Daftar Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Kamu mungkin sudah tahu pentingnya serat untuk kesehatan pencernaan. Makanan tinggi serat bukan hanya berguna untuk membantu melancarkan BAB atau menghindari penyakit kronis, namun juga dapat membantu turunkan berat badan. 

Tidak perlu bingung untuk mendapatkan sumber serat, karena ada banyak makanan yang mengandung serat tinggi yang bisa kamu konsumsi. Apa sajakah jenis makanan tersebut? Yuk, langsung saja simak daftar makanan dengan kandungan tinggi serat seperti berikut ini. 

Baca Juga: 5 Jenis Oat Untuk Diet Yang Mudah, Murah, dan Sehat!

Sederet Makanan Tinggi Serat 

Mengacu pada angka kecukupan gizi yang dirilis Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan serat bagi orang dewasa sekitar 30-38 gram setiap harinya. Demi mencukupi kebutuhan tersebut, kamu dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan di bawah ini. 

1. Buah pir 

Bukan tanpa alasan jika buah pir menduduki peringkat pertama makanan tinggi akan serat. Dalam satu buah pir dengan ukuran sedang sudah mengandung 5,5 gram serat. Jumlah tersebut dapat mencukupi sebanyak 20% asupan serat harian mu.

Pir pun mempunyai kandungan sejenis serat yang biasa dikenal dengan pektin. Pektin ampuh sekali untuk melancarkan BAB dan memicu tumbuhnya bakteri usus. Inilah sebabnya manfaat buah pir sangat terasa untuk orang yang mengidap sembelit. 

2. Alpukat 

Keunikan dari buah alpukat ini berada di kandungan lemaknya yang cukup tinggi, tidak sama seperti buah lainnya yang rata-rata memiliki kandungan karbohidrat. Tidak hanya kaya akan lemak, buah ini pun tinggi akan serat. 

Dalam 100 gram alpukat saja sudah mengandung 6,7 gram serat atau sama seperti 22% kebutuhan harian untuk orang dewasa. Alpukat pun tinggi akan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan berbagai jenis mineral yang berkhasiat untuk pencernaan. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti buah-buahan segar dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Raspberry 

Makanan lainnya yang kaya akan serat yaitu raspberry. Mengkonsumsi 100 gram buah ini dapat memberikan tubuhmu asupan sehat sekitar 6,5 gram. Angkat tersebut kurang lebih sama seperti 21,6% asupan harian mu. 

Buah dengan aroma kuat ini pun tinggi akan mangan dan vitamin C. Selain itu, raspberry pun mempunyai kandungan berbagai senyawa antioksidan yang bisa melindungi sel tubuh dari semua dampak negatif radikal bebas. 

4. Kacang lentil 

Lentil adalah kacang-kacangan kaya akan protein yang dikeringkan dan diolah sebelum dimakan. 100 gram kacang lentil matang mempunyai kandungan sekitar 7,3 gram serat, atau sekitar 24,3% kebutuhan orang dewasa untuk sehari. 

Tidak hanya kaya serat, bahan makanan yang satu ini juga memiliki segudang mineral dan vitamin. Kamu dapat mencukupi asupan mineral mangan, vitamin B9, vitamin B1 dan mineral fosfor dengan mengkonsumsi atau menambahkan kacang ini pada menu harian. 

5. Kacang polong 

Sering dianggap menjadi sayuran, sebenarnya kacang polong adalah keluarga leguminosa. Serat yang terkandung di dalam kacang polong bisa dikatakan sangat tinggi, yaitu sekitar 8,3 gram dalam 100 gram kacang matang. 

Seperti kacang-kacangan biasanya, kacang polong pun mempunyai kandungan berbagai mineral, vitamin dan protein. Zat gizi lainnya yang ada di makanan ini yaitu vitamin B1, vitamin B9, vitamin K, mangan dan protein. 

6. Gandum 

Gandum tidak hanya termasuk tinggi akan serat, namun juga digadang-gadang menjadi salah satu makanan yang sangat menyehatkan. Sebab, bahan makanan ini tinggi akan zat gizi makro, antioksidan, mineral dan vitamin. 

Biji gandum juga mempunyai kandungan serat larut yang biasa dikenal dengan beta glukan. Serat ini bisa membantu mengelola gula darah dan kolesterol serta menguatkan daya tahan tubuh, khususnya untuk anak-anak. 

Baca Juga: Mie Shirataki: Makanan Sehat Dengan Nutrisi Tinggi dan Rendah Kalori

7. Biji chia 

Biji chia asalanya dari tanaman Salvia hispanica ini masih dalam keluarga tumbuhan mint. Bahan makanan yang satu ini sedang naik daun karena mulai banyak orang yang menjalani pola hidup sehat. Tidak heran, mengingat didalam biji chia memang memiliki kandungan gizi yang beragam. 

Sebagai gambaran, dalam 100 gram biji chia sendiri mengandung 34,4% serat atau sama seperti 114% kebutuhan serat harian bagi orang dewasa. Tidak hanya itu, biji chia pun memiliki segudang protein, seperti mangan, fosfor, kalsium, lemak sehat dan protein. 

Serat adalah zat gizi yang mudah sekali ditemukan pada bahan makanan. Tidak hanya berbagai contoh yang sudah disebutkan di atas, kamu pun dapat mencukupi kebutuhan serat dengan memakan sayuran, umbi-umbian dan kacang-kacangan. 

Tidak lupa imbangi pula dengan asupan serat mu dengan mengkonsumsi air yang cukup. Kombinasi dengan tepat antara air dan serat sangat efektif guna melancarkan BAB dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 
Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja jenis makanan yang mengandung serat. Kamu bisa mengkonsumsi semua jenis makanan tersebut agar tubuh lebih sehat dan pencernaan mu lancar sehingga tubuhmu lebih sehat. Dapatkan seluruh jenis makanan di atas yang berkualitas hanya di aplikasi Astro! Belanja sekarang di aplikasi Astro yang punya pengantaran cepat hanya dalam hitungan menit saja!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu