Ini Manfaat Minum Santan Kelapa Untuk Kesehatan

Santan merupakan bahan makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Makanan yang mengandung santan umumnya bertekstur kental dan rasanya lebih gurih, seperti rendang atau opor. Dibalik rasanya yang lezat, santan pun menyimpan banyak manfaat nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Sebelum kamu mengetahui manfaat minum santan kelapa untuk kesehatan, ada baiknya kamu mengetahui lebih dulu kandungan nutrisi yang ada di dalam santan kepala seperti berikut ini. 

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur 

Nutrisi pada Santan 

Santan terbuat dari daging buah kelapa yang digiling dengan air. Hasilnya mengeluarkan cairan yang kental. Sebab rasanya yang sedikit manis dan gurih, santan dapat digunakan untuk memasak banyak jenis makanan atau diolah menjadi minuman. 

Santan sudah dipercaya menjadi bahan masakan yang mempunyai manfaat untuk tubuh sejak bertahun-tahun lalu. Hal ini kandungan berbagai nutrisi seperti pada 100 gram santan yang mengandung mineral, vitamin, lemak, protein, dan karbohidrat. Tidak hanya kandungan tersebut saja, ada kandungan lainnya seperti: 

  • 2 mg vitamin C 
  • 0,9 mg zinc 
  • 514,1 mg kalium 
  • 18 mg natrium 
  • 1,9 besi 
  • 45 mg fosfor 
  • 14 mg kalsium 
  • 5,6 gram karbohidrat
  • 34,3 gram lemak 
  • 4,2 gram protein 
  • 324 kkal energi 
  • 54,9 gram air 

Ditambah pula dengan santan yang kaya akan antioksidan sehingga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Manfaat Santan untuk Kesehatan 

Ada banyak manfaat yang dapat kamu peroleh dari mengkonsumsi santan, mulai dari berat badan ideal sampai kesehatan jantung. Di bawah ini ada berbagai manfaat yang ada di dalam santan: 

1. Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung 

Banyak yang masih menganggap jika santan tidak bagus untuk jantung sebab kadar lemaknya yang cukup tinggi dan berpotensi meningkatkan kolesterol. Padahal berdasarkan salah satu studi pada jurnal Nutrition and Metabolism Research, justru santan efektif dalam menjaga kadar kolesterol baik pada darah mu. 

Yang berarti, mengkonsumsi santan secukupnya dapat membantu kamu terhindar dari penyakit pembuluh darah dan jantung serta stroke. Tetapi, pastikan kamu tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Santan dan bahan masak lainnya di Aplikasi ASTRO!

2. Menjaga fungsi otak 

Jika kamu ingin memaksimalkan fungsi otak, kamu dapat memperoleh manfaat tersebut dengan cara mengkonsumsi santan. Santan memiliki asam lemak rantai sedang yang mudah diserap hati dan diubah jadi keton. 

Kamu harus tahu jika keton diperlukan menjadi energi yang penting bagi otak. Tidak hanya itu, keton bermanfaat untuk orang-orang yang mempunyai gangguan ingatan seperti Alzheimer. 

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam santan ini bagus menjadi sumber energi otak mu. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah yang wajar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan tertentu. 

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

3. Mencegah kanker

Manfaat lain dari mengkonsumsi santan kelapa adalah bisa mencegah kanker pada tubuh mu. Hal ini karena adanya kandungan asam laurat di dalam kelapa. Terdapat salah satu studi dari Cell Death Discovery meneliti efek dari asam laurat dalam minyak kelapa pada pertumbuhan sel kanker payudara. 

Hasil studi tersebut memperlihatkan jika asam laurat dapat membantu menghambat tumbuhnya sel-sel kanker ada penderita kanker payudara. 

4. Membangun kekebalan tubuh 

Menariknya lagi, santan juga mempunyai manfaat untuk membangun kekebalan tubuh sebab tinggi akan kandungan antioksidannya. Bahkan, berdasarkan salah satu penelitian dari Journal of Chemical and Pharmaceutical Research antioksidan yang terkandung di dalam santan sangat tinggi daripada di susu kambing dan susu sapi

Tidak hanya itu, santan pun mempunyai kandungan asam kaprat dan antimikroba yang mempunyai fungsi antivirus, antifungi dan antibakteri. Semua fungsi tersebut bisa membantu menguatkan kekebalan tubuh dari berbagai serangan infeksi virus dan infeksi bakteri yang berbahaya. 

5. Menjaga berat badan 

Berbagai pendapat mengungkapkan jika santan mempunyai kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari susu sapi asli. Memang benar jika santan mempunyai kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi kadarnya. 

Tetapi, harus kamu ingat jika jenis lemak jenuh di dalam santan merupakan trigliserida rantai sedang, bukanlah trigliserida rantai panjang. Yang berarti lemak jenuh ini sangat mudah larut pada air. 

Lemak ini pun sangat mudah untuk berpindah dari usus kecil ke hati sehingga dapat mempercepat menghasilkan energi. Sebab lemak ini langsung dibakar jadi energi, hanya ada sedikit lemak yang tersisa dan menumpuk pada jaringan lemak. 

Trigliserida rantai sedang pun dapat mempercepat metabolisme tubuh. Sehingga kamu yang ingin menurunkan berat badan dapat memperoleh asupan lemak sehat dari santan ini. 

Perhatikan Hal Ini ketika Mengkonsumsi Santan 

Terlepas dari semua manfaat santan yang banyak sekali, ada hal yang harus kamu perhatikan seperti: 

Pilih santan bebas bahan pengawet 

Santan berpeluang mengalami reaksi kimia berbahaya bila dikemas pada kaleng dengan kandungan Bisphenol-A (BPA). BPA merupakan zat kimia yang cukup berbahaya dan biasanya banyak didapati pada kemasan plastik atau logam. 

Ketika dikonsumsi dan masuk ke tubuh, BPA sangat beresiko menimbulkan masalah pada otak, khususnya untuk anak-anak dan bayi. Untuk itu, pilih santan yang bebas BPA atau kamu dapat memilih santan yang dikemas pada karton guna mengurangi risiko santan terkontaminasi zat berbahaya supaya kandungan gizi pada santan tidak terganggu.

Baca Juga: Harus Kamu Ketahui, Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

 Sesudah kamu mengetahui semua manfaat minum santan kelapa seperti ulasan di atas, tentunya kamu bisa menambahkan santan di beberapa menu makanan mu, tidak hanya membuat makanan lebih lezat, makanan mu juga bisa lebih sehat. Namun, tetap batasi jumlah penggunaannya ya!

Dapatkan santan & produk kebutuhan harian berkualitasnya hanya di aplikasi Astro! Belanja kebutuhan harian dengan cepat dan pelayanan selama 24 jam penuh di Astro! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu