Jenis Buah yang Bagus Untuk Melancarkan Pencernaan

Tentunya semua orang hidup selalu melakukan BAB, tetapi tidak semua orang juga bisa BAB dengan lancar. Sulitnya buang air besar biasanya dikenal dengan konstipasi atau sembelit yang bisa mengganggu kegiatan harian. 

Kesulitan untuk buang air besar adalah masalah pencernaan yang umumnya dialami oleh banyak orang. Hal ini ditandai dengan tidak biasanya pergerakan isi perut. Masalah pencernaan di dalam usus bisa menghasilkan feses dengan tekstur yang padat dan kering sehingga susah untuk dikeluarkan. 

Tidak hanya itu, berbagai gejala lainnya yang bisa dialami yakni sulitnya buang air besar, perlu mengejan dan frekuensi BAB kurang normal yang terjadi selama kurang dari 3 kali dalam satu minggu. Untuk mendapatkan buang air besar atau pencernaan yang lancar yaitu dengan mengkonsumsi secara teratur buah yang bagus untuk melancarkan pencernaan. 

Di bawah ini ada beberapa jenis buah yang bagus untuk melancarkan pencernaan dan harus kamu konsumsi secara rutin. 

Baca Juga: Daftar Buah yang Baik Untuk Lambung, Aman Untuk Penderita Asam Lambung

Ragam Buah yang Membantu Melancarkan Pencernaan 

Jangan kamu sepelekan keadaan sulit buang air besar atau sembelit. Bila kamu biarkan, jenis masalah pencernaan yang satu ini dapat mengakibatkan komplikasi yang parah seperti: 

  • Usus tersumbat 
  • Wasir 
  • Prolaps rektum 

Normalnya, seseorang akan BAB sebanyak 1-3 kali dalam sehari. Saat sembelit, kamu akan BAB kurang dari 3 kali dalam satu minggu. Buah menjadi asupan yang diyakini bagus guna menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya, buah mempunyai kandungan serat yang bagus untuk pencernaan. 

Kamu juga harus tahu jika ada buah yang bisa membantu melancarkan BAB. Sebelum kamu mengkonsumsi obat-obatan kimia, kamu bisa coba terlebih dahulu mengkonsumsi buah-buahan yang bisa membantu melancarkan sembelit seperti berikut ini. 

1. Buah beri 

Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi jika buah beri memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya untuk sistem pencernaan. Bagaimana tidak, buah kecil yang satu ini merupakan buah yang kaya akan serat. 

Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantumu untuk mencegah sembelit, menjaga berat badan dan menurunkan sindrom iritasi usus besar. Ternyata serat tersebut dapat kamu temukan di dalam buah beri yang dianggap bisa melancarkan BAB. 

Mengkonsumsi satu porsi buah beri secara rutin ternyata dapat memenuhi asupan kebutuhan serat harian. Kamu juga dapat mengolah buah yang rasanya manis dan asam ini menjadi buah kering jika ingin kamu simpan dalam waktu yang lama. 

Walaupun demikian, buah beri kering bisa membuang vitamin yang larut pada air seperti vitamin B dan vitamin C. Tetapi, sejumlah produsen buah beri umumnya telah menambahkan nutrisi tersebut, kamu bisa cek lagi kandungan gizi yang ada di kemasan. 

2. Apel 

Tidak hanya buah beri, buah lainnya yang digadang-gadang bisa melancarkan BAB adalah apel. Karena didalam satu buah apel dengan ukuran sedang terkandung 2,8 gram serat tidak larut dan serat larut air sebanyak 1,2 gram. 

Tidak hanya itu, beberapa serat dalam buah yang satu ini pun mempunyai kandungan pektin. Jika telah berada di dalam usus, pektin akan difermentasi dengan cepat oleh bakteri sehingga menghasilkan asam lemak rantai pendek. 

Nantinya asam lemak ini bisa menarik lebih banyak lagi air ke dalam usus, sehingga bisa melunakkan feses. Yang berarti, mengkonsumsi apel setidaknya bisa membantu meringankan masalah sembelit. 

Kamu dapat mengkonsumsinya secara langsung, dicampurkan ke dalam salad atau dibuat jus, konsumsi secara rutin guna menjaga kesehatan pencernaan. 

Baca Juga: Jenis Buah Pengganti Nasi Untuk Diet, Sudah Pasti Sehat

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti buah-buahan segar di Aplikasi ASTRO!

3. Pepaya 

Di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini, buah pepaya sangat populer guna mengatasi masalah pencernaan. Kandungan vitamin A, C, E, folat dan serat di dalam pepaya ternyata bisa membantu melancarkan BAB ini. 

Hal itu pun sudah dibuktikan lewat penelitian dari Neuro endocrinology letters. Di dalam penelitian tersebut mengungkapkan jika pepaya mempunyai peran dalam menjaga kesehatan pada saluran pencernaan. 

Bahkan, buah berwarna jingga ini pun bisa membantu atasi masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar. Namun, temuan tersebut masih memerlukan penelitian lebih dalam guna mengetahui cara kerja pepaya bisa mengatasi perut kembung dan melancarkan BAB. 

4. Pisang 

Walaupun bukan menjadi buah pilihan utama untuk membantu melancarkan BAB, ternyata pisang memberikan manfaat lainnya guna kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan pisang menjadi asupan makanan yang sangat mudah untuk dicerna, khususnya sesudah sakit perut. 

Itulah mengapa, buah pisang menjadi asupan yang harus dikonsumsi jika kamu sedang mengalami diare. Bukan hanya mudah dicerna, tetapi pisang pun membantu memenuhi asupan elektrolit yang hilang karena muntah dan diare. 

Tidak hanya pisang, khususnya pisang hijau yang belum masak, tinggi akan pati resisten yang bisa menjaga kesehatan usus. Pati resisten merupakan jenis karbohidrat yang bisa diserap perlahan-lahan oleh usus kecil, hal ini tidak membuat lonjakan tajam pada gula darah. 

Di sisi lain, pati pun mempunyai peran penting untuk menghasilkan bakteri baik yang bisa membantu memproduksi asam lemak rantai pendek nantinya. Asam lemak ini sangat mungkin untuk membantu pengobatan diare, penyakit crohn dan kolitis ulseratif. 

Baca Juga: 7 Buah Penambah Darah Untuk Anemia

Nah, itulah ragam jenis buah yang bagus untuk melancarkan pencernaan dan harus kamu konsumsi secara rutin demi menghindari masalah pencernaan. Kamu bisa mendapatkan buah-buahan di atas dengan mudah hanya di Astro! 

Astro menawarkan berbagai produk kebutuhan sehari-hari, seperti buah-buahan, sayuran dan produk rumah tangga lainnya. Cukup download saja aplikasinya di Play Store dan App Store kamu bisa berbelanja dengan puas di Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu