Jenis Olahraga Untuk Menambah Berat Badan, Pasti Sehat

Jenis Olahraga Untuk Menambah Berat Badan, Pasti Sehat

Olahraga biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan, akan tetapi apakah kamu tahu ada olahraga untuk menambah berat badan? Tulisan ini akan menjelaskan beberapa jenis olahraga yang bermanfaat untuk menambah berat badan.

Bagi kamu yang kurus dan ingin menaikkan berat badan, apakah kamu berpikir untuk memperbanyak porsi makan? Jika kamu berpikir seperti itu maka sebenarnya kamu berpikir dengan cara yang kurang tepat, karena menambah berat badan dengan memperbanyak porsi makan justru tidak sehat.

Jika kamu menambah berat badan dengan cara memperbanyak makan melebihi porsi normal, justru berat badanmu akan bertambah dengan cara tidak sehat, sebaiknya kamu ikuti beberapa jenis olahraga berikut ini yang dipercaya ampuh menaikan berat badan, dikutip dari alodokter.com.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Olahraga yang Ampuh Menambah Berat Badan

Kamu harus perhatikan dan pilih beberapa jenis olahraga di bawah ini yang dapat menambah berat badanmu, Jika salah satu dari beberapa jenis olahraga ini dirasa baik dan nyaman untuk kamu lakukan, silahkan lakukan jenis olahraga itu secara intensif atau setiap hari.

1. Tricep dips

Olahraga untuk menambah berat badan yang satu ini adalah tricep dips. Olahraga ini bertujuan untuk membentuk otot lengan dan juga bahu, dengan demikian juga berat badan kamu akan bertambah. Pilih jenis olahraga ini apabila kamu berminat, berikut ini beberapa gerakannya.

Kamu harus duduk di ujung kursi, kemudian kamu harus cengkeram sisi atau bagian samping kursi dengan sangat kuat. Setelah itu silahkan buka kakimu selebar pinggul dan rentangkan ke depan. Gunakan kekuatan tangan untuk mengangkat tubuhmu melewati ujung kursi agar tubuhmu dalam posisi melayang.

Selanjutnya, silahkan turunkan tubuhmu secara perlahan hingga posisi siku membentuk sudut 45 sampai 90 derajat. Setelah itu silahkan dorong tubuhmu lagi ke atas sampai kedua lenganmu hampir lurus. Sebaiknya kamu ulangi gerakan itu setiap hari sebanyak 3 kali dengan durasi 10 detik per gerakan.

2. Push up

Jenis olahraga selanjutnya adalah push up. Kamu mungkin sering melakukan gerakan olahraga yang satu ini, namun apakah kamu tahu bahwa gerakan push up ternyata bisa menambah berat badan? Push up dapat membentuk otot tubuh bagian atas dan menambah berat badanmu.

Gerakan tubuh yang satu ini tentu sudah sangat kamu pahami, karena mungkin kamu pernah melakukannya atau bahkan sering, namun yang terpenting adalah pastikan gerakan push up itu kamu lakukan dengan benar. Kamu bisa mengulang gerakan itu beberapa kali sesuai kekuatan tubuhmu.

Baca Juga: Kenali Jam Makan Untuk Menambah Berat Badan yang Tetap Sehat

3. Pull up

Olahraga pull up merupakan jenis olahraga bodyweight exercise yang ampuh untuk menambah berat badan kamu. Kamu dapat melakukan olahraga yang satu ini dengan memanfaatkan palang pintu sebagai tumpuan. Olahraga ini juga akan membentuk otot tubuh bagian atas dan menambah berat badan.

Silahkan pegang erat palang pintu, pastikan tumpuan yang kamu pegang itu kuat untuk menahan berat badanmu. Pastikan tubuhmu menggantung kemudian angkat tubuhmu ke atas dengan otot tangan yang bertumpu kepada palang pintu, lakukan beberapa kali sesuai dengan tenagamu.

4. Traditional flat bench press

Jenis olahraga yang satu ini juga bisa dilakukan untuk menambah berat badan kamu, namun kamu membutuhkan barbel dan bangku yang datar untuk melakukan olahraga yang satu ini. Traditional flat bench press menjadi salah satu gerakan olahraga yang dapat melatih otot tubuh bagian atasmu.

Kamu harus berbaring di bangku yang datar, kemudian cengkeram barbel dan pastikan posisi tangan lebih dari bahu, taruh barbel searah di atas bahumu. Kamu juga harus pastikan telapak kaki menyentuh lantai. Setelah itu angkat lalu turunkan palang barbel secara perlahan, lakukan sampai 45 menit.

5. Dumbbell shoulder squat

Jenis olahraga yang satu ini adalah dumbbell shoulder squat, gerakan ini juga akan membantumu menambah berat badan. Sebenarnya gerakan ini juga bermanfaat untuk memperkuat otot paha depan, paha belakang, pinggul dan bahu. Namun juga bisa menambah berat badan kamu.

Kamu harus pegang dumbbell di kedua tangan, kemudian tekuk siku sampai alat itu berada di atas bahu. Selanjutnya buka kaki selebar pinggul, tumit kamu menjadi tumpuannya. Kemudian turunkan tubuh secara perlahan hingga posisi paha sejajar dengan lantai.

Kamu harus menahan posisi seperti itu selama satu atau dua detik, pastikan tidak lebih dan tidak kurang bagi kamu yang pemula. Setelah itu gunakan kekuatan kaki untuk meluruskan lutut dan pinggul sampai kamu berhasil kembali ke posisi semula, yaitu posisi berdiri.

Baca Juga: Resep Makanan Tinggi Kalori Untuk Menambah Berat Badan yang Menyehatkan 

Demikian penjelasan tentang jenis olahraga yang menambah berat badan, sebaiknya kamu pilih salah satu dan lakukan olahraga itu secara intensif. Selain itu, kamu juga bisa membantu proses penambahan berat badan dengan memakan makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang sehat.

Selain itu kamu juga bisa bahan makanan sehat yang membantumu menambah berat badan. Jika kamu ingin menghemat waktu, ingin mudah mendapatkan produk yang dimaksud, kamu bisa belanja online melalui Astro.

Astro siap membantu gaya hidup sehat kamu dengan waktu operasional selama 24 jam penuh dan pengiriman cepat dalam hitungan menit. Pesan bahan makanan sehat online di Astro mudah dan nggak perlu nunggu lama!

Download aplikasi Astro sekarang! Tersedia di Google Play Store & App Store

Referensi:

6 Pilihan Olahraga untuk Menambah Berat Badan

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu