Berbagai Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Curcuma Xanthorrhiza adalah nama latin dari temulawak yang mana merupakan tanaman herba asli Indonesia dan mempunyai bentuk serupa dengan kunyit. Tanaman ini berbentuk silinder dan rata-rata mempunyai diameter hingga 6 cm. Pada umumnya, kulit dari temulawak berwarna kuning dan termasuk dalam kategori tanaman monokotil.

Karena itu, akar temulawak disebut dengan akar rimpang yang terdiri dari induk dan anakan. Dimana biasanya rimpang induk akan berbentuk seperti telur dan warnanya kuning tua dengan bagian dalam jingga. Nantinya dari induk inilah akan muncul rimpang anakan yang berjumlah antara 3-7 buah.

Sebenarnya temulawak sendiri adalah tanaman liar yang kerap ditemukan dalam hutan atau kebun. Karena memang mudah untuk tumbuh, hanya saja belakangan karena mempunyai khasiat yang baik, akhirnya banyak orang yang membudidayakannya. Baik untuk konsumsi pribadi atau dijual.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur 

Kandungan yang Terdapat Dalam Temulawak

Temulawak mengandung minyak atsiri, protein, selulosa, kurkuminoid, pati dan juga mineral. Pati sendiri adalah komponen terbanyak yang ada pada temulawak, mempunyai warna putih kekuningan. Ini dikarenakan adanya kandungan kurkuminoid. Selain itu temulawak juga mengandung senyawa lain, seperti:

  • Protein
  • Serat
  • Lemak
  • Kurkumin
  • Karbohidrat
  • Natrium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Kadmium
  • Mangan

Selain senyawa diatas, ada pula zat aktif dalam temulawak, seperti:

  • Turmeron, merupakan zat yang berfungsi sebagai anti-mikroba
  • Seskuiterpen d-kamper dan P-toluilmetilkarbinol adalah zat untuk meningkatkan kinerja empedu
  • Germakron, merupakan zat yang dapat menghambat pembengkakan dan anti-radang

Manfaat yang Bisa Diperoleh Ketika Mengkonsumsi Temulawak

Temulawak merupakan tanaman herba yang mempunyai beragam kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, contohnya xanthorrhizol, terpenoid dan kurkuminoid yang mana, semua senyawa tersebut mempunyai sifat anti-radang, anti-diabetes, anti-kanker, antioksidan dan antimikroba.

Untuk bagian yang mempunyai khasiat paling baik adalah akar dan rimpang induk, karena bagian tersebut banyak kandungan senyawa aktifnya. Oleh sebab itu, hanya rimpang induk dan akar temulawak yang dimanfaatkan. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat temulawak, seperti:

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Temulawak dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat temulawak yang pertama adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Khasiat ini muncul karena tanaman ini mempunyai banyak nutrisi dan antioksidan yang mana bisa membantu kinerja dari sel darah putih, serta produksi antibodi.

Bila daya tahan tubuhmu kuat, tentunya tubuh mempunyai pertahanan lebih untuk melawan virus dan kuman penyebab penyakit. Sehingga kamu juga semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Mencegah serta mengatasi infeksi

Keberadaan kurkumin dan xanthorrhizol pada temulawak yang berkhasiat sebagai anti-mikroba. Beberapa penelitian menjelaskan, bila ekstrak dari temulawak bisa menghambat dan membasmi tumbuhnya bakteri atau virus penyebab penyakit, contohnya E. Coli dan Salmonella.

Karena itu, kamu dapat mengkonsumsi temulawak untuk mengatasi dan mencegah infeksi. Bahkan minuman temulawak mempunyai efek meredakan demam dan anti-radang. Sehingga sangatlah baik untuk dikonsumsi ketika kamu sedang mengalami flu atau demam.

3. Mencegah terjadinya gangguan pencernaan

Manfaat dari temulawak selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan atau mengatasi sembelit, diare, hingga sakit perut. Selain itu, temulawak juga berpotensi mengobati gastritis atau radang lambung.

Baca Juga: Mengenali Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan 

4. Menjaga fungsi hati dan kesehatan

Manfaat berikutnya dari temulawak adalah untuk menjaga fungsi hati dan kesehatan tubuh. Dari beberapa studi yang pernah dilakukan dikatakan bahwa tanaman ini bisa membuat kinerja hati lebih produktif dan menjaga kesehatannya. Hal ini dikarenakan adanya efek anti radang dan antioksidan yang ada pada temulawak. 

5. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat berikutnya adalah dapat mengendalikan kadar gula bagi para penderita diabetes. Asal dari khasiat ini dikarenakan temulawak mempunyai senyawa anti radang dan antioksidan di mana dapat menekan tingkat stres oksidatif serta peradangan bahkan temulawak juga diketahui bisa meningkatkan keefektifitasan insulin.

6. Mengatasi osteoarthritis

Khasiat berikutnya adalah temulawak bisa mengatasi osteoartritis di mana yang kita ketahui bahwa ini merupakan suatu penyakit yang menyerang bagian sendi dan membuat area tersebut menjadi kaku dan sakit.

7. Obat kanker

Walaupun masih terbatas, namun kandungan kurkumin dalam temulawak bisa menjadi salah satu obat kanker. Sebab ada sebuah studi yang mengatakan bila kurkumin yang ada pada temulawak dapat membantu para pasien kanker, seperti kanker payudara, kanker usus dan kanker prostat.

Baca Juga: Ini Manfaat Kunyit Untuk Wajah yang Tidak Diketahui

8. Antibakteri dan anti-jamur

Temulawak mempunyai kandungan senyawa anti-jamur dan anti-bakteri yang mana dengan adanya senyawa tersebut mempunyai manfaat yang efektif dalam membasmi bakteri Salmonella dan Staphylococcus.

Karena adanya anti-mikroba inilah yang memungkan senyawa fenoliknya, terkhusus xanthorrhizol dan juga kurkuminoid menjadi bahan utamanya. Kemudian, keberadaan dari senyawa anti-jamur berpotensi untuk menghilangkan jamur yang berasal dermatofita.

Demikianlah kandungan dan juga manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh. Tetapi, apabila saat ini kamu sedang dalam masa pengobatan penyakit tertentu dan ingin mengkonsumsi temulawak, maka lebih baik mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang menangani kamu.

Jangan lupa kamu bisa menemukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Temulawak dan lainnya di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro di App Store & Play Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu