Mengenali Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan 

Tidak hanya menjadi bahan masakan saja, kunyit pun sudah dipakai sejak dahulu untuk pengobatan tradisional. Hal ini sebab adanya kurkumin yang terkandung di rimpang kunyit. Bukan hanya bisa memberikan warna saja, kurkumin pun digadang-gadang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. 

Kira-kira apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan yang bisa kita peroleh jika mengkonsumsinya? Sebelum membahas tentang berbagai manfaat kesehatan yang dapat diberikan kunyit, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai kandungan nutrisi yang ada di dalam kunyit seperti berikut ini. 

Baca Juga: 21 Contoh Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok Untuk Diet

Nutrisi dalam Kunyit 

Pada 100 gram kunyit, ada berbagai nutrisi diantaranya, yaitu: 

  • 55 mg zat besi 
  • 1 mg vitamin C 
  • 2 gr kalium 
  • 299 mg fosfor 
  • 208 mg magnesium 
  • 168 mg kalsium 
  • 10 gr protein 

Tidak hanya sejumlah nutrisi di atas saja, ternyata pun mengandung senyawa dengan sifat antimikroba, antiinflamasi dan antioksidan yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Berbagai Manfaat Kunyit untuk Kesehatan 

Karena adanya kandungan nutrisi yang sudah disebutkan sebelumnya, kunyit mempunyai berbagai manfaat yang bagus bagi kesehatan, seperti: 

1. Mengurangi nyeri untuk pengidap osteoarthritis 

Osteoarthritis merupakan penyakit yang mengakibatkan sendi terasa nyeri, hilangnya kelenturan dan kaku. Sejumlah penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi ekstrak kunyit bisa dipakai menjadi obat rematik yang alami dengan cara meredakan rasa nyeri, sebab kunyit mempunyai efek yang sama seperti ibuprofen untuk mengatasi osteoarthritis. 

Tetapi, jika kamu ingin memakai ekstrak kunyit guna mengobati penyakit ini, lebih baik lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter guna mengetahui dosis nya yang benar. 

2. Menekan resiko penyakit jantung 

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling tinggi di dunia. Diketahui kunyit bisa mencegah risiko penyakit jantung sebab memiliki kandungan kurkumin yang bisa membangun fungsi endotelium yang menjadi lapisan dari pembuluh darah. 

Tidak hanya itu, kunyit pun mempunyai sifat antiinflamasi dan antioksidan yang memiliki peran penting guna menekan terjadinya penyakit jantung. Tetapi, masih diperlukan penelitian lebih dalam guna memastikan efektivitas dari kunyit ini untuk mengurangi risiko penyakit jantung. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Kunyit dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Menghilangkan rasa gatal di kulit 

Salah satu studi mengungkapkan jika kunyit bisa menghilangkan rasa gatal di kulit yang diakibatkan dari penyakit ginjal akut. Kamu dapat mengkonsumsi kunyit sebanyak 3 kali dalam satu hari selama 8 minggu, dengan menggabungkan produk yang memiliki kandungan kurkumin dan ekstrak lada hitam untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. 

4. Mengurangi sakit saat menstruasi 

Studi menunjukkan jika suplemen dengan kandungan kurkumin di dalamnya bisa meringankan gejala saat menstruasi. Selain itu, kunyit pun diketahui bisa meredakan kram yang biasa dirasakan perempuan selama menstruasi. Tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih banyak guna membuktikan efektivitas yang satu ini. 

5. Mengatasi masalah sistem pencernaan 

Kurkumin yang terkandung pada kunyit ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah sistem pencernaan, seperti pankreatitis, tukak lambung, dispepsia, dan irritable bowel syndrome. 

Tidak hanya itu, kunyit yang memiliki kandungan kurkumin pun kerap kali dijadikan alternatif obat untuk menambah nafsu pada anak maupun orang dewasa yang cukup ampuh. 

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi

6. Menghindari terjadinya kanker 

Kurkumin mempunyai sifat anti inflamasi yang diketahui bisa memperlambat pertumbuhan, penyebaran dan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih dalam guna membuktikan efektivitas kunyit guna mencegah penyakit kanker ini. 

7. Mengurangi depresi 

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya menurut sebuah studi mengungkapkan jika mengkonsumsi kunyit dapat mengurangi beberapa gejala depresi. Hal ini sebab, kurkumin pada kunyit bisa membantu antidepresan bekerja dengan jauh lebih baik. 

8. Mengobati masalah kulit 

Karena adanya anti inflamasi, antioksidan dan antimikroba yang ada didalamnya, menjadikan kunyit bisa dipakai guna mengatasi berbagai masalah kulit seperti psoriasis, penuaan dini, eksim, dan jerawat. 

Tidak hanya itu, masih terdapat beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsi kunyit seperti menjaga kesehatan mata, mengurangi gejala asam urat, menekan terjadinya penyakit diabetes, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. 

Kunyit juga dianggap dapat dipakai menjadi obat usus buntu. Tetapi, klaim tersebut hanya mitos belaka. Sampai sekarang, belum ditemukan penelitian ilmiah secara medis mengenai efektivitas tersebut. 

Baca Juga: Daftar Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Efek Samping Memakan Kunyit 

Hingga sekarang ini, tidak ditemukan efek samping dari pemakaian kunyit dengan dosis rendah. Penelitian pun mencatat jika tidak ada efek samping pada orang-orang yang memakan kunyit 490 mg setiap harinya dalam waktu seminggu. 

Meskipun begitu, mengkonsumsi kunyit secara berlebihan pun tidak bagus untuk tubuh. Terdapat beberapa efek samping yang bisa muncul jika kunyit dimakan secara berlebihan, yaitu: 

  • Kulit menjadi ruam 
  • Mual 
  • Sakit kepala 
  • Masalah pencernaan, seperti diare, asam lambung dan perut kembung 
  • Risiko terkena kanker hati dan kanker usus 

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh memang sangat banyak, tetapi kamu tetap perlu berhati-hati untuk mengkonsumsinya. Jangan mengkonsumsi kunyit terlalu banyak, baik berbentuk suplemen atau kunyit segar. Apabila kamu ingin meminum suplemen kunyit, maka kamu harus memilih suplemen yang telah terdaftar pada BPOM guna memastikan keamanannya. 

Jika kamu ingin memakan kunyit menjadi pendamping pengobatan untuk penyakit tertentu, khususnya kunyit berbentuk suplemen, lebih baik lakukan konsultasi lebih dulu ke dokter untuk menghindari terjadinya interaksi obat maupun efek samping yang tiba-tiba muncul. Dengan begitu, manfaat kunyit pun bisa kamu dapatkan secara maksimal. 

Semoga ulasan di atas ini berguna untuk kamu yang sedang mencari pengobatan alami yang mengandalkan kunyit. Dapatkan kunyit dan kebutuhan lainnya dengan membelinya melalui aplikasi Astro sekarang juga. 

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu