Jenis Makanan Diet Golongan Darah O yang Sehat

Jenis Makanan Diet Golongan Darah O yang Sehat

Tentunya mempunyai tubuh ideal sangat diidam-idamkan banyak orang, namun tidak semuanya dapat menjaga berat badan kesehatan dengan benar. Tidak sedikit orang yang melakukan banyak cara supaya dapat memperoleh berat badan yang ideal. Hal yang paling sering dilakukan yaitu diet ketat, sedot lemak dan lainnya sampai menimbulkan dampak buruk yang bisa merusak kesehatan. 

Nah, supaya tidak salah untuk menerapkan diet untuk mu, kamu bisa coba makanan diet golongan darah O. Diet yang satu ini merupakan diet yang dilakukan sesuai dengan jenis golongan darah. Lalu, apa saja jenis makanan diet untuk golongan darah O yang sehat? Mari lihat ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Daftar Jenis Makanan untuk Diet Golongan Darah O 

Untuk kamu yang mempunyai darah tipe O dan ingin melakukan diet sehat, maka sebelumnya kamu harus memperhatikan asupan gizi sejak awal, yaitu mengkonsumsi makanan tinggi protein, khususnya dari jenis hewani, rendah susu dan rendah lemak. 

Tidak terlalu sulit, jenis makanan diet golongan darah O ini mudah untuk ditemukan karena cara diet yang satu ini hanya fokus dengan menu harian yang kaya akan gizi tanpa perlu melakukan hal-hal yang ekstrim. Supaya lebih jelas, di bawah ini ada beberapa makan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk diet golongan darah O: 

1. Daging dan ikan 

Ikan dan daging merupakan makanan yang sangat bagus untuk dimakan oleh golongan darah O. Mengkonsumsi seafood dan daging merah bisa membantu golongan darah O untuk menurunkan berat badan. Sumber protein hewani yang paling bagus untuk diet golongan darah O, yaitu: 

Sebenarnya orang dengan golongan darah O dapat mengkonsumsi daging dan ikan apa saja, kecuali beberapa jenis ini: 

  • Bacon atau daging babi asap 
  • Ham 
  • Ikan lele 
  • Daging babi 
  • Gurita 
  • Kaviar 
  • Salmon asap 

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian 

Buah yang diyakini mempunyai manfaat untuk golongan darah O yaitu pisang dan mangga. Lalu, beberapa buah yang perlu dihindari adalah kiwi, kelapa, stroberi, jeruk, blewah, melon madu dan melon biasa. 

3. Sayuran 

Sayuran yang bagus untuk diet golongan darah O yaitu brokoli, buncis, bayam, kangkung, daun bawang, dan daun seledri. Sementara itu, sayur yang perlu dihindari seperti jagung, terong, kentang, jamur shitake, kol bunga, kubis dan sawi hijau. 

Resiko dari Diet Golongan Darah O 

Sampai detik ini, belum ditemukan penelitian yang membuktikan jika diet golongan darah 0 benar-benar efektif untuk turunkan berat badan. Pola diet yang satu ini justru dianggap mempunyai resiko, terlebih lagi bila dilakukan tanpa ada pengawasan dari dokter. 

Risiko yang menghantui para pelaku diet ini yaitu tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi dan zat tertentu. Hal tersebut sebab berbagai jenis makanan perlu dibatasi, bahkan tidak boleh dimakan selama melakukan program diet ini. 

Risiko lainnya yang dapat terjadi yaitu sembelit. Hal ini dihubungkan dengan saran konsumsi bahan makanan dengan kandungan protein tinggi tanpa mengimbangi dengan mengkonsumsi karbohidrat dan serat yang cukup. 

Baca Juga: Jenis Buah yang Bagus Untuk Melancarkan Pencernaan

Tips Diet yang Benar dan Sehat 

Diet untuk menurunkan berat badan harus kamu lakukan dengan cara yang benar dan sehat seperti berikut ini. 

1. Hitung kebutuhan kalori 

Sebelum membuat daftar menu makanan, cara yang sangat tepat guna memulai diet sehat yakni dengan mengetahui kebutuhan kalori harian mu. Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori nya sendiri berdasarkan banyak faktor seperti kondisi kesehatan sampai usia. 

2. Mengelola porsi makan 

Tidak hanya kebutuhan kalori, cara diet sehat yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu mengelola porsi makan. Ketika menjalani diet, tidak berarti kamu harus menghindari banyak jenis makanan. Karena, semua jenis makanan tetap diperlukan oleh tubuh, tetapi kamu hanya perlu mengatur porsi nya dengan benar. 

Idealnya, dikutip dari website Kemenkes RI, kamu dapat membagi piring jadi 4 bagian yang terdiri dari karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan. Intinya kamu harus menyesuaikan porsi makan dengan gizi yang seimbang. 

3. Buat jadwal makan

Tidak sedikit orang yang percaya jika melewatkan waktu makan bisa menurunkan berat badan secara cepat. Nyatanya, hal tersebut tidaklah benar. Melewatkan sarapan atau makan justru menjadikan tubuhmu lebih mudah lapar, stres dan naiknya gula darah. 

Apabila kamu ingin mengurangi porsi makan, kamu dapat membagi 3 waktu makan besawe menjadi sebanyak 6 kali dengan porsi kecil dalam sehari. Kuncinya, kamu harus menghindari makanan tinggi kalori dan lemak. 

4. Makan perlahan-lahan 

Makan perlahan-lahan ternyata menjadi cara diet sehat yang banyak disepelekan. Padahal, cara ini bisa membuat kamu merasa kenyang lebih cepat. Berdasarkan Harvard Medical School, para peneliti melaporkan jika perut kenyang adalah bagian dari penyebab kepuasan makan seseorang sesudah makan. 

Faktor kepuasaan ini nyatanya dipicu dari aktivitas otak. Otak memproses berbagai sinyal rasa puas dan kenyang dari hormon yang dilepaskan saat tahapan pencernaan. Itulah mengapa makan terlalu cepat kerap kali terasa tidak mengenyangkan. 

5. Olahraga secara rutin 

Bukan hanya mengelola pola makan, cara diet sehat yang harus kamu lakukan yaitu rajin berolahraga. Ketika tubuhmu memakai energi untuk bergerak aktif, ini bisa membakar kalori dari makanan yang kamu konsumsi. Lakukan olahraga sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 30 menit, sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas mu. 

Baca Juga: 20 Jenis Makanan Rendah Kalori, Berat Badan Turun Cepat

Sekarang kamu jadi tahu jenis makanan diet golongan darah O yang bisa dikonsumsi dan yang harus dihindari serta kamu pun tahu cara diet yang benar dan sehat. Saat ingin menjalani diet, kamu jangan lupa untuk memperhatikan kesehatanmu, ya!

Untuk kamu yang mau belanja makanan sehat untuk diet, kamu bisa lakukan pemesanan di aplikasi Astro. Astro siap mengantarkan pesanan makanan sehat kamu sampai di rumah dalam waktu singkat. Cek aplikasi Astro dan temukan makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu