Penjelasan Apa Benar Makan 2 Kali Sehari Bisa Menurunkan Berat Badan

Penjelasan Apa Benar Makan 2 Kali Sehari Bisa Menurunkan Berat Badan

Makan 2 kali sehari bisa menurunkan berat badan merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk menurunkan berat badan. Dalam diet yang satu ini kamu hanya boleh makan 2 kali sehari dengan waktu yang sudah ditentukan seperti pada jam 12 siang dan jam 6 sore. 

Tetapi, walaupun diet dengan makan 2 kali sehari ini kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Kamu harus tahu jika tingkat keberhasilannya hanya 50% saja. Sebab, tergantung dari makanan apa yang kamu konsumsi. Apabila kamu masih mengkonsumsi makanan sembarangan dan tinggi lemak, tentu saja cara diet mu ini menjadi sia-sia. 

Dikutip dari laman Alodokter, diet dengan mengkonsumsi makanan sebanyak 2 kali dalam sehari tidak dapat dipastikan menjadi diet yang sehat atau aman dan berhasil, sebab bila kamu terapkan ilmu tersebut, tetapi asupan kalorinya banyak dan juga menu makanannya tidak benar serta tidak dibarengi dengan rajin berolahraga, mungkin saja diet tersebut tidak bisa berhasil dan bila turun terlalu signifikan juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi menu diet yang sehat misalnya membatasi kalori yang umumnya sekitar 2000 kalori dalam sehari, tetapi memang yang paling sesuai dengan keadaan tubuhmu, kamu perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi, sebab mengkonsumsi makanan berdasarkan jumlah kalorinya juga merupakan hal yang penting. 

Terlebih untuk kamu yang berniat menurunkan berat badan, mungkin kamu bisa menerapkan pola makan diet sehat seperti berikut ini. 

Terapkan Pola Makan Diet Sehat Ini untuk Turunkan Berat Badan 

Kunci dari diet sehat yaitu menyeimbangkan jumlah kalori yang kamu konsumsi dengan yang dikeluarkan. Tidak hanya itu, diet sehat juga berarti kamu perlu menerapkan pola makanan sehat seperti ulasan di bawah ini. 

1. Jangan lewatkan waktu makan 

Menunda atau sampai melewatkan waktu makan, khususnya sarapan, bisa membuat tubuhmu kekurangan energi. Kebiasaan yang satu ini juga bisa mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin A, vitamin C, zinc, folat, magnesium, kalsium dan protein. 

2. Makan sebelum lapar 

Kamu dianjurkan untuk makan sebelum merasa lapar. Dengan begitu, porsi makan mu bisa lebih terkontrol dan kamu menjadi mudah merasa kenyang. Jangan ngemil atau makan ketika kamu telah merasa sangat kelaparan atau saat kamu sedang stres atau cemas. 

Apabila kamu makan pada keadaan tersebut, dorongan untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak akan semakin tinggi, sehingga kamu akan susah untuk mengelola porsi makan dan jenis makanan yang kamu makan. Dampaknya, berat badan susah untuk dikendalikan. 

3. Kurangi kebiasaan ngemil 

Membatasi kebiasaan mengkonsumsi banyak cemilan guna mengisi waktu luang atau menghilangkan rasa lapar, apalagi camilan yang tidak sehat seperti gorengan, keripik, seblak, dan makanan sejenisnya. 

Walaupun terasa lezat, jenis camilan ini mengandung sangat banyak lemak jahat, garam, gula tetapi rendah akan kandungan nutrisinya. Untuk menggantikan camilan tersebut, kamu bisa mengkonsumsi camilan sehat seperti buah, plain yoghurt, telur rebus dan kacang almond. 

Hindari Makanan ini Ketika Diet 

Untuk menjalani pola makan sehat, kamu perlu mengurangi konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula, lemak jenuh dan garam tambahan. Anjuran mengkonsumsi lemak, gula dan garam oleh pemerintah RI yaitu: 

  • 67 gram atau 5 sendok makan lemak per hari
  • 5 gram atau 1 sendok teh garam per hari 
  • 50 gram atau 4 sendok makan per hari 

Pilihan Makanan Sehat untuk Diet 

Pilihan minuman dan makanan yang kamu konsumsi harus dengan keperluan kalori tubuh per harinya. Kamu dapat mencukupi asupan kalori tersebut dari beragam makanan, seperti sayuran, buah-buahan, daging, ayam, ikan, dan telur. 

Jika kamu mengonsumsi minuman dan makanan kemasan, kamu dapat menyesuaikan kalori yang masuk dalam tubuh dengan cara melihat total kalori yang umumnya terdapat di label kemasan. Umumnya, terdapat beberapa pilihan makanan yang dapat kamu konsumsi ketika menjalani pola makan sehat, seperti: 

  • Minyak sehat, seperti minyak canola, minyak kedelai dan minyak sayur
  • Sumber protein, termasuk kacang-kacangan, daging, telur, unggas, dan makanan laut 
  • Susu rendah lemak dengan produk turunannya seperti keju dan yoghurt 
  • Biji-bijian atau serealia, seperti brown rice, oatmeal dan gandum utuh 
  • Buah-buahan, misalnya apel, pisang, mangga dan buah naga 
  • Sayuran, seperti wortel, sawi, ubi, jamur, brokoli dan bayam 

Anjuran Jumlah Asupan Kalori Harian 

Berat badan mu bisa meningkat ketika jumlah kalori yang dikonsumsi berlebihan dari kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, apalagi jika kamu tidak rajin berolahraga. Karena, kelebihan kalori yang tidak dipakai tubuh akan disimpan menjadi lemak. 

Oleh sebab itu, supaya berat badan tetap ideal dan kesehatan tubuh selalu terjaga, jumlah kalori harian yang kamu konsumsi harus seimbang. Berikut rekomendasi asupan kalori harian berdasarkan umur menurut Kemenkes RI: 

  • 2.400-2.650 kalori untuk perempuan hamil dan menyusui 
  • 2.150-2.650 kalori untuk dewasa 
  • 2.000-2,650 kalori untuk remaja 
  • 1.650 kalori untuk anak umur 7-9 tahun 
  • 1.350-1.400 untuk anak umur 1-6 tahun 

Nah, jadi makan 2 kali sehari bisa menurunkan berat badan ini belum tentu menjadi cara diet yang efektif jika kamu masih mengkonsumsi makanan sembarangan yang kaya akan lemak. Kamu bisa mulai mengkonsumsi beberapa rekomendasi makanan sehat di atas untuk membantu menurunkan berat badan.

Buat kamu yang mau belanja bahan makanan sehat seperti di atas dengan cara praktis dan nggak ribet, kamu bisa belanja online di aplikasi Astro. Astro menyediakan berbagai bahan makanan sehat untuk dukung program diet kamu. Selain praktis, belanja di Astro juga nggak perlu nunggu lama, karena hanya dalam hitungan menit pesanan kamu akan sampai. Yuk, belanja sekarang di Astro!

Download aplikasi Astro di smartphone kamu sekarang! Cek & download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store.

Referensi:

Tips Pola Makan untuk Diet Sehat

Tepatkah diet hanya makan 2 kali sehari?

Sumber Gambar: Shutterstuck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *