Jenis Buah Pengganti Nasi Untuk Diet, Sudah Pasti Sehat

Jenis Buah Pengganti Nasi Untuk Diet, Sudah Pasti Sehat

Menjalani gaya hidup sehat dengan diet sekarang ini sudah menarik perhatian masyarakat. Salah satu yang paling banyak diperhatikan adalah konsumsi nasi. Sebagai salah satu makanan pokok untuk masyarakat Indonesia, nasi ada sumber karbohidrat yang nantinya akan diubah menjadi gula berfungsi untuk memberikan energi pada tubuh. 

Sayangnya, nasi sendiri termasuk bahan makanan dengan karbohidrat tinggi. Sehingga ketika dikonsumsi terlalu berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Maka tidak heran sekarang ini banyak yang mencari bahan makanan pengganti nasi. Dimana ternyata ada beberapa jenis buah pengganti nasi untuk diet sehat. Apa saja jenisnya? Ikuti ulasannya di bawah ini. 

Jenis Buah yang Bisa Jadi Pengganti Nasi 

Karbohidrat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan menjadi salah satu sumber energi. Sehingga tidak heran jika nasi menjadi salah satu asupan makanan pokok dari masyarakat Indonesia. Tapi, jika kamu sedang diet dan menghindari nasi, ada beberapa jenis buah pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi. Berikut ini adalah daftarnya: 

1. Pisang 

Buah pertama yang bisa dijadikan pengganti nasi adalah buah pisang. Jenis buah yang satu ini sendiri termasuk yang paling banyak disukai oleh orang Indonesia. Rasa buah yang manis dan juga lezat, menjadikan pisang buah yang cocok untuk diet. Ternyata, pisang mengandung karbohidrat yang terbilang cukup untuk tubuh. 

Dalam satu buah pisang sendiri terdapat kandungan karbohidrat sekitar 30 gram. Jika kamu ingin mengkonsumsi buah pisang saat diet, lebih baik tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Namun, meski begitu pisang memiliki kandungan serat tinggi. Sehingga tetap aman dikonsumsi bagi kamu yang memiliki masalah gangguan pencernaan. 

2. Apel 

Buah selanjutnya yang memiliki kandungan karbohidrat terbilang tinggi adalah apel. Dalam buah apel, karbohidrat yang terkandung sekitar 25 gram. Dimana ini menjadikan buah apel sama dengan pisang, tidak boleh berlebihan ketika dikonsumsi. Meski demikian, dalam buah apel terdapat nutrisi yang sangat menyehatkan, seperti serat larut yang mampu mengikat kolesterol jahat pada usus dan tetap menjaga kesehatan pencernaan. 

3. Semangka 

Untuk buah semangka adalah jenis yang memiliki kandungan karbohidrat rendah. Dalam 100 gram buah semangka terdapat 7 gram karbohidrat. Semangka kerap kali menjadi salah satu buah yang dikonsumsi sehari-hari. Dengan jumlah karbohidrat yang rendah, semangka bisa dijadikan camilan yang menyehatkan. Selain rendah karbohidrat, semangka memiliki kandungan air yang terbilang sangat tinggi, yaitu 92%. 

4. Nanas 

Nanas menjadi daftar selanjutnya sebagai buah yang bisa menjadi pengganti nasi selanjutnya. Buah yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat sekitar 22 gram untuk satu cangkirnya, seperti yang dilansir dari situs Doktersehat. Tidak hanya itu saja, dalam buah nanas juga ada kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, yaitu vitamin C. Kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh sebanyak 131%. 

5. Stroberi 

Buah pengganti nasi yang terakhir adalah stroberi yang mengandung sekitar 32 gram karbohidrat dalam 100 gram beratnya. Mengkonsumsi stroberi sendiri bisa jadi alternatif bagi kamu yang sedang diet. Tapi, karena kandungan karbohidratnya termasuk tinggi, lebih baik kamu mengkonsumsi buah stroberi secukupnya. Terutama bagi penderita diabetes untuk berhati-hati. Namun, stroberi sendiri kaya akan vitamin C dan antioksidan. 

Itulah beberapa jenis buah pengganti nasi untuk diet. Pada dasarnya ketika kamu sedang diet, tidak hanya memperhatikan satu kandungan nutrisi saja. Karena kebutuhan kalori setiap orang sangatlah berbeda, sehingga kamu harus memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi tidak berlebihan. 

Apabila kamu membutuhkan buah–buahan di atas, kamu bisa berbelanja melalui aplikasi Astro yang melayani selama 24 jam. Download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store sekarang, dapatkan buah-buahan segar tanpa tunggu lama!

Referensi:

7 Buah yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Ini Dia 8 Buah Untuk Diet Pengganti Makan Malam Yang Mengenyangkan !

Bingung Cari Makanan Pengganti Nasi untuk Diet? Ini 7 Pilihannya!

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu