Kamu Harus Tahu Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur 

Sebelum tidur mengkonsumsi air rebusan kunyit atau membuat kunyit menjadi campuran dalam teh merupakan salah satu cara terbaik agar dapat memperoleh manfaat minum air kunyit sebelum tidur. 

Kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 400 hingga 600 mg kunyit bubuk asli sebanyak 3 kali sehat atau 1-3 gram kunyit parut atau akar kunyit. Lalu, apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsi air kunyit sebelum tidur? 

Baca Juga: Ini Manfaat Kunyit Untuk Wajah yang Tidak Diketahui

Berbagai Khasiat dari Air Kunyit 

Tidak hanya digunakan untuk memperkuat warna dan rasa alami pada masakan saja, ternyata kulit pun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu rasakan: 

1. Meredakan gejala arthritis 

Kunyit menjadi rempah yang mempunyai kandungan anti inflamasi, kunyit dapat membantu kamu dalam mengurangi gejala arthritis yang sedang dialami. Namun, untuk dosisnya tentu kamu harus konsultasikan dengan dokter agar tidak salah yang mengakibatkan masalah kesehatan lainnya. 

2. Membangun fungsi kekebalan tubuh 

Tidak hanya itu, kunyit pun menjadi bahan alami yang sangat efektif guna membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Hal ini sebab kandungan antibakteri, anti inflamasi, antivirus dan antioksidan yang dimilikinya. 

3. Menekan risiko komplikasi karena gangguan kardiovaskular 

Kunyit diyakini mempunyai manfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung sebab sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dimilikinya. Dengan mengkonsumsi sekitar 4 gr kunyit per harinya selama 3 hari sebelum dan setelah 5 hari melakukan operasi bypass arteri koroner, dapat menurunkan risiko terkena infark miokard serangan jantung sampai sekitar 17%. 

4. Mencegah dan mengobati kanker 

Terdapat sifat terapeutik dari kunyit yang bermanfaat menjadi zat antikanker. Kunyit menjadi rempah yang memiliki kandungan antioksidan dan anti radang, kunyit pun dianggap bisa mengurangi resiko rusaknya sel-sel di dalam tubuh dan menghindari terjadinya mutasi sel menjadi penyakit kanker. 

Selain itu, rempah yang satu ini pun memiliki manfaat anti tumor dengan menekan pertumbuhan tumor dan juga penyebarannya dari sel-sel kanker. 

Baca Juga: Mengenali Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan 

5. Membantu kendalikan IBS 

Kunyit telah lama digunakan menjadi obat tradisional atau herbal guna mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terjadi dalam saluran dan sistem pencernaan. Salah satunya yaitu bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika mengalami IBS atau iritasi usus besar. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Kunyit dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

6. Mengobati dan menghindari Alzheimer 

Manfaat kunyit yang lainnya yakni menurunkan kemungkinan terjadinya gangguan neurodegeneratif. Manfaat antioksidan dan anti peradangan dianggap bisa menekan terjadinya peradangan, rusaknya sel dan plak atau endapan amiloid yang banyak terjadi pada penderita Alzheimer. 

Tidak hanya itu, mengkonsumsi kunyit pun membantu menghambat bahkan mencegah terjadinya berubahnya protein yang berkaitan dengan gangguan neurodegeneratif. 

7. Menjaga organ hati 

Kunyit pun membantu menjaga dan membantu kesehatan organ dalam, khususnya hati. Potensi manfaat kunyit untuk organ hati dan empedu ini bisa membantu meningkatkan pembuatan cairan empedu dalam pencernaan serta membantu menjaga sel dalam organ hati dari risiko masalah karena paparan zat kimia yang berhubungan dengan empedu. 

8. Mencegah dan mengelola diabetes 

Pengobatan secara tradisional yang telah lama menggunakan kunyit menjadi salah satu bahan alami guna membantu mencegah dan mengelola penyakit diabetes. Suplementasi dengan kandungan kunyit dianggap mempunyai kandungan anti diabetes. 

Sehingga mengkonsumsi air kunyit sebelum tidur ini sangat bermanfaat untuk para penderita diabetes. Konsumsi segelas air kunyit sebelum tidur bisa membuat kamu memperoleh manfaat yang satu ini. 

9. Merawat kesehatan paru 

Sifat anti inflamasi dan antioksidan yang ada di dalam kunyit dianggap bisa membantu meredakan gejala yang berhubungan dengan gangguan kesehatan paru akut maupun jangka panjang. Walaupun masih terbatas, ada sejumlah bukti klinis sudah menunjukkan jika kunyit efektif menjadi obat penyakit asma, cedera paru, kanker, kistik, fibrosis dan PPOK. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Cara Membuat Air Kunyit 

Untuk membuat air kunyit maupun teh kunyit sebetulnya sangat mudah untuk dilakukan. Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat kamu ikuti: 

  • Rebus ¼ gelas air matang 
  • Tambahkan 1-2 sendok teh kunyit yang telah berbentuk parut atau bubuk 
  • Biarkan mendidih sekitar 10 menit 
  • Saring teh ke gelas dan biarkan sampai hangat sebelum kamu mengkonsumsinya 

Kamu pun dapat menambahkan sejumlah bahan guna membantu menguatkan rasa maupun membantu supaya kunyit bisa terserap lebih efektif dalam tubuh. Beberapa bahan yang dianjurkan, seperti: 

Bahan yang satu ini dapat membantu menguatkan rasa teh kunyit menjadi lebih manis memberikan sifat antimikroba dan antibakteri. 

Kamu dapat mencampurkan susu krim, susu murni, susu almond dan 1 sendok makan minyak kelapa guna membantu menyempurnakan penyerapannya pada tubuh. Hal ini sebab kunyit memerlukan lemak sehat agar dapat larut dengan sempurna. 

Gunakan lada hitam yang memiliki kandungan piperin atau bahan kimia yang terkenal bisa membantu membangun penyerapan kulit dan menguatkan rasa dalam campuran air kunyit. 

Semua bahan tersebut bisa membantu memperbanyak sifat antioksidan dan antimikroba serta menguatkan cita rasa dari teh kunyit. 

Nah, itu dia beberapa manfaat minum air kunyit sebelum tidur yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin dan konsisten. Namun, tetap konsumsi sesuai takaran saja agar tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan mu. 

Dapatkan rempah kunyit dan bahan campuran untuk membuat air kunyit ini dengan memesannya melalui Astro. Astro menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah tangga yang kamu perlukan. Cukup memesannya lewat aplikasi Astro, pesananmu akan datang dalam hitungan menit saja. Download aplikasi Astro di smartphonemu sekarang! Aplikasi Astro tersedia di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu