penting guna menjaga kesehatan tubuhmu. Dikutip dari situs healthline, sebuah penelitian mengungkapkan jika kurang tidur berkaitan dengan obesitas. Karena kurang tidur dapat membuat kamu merasa lapar, tidak ada motivasi berolahraga dan menimbulkan rasa lelah. 

Tidur merupakan pilar kesehatan, bila kamu sudah melakukan semuanya dengan benar namun tidak bisa menghabiskan waktu tidur secara maksimal, maka otomatis kamu tidak dapat melihat hasil yang kamu harapkan. Akhirnya berat badan pun ikut gagal terjadi. 

Apabila kamu mempunyai gangguan tidur seperti insomnia, ada baiknya mengunjungi dokter guna mengatasinya supaya tidak mengganggu proses dietmu. Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan kualitas tidur seperti: 

  • Tidurlah pada waktu yang sama setiap hati. 
  • Lakukan suatu hal yang menenangkan sebelum kamu tidur. 
  • Jangan mengkonsumsi alkohol untuk beberapa jam kedepan sebelum tidur. 
  • Matikan lampu saat ingin tidur. 
  • Hindari kafein sesudah jam 2 siang. 

3. Hindari mengkonsumsi susu dan olahan susu 

Walaupun rendah karbohidrat, bila terlalu banyak mengkonsumsi susu ini dapat menimbulkan masalah. Karena, kandungan protein yang sangat tinggi pada susu dan produknya bisa mempengaruhi metabolisme energi dalam tubuh. 

Protein pada susu dan produknya dapat meningkatkan insulin yang tinggi sama dengan karbohidrat. Lama-kelamaan hal tersebut dapat mengakibatkan menumpuknya energi dan lemak pada tubuh. Oleh karena itu, berat badan sulit untuk turun meskipun telah melakukan diet. 

4. Olahraga sembarangan 

Olahraga yang benar bisa menurunkan berat badan, membuat kamu selalu merasa segar dan meningkatkan massa otot. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk melakukan latihan dengan benar tidak hanya sembarang olahraga. 

Misalnya seperti olahraga latihan dengan intensitas rendah, latihan interval dan angkat beban. Jenis latihan dengan tepat bisa membantu keberhasilan diet kamu secara optimal. 

5. Penggunaan obat 

Beberapa obat-obatan dikenal guna merangsang penambahan berat badan. Apabila efek samping dari obat kamu yaitu bertambahnya berat badan, maka kamu perlu berkonsultasi ke dokter. Mungkin terdapat obat lain dengan fungsi yang sama dan tanpa ada efek penambahan berat badan. 

Apabila berat badan susah turun tetapi kamu sudah berhenti mengkonsumsi obat tersebut, mungkin saja kamu mengalami keadaan medis lain yang mengakibatkan berat badan terus bertambah. Konsultasikan langsung ke dokter kamu jika hal tersebut tidak kunjung membaik. 

Baca Juga: Penjelasan Apa Benar Makan 2 Kali Sehari Bisa Menurunkan Berat Badan

6. Terlalu sering makan junk food

Untuk kamu yang sedang diet, memang bukan masalah bila sesekali mengkonsumsi junk food. Tetapi, jangan sampai kamu terlalu banyak mengkonsumsi banyak junk food sehingga bisa menghancurkan program diet yang telah dijalankan. 

Berat badan sulit menurun yang kamu alami ini disebabkan oleh kamu yang tidak disiplin dan memiliki dengan benar kapan waktunya mengkonsumsi junk food dan tidak. Pastikan jadwal “kebebasanmu”, cukup sekali dalam satu minggu. Walaupun diperbolehkan, kamu pun wajib bisa mengendalikan diri. 

7. Hanya fokus rendah karbo, tidak peduli porsinya 

Diet rendah karbohidrat tidak berarti hanya menentukan makanan yang rendah karbohidrat saja lalu secara bebas mengkonsumsi makanan lainnya. Pastinya bila berlebihan mengkonsumsi makanan tinggi akan protein, akan menyebabkan dampak yang tidak baik. 

Ingat sumber makanan berprotein pun memiliki kandungan lemak di dalamnya yang bisa mempengaruhi berat badan mu bila mengkonsumsinya terlalu banyak. Untuk itu, pastikan bila kamu tidak makan secara berlebihan, agar berat badan ideal dapat tercapai. 

8. Tidak minum air putih 

Dikutip dari Healthline, mengkonsumsi air putih dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Pada salah satu penelitian mengungkapkan seseorang yang meminum air putih sebanyak setengah liter dalam 30 menit sebelum makan bisa menurunkan berat badan sebanyak 44% daripada mereka yang tidak sama sekali tidak melakukannya. 

Air putih sudah terbukti menambahkan jumlah kalori yang terbakar sekitar 24%-30% dalam 1.5 jam. 

9. Mengkonsumsi banyak gula  

Faktor berikutnya yang mengakibatkan sulitnya turunkan berat badan yaitu mengkonsumsi minuman manis atau minuman banyak gula. Minuman manis yang dimaksud tidak hanya cola namun juga vitamin water dan jus kemasan. 

10. Terlalu sedikit makan 

Hal tersebut mungkin terdengar aneh, tetapi nyatanya jika kamu melewatkan waktu makan atau menjalani program diet sangat rendah kalori dapat menjadikan tubuh membakar kalori yang sangat lambat. 

Baca Juga: Resep Makanan Diet Mayo Terbukti Aman dan Berhasil Turunkan Berat Badan

Nah, itu tadi ulasan mengenai berat badan susah turun walaupun sudah diet. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu dalam menurunkan diet secara efektif. Jangan lupa untuk memperbaiki pola makan dan tidur yang cukup agar diet kamu berhasil. Astro siap bantu kamu menjalankan pola hidup sehat dengan makanan-makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan lainnya yang bisa kamu pesan dari rumah saja. Yuk, pesan sekarang di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu