Ini Manfaat Kunyit Untuk Wajah yang Tidak Diketahui

Kunyit adalah salah satu jenis bahan yang dipakai menjadi bumbu masak maupun dibuat menjadi jamu. Sebab ada beberapa manfaat kunyit untuk wajah yang bisa kamu peroleh jika menggunakannya secara rutin dan konsisten. 

Tetapi, tahukah kamu jika kunyit ini dapat dipakai menjadi masker wajah? Di bawah ini sejumlah manfaat kunyit untuk wajah yang tidak diketahui oleh banyak orang. Langsung saja kita bahas manfaatnya berikut ini. 

Baca Juga: 10 Jenis Minuman yang Ampuh Mencerahkan Kulitmu Secara Alami

Berbagai Manfaat Kunyit bagi Wajah 

Saat ini, tidak sedikit masker wajah yang menambahkan kunyit di dalamnya. Tanaman ini memiliki kandungan kurkumin dengan sifat anti radang dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut memberikan segudang manfaat untuk kulit wajah. Di bawah ini manfaat dari masker kunyit yang bisa kamu peroleh:  

1. Mengurangi jerawat 

Salah satu manfaat yang telah diakui sedari dulu yaitu kunyit bisa meredakan jerawat di wajahmu. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat anti radang dan antimikroba seperti yang telah disebutkan sebelumnya. 

Sifat antimikroba bisa membantu mematikan bakteri penyebab jerawat, yakni P acnes. Sedangkan, anti inflamasi dapat mengurangi kulit yang sedang memerah, gatal dan nyeri ketika kamu mempunyai jerawat batu. 

2. Membantu mencerahkan wajah 

Lagi-lagi, manfaat dari tumbuhan berwarna kuning ini bersumber dari kandungan kurkumin. Dilansir dari studi yang dirilis Frontiers in Pharmacology (2021), kurkumin memiliki potensi untuk menghambat aktivitas dari enzim yang mendorong produksi melanin yang merupakan pewarna kulit alami. 

Kurkumin menjadi bahan alami untuk membantu mencerahkan kulit sebab dapat menekan terbentuknya melanin di sel permukaan kulit. Semua cara kerja tersebut membantu menjadikan kulit mu tidak tampak kusam. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Kunyit dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Mengendalikan eksim 

Manfaat dari kunyit untuk kunyit selanjutnya yaitu membantu meredakan gejala eksim pada kulit seperti gatal, mengelupas, kulit menebal dan kemerahan. Namun sayangnya, penelitian tentang manfaat kunyit untuk yang satu ini masih cukup terbatas. 

Apalagi, kualitas penelitian dengan cara yang lebih baik harus dilakukan guna membuktikan manfaat kunyit untuk mengendalikan eksim yang terjadi di kulit wajah mu. 

Baca Juga: Kulit Sehat dan Cantik dengan Asupan Sayuran yang Mengandung Kolagen

4. Menyamarkan noda bekas jerawat 

Jerawat yang baru saja sembuh atau kempes kerap kali meninggalkan bekas noda hitam pada kulit muka. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu dapat menyamarkannya dengan menggunakan masker alami dari kunyit secara konsisten dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Terdapat riset dari Journal of Clinical Aesthetic Dermatology (2018) memperlihatkan jika penggunaan masker kunyit selama 4 minggu bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat sampai 14%. 

Dalam studi ini menunjukkan jika kurkumin bersifat antioksidan yang dapat menurunkan paparan radikal bebas pada kulit karena jerawat. Dampaknya, noda hitam menjadi berkurang. 

5. Menekan terjadinya penuaan dini 

Seiring dengan bertambahnya umur, tentunya noda hitam atau keriput karena penuaan tidak dapat dihindari. Walaupun demikian, kamu dapat memperlambat dan menyamarkan tanda penuaan ini dengan memakai masker kunyit. 

Saat menghindari terjadinya keriput pada wajah, sifat antioksidan yang berasal dari kurkumin bisa melindungi kulit wajah mu dari pancaran sinar UV B. Seperti yang kita ketahui jika sinar UV ini menjadikan kulit mu mudah kering, keriput dan memunculkan noda hitam. 

Kurkumin pun membantu menjaga kulit wajah mu supaya tetap tebal dan elastis. Tetapi, kamu harus mengetahui jika manfaat kulit bagi wajah ini baru dilakukan percobaannya pada tikus, tidak langsung pada kulit manusia. Sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih dalam guna mengetahui keampuhannya pada kulit manusia.

6. Mengurangi gejala psoriasis 

Manfaat kunyit pada wajah pun dapat dimanfaatkan untuk penderita psoriasis. Harus kamu ketahui jika psoriasis merupakan peradangan pada kulit dengan durasi yang lama sebab sel-sel kulit sangat cepat mengelupas lalu tumbuh kembali. 

Dampaknya, kulit akan terasa kering, berkerak, menebal sampai berdarah. Adanya kurkumin dengan sifat anti inflamasinya ini dapat mengendalikan zat yang mendorong peradangan di kulit. 

Tidak hanya itu, kandungan yang satu ini pun bisa memperlambat terjadinya pengelupasan kulit pada penderita psoriasis. Sifat antioksidan yang ada didalam kunyit pun membantu memperbaiki keadaan kulit yang rusak karena psoriasis. 

Baca Juga: Rekomendasi 8 Makanan Sehat Untuk Kulit Lebih Sehat dan Glowing

Tips Memakai Kunyit pada Wajah 

Di bawah ini ada beberapa cara memakai kunyit pada kulit wajah yang dapat kamu coba, seperti: 

  • Gunakan kunyit bubuk 
  • Campurkan kunyit bubuk dengan madu dan air matang, buat teksturnya seperti pasta 
  • Oleskan masker ini pada wajah dan diamkan selama 10 menit 
  • Bersihkan wajah memakai air bersih 

Kamu juga dapat mencampurkan kunyit dengan berbagai bahan lainnya tergantung dengan keadaan kulitmu. Misalnya, mencampur kunyit bubuk dengan lidah buaya supaya meredakan iritasi atau menggunakan madu guna membangun fungsi antibakteri. 

Jika kamu ingin lebih praktis, maka kamu dapat memakai masker kunyit siap pakai yang sudah banyak dijual dipasaran. Selain memudahkan, kamu juga tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya sebab hanya tinggal memberikan air saja. 

Nah, itu dia segudang manfaat kunyit untuk wajah yang bisa kamu peroleh dengan memakai masker kulit dengan rajin dan konsisten agar bisa mendapatkan manfaat yang sangat maksimal untuk kulit wajah mu. 

Jika kamu ingin membuat masker kunyit sendiri, maka kamu dapat membeli berbagai bahan nya di Astro! Astro memiliki berbagai produk kebutuhan sehari-hari yang bisa kamu dapatkan dengan memesannya melalui aplikasi Astro. Yuk tunggu apalagi, download aplikasi Astro dan pesan sekarang juga untuk dapatkan berbagai promo menarik dari Astro untuk kamu para pengguna baru.

Arie Wahyu
Arie Wahyu