Hati-hati, Ini Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening

Hati-hati, Ini Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening 

Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat menjadi salah satu cara guna menjaga kekebalan tubuh sehingga selalu dalam keadaan yang optimal. Walaupun sekarang keadaanmu sedang sehat, kamu tetap harus memperhatikan beberapa makanan penyebab kelenjar getah bening yang ternyata banyak di jual di luaran. 

Sebab jika sudah terkena penyakit tersebut karena tidak menjaga makanan, tentunya kamu akan merasa tidak nyaman. Untuk itu, kamu harus mengenali apa saja makanan yang bisa mengakibatkan kelenjar getah bening seperti berikut ini. 

Baca Juga: Ini Beberapa Penyebab Badan Bungkuk yang Harus Diketahui

Daftar Makanan yang Menyebabkan Kelenjar Getah Bening 

Kamu harus tahu jika kelenjar getah bening memang terdapat di seluruh tubuh. Walaupun penyakit ini adalah penyakit yang mudah diobati, namun bila tidak diobati dengan cepat bisa mengakibatkan beberapa komplikasi. Oleh karena itu, kamu harus waspada dan mencegah supaya tidak terserang penyakit yang satu ini. 

Ada salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terkena penyakit kelenjar getah bening yaitu dengan memperhatikan makanan yang akan kamu konsumsi dan gizi yang masuk dalam tubuh. Berikut ini terdapat sejumlah makanan yang bisa mengakibatkan kelenjar getah bening dan tentunya harus kamu hindari. 

1. Makanan kaya akan gula 

Semua orang tentunya akan tergiur dengan kue atau minuman manis yang mempunyai rasa lezat. Pada kue atau minuman manis lainnya, biasanya akan memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. 

Apabila kamu senang dengan makanan manis, mulai sekarang lebih baik mengontrol konsumsi makanan dan minuman manis yang tinggi akan gula. Tentunya ada alasan di balik hal tersebut, sebab makanan yang terlalu manis merupakan salah satu penyebab kamu terserang kelenjar getah bening. 

Gula menjadi salah satu bahan makanan alami dan didalamnya terkandung karbohidrat. Fungsi utamanya yaitu menjadi bahan utama nya yaitu menjadi bahan bakar tubuh untuk otak dan energi. 

Secara alami, gula ada di dalam buah, sayuran atau makanan yang terkandung karbohidrat di dalamnya. Namun, gula tambahan seperti sirup jagung dan sukrosa adalah dua jenis gula tambahan dan sering digunakan pada industri makanan. 

Terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa menjadi pemicu risiko peradangan atau inflamasi yang dapat berkembang menjadi penyakit atau infeksi serta menimbulkan reaksi imun tubuh. Tetapi, bila mengkonsumsi gula yang ada di bahan alami seperti pada sayur dan buah, tidak akan menyebabkan masalah, karena kadar gula nya cukup sedikit. 

Tidak hanya itu, terlalu banyak mengkonsumsi gula tambahan bisa meningkatkan kebutuhan jumlah fruktosa dalam tubuh. Fruktosa yang sangat berlebihan bisa menyebabkan resistensi insulin, masalah ginjal kronis, perlemakan hati, kanker, diabetes dan obesitas. 

Makanan yang tinggi gula menjadi penyebab meningkatnya risiko terjadinya penyakit getah bening dalam tubuh. Namun, makanan tersebut memang sulit dihindari, khususnya untuk kamu yang senang jajan. Karena produsen makanan siap saji atau kemasan umumnya selalu menambahkan banyak gula agar makanan tersebut bercita rasa lezat. 

Apabila tidak ingin terserang penyakit tersebut, maka kami bisa menghindari makanan atau minuman yang mempunyai kadar gula diatas 4 gram per takaran sajinya. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu untuk memasak menu sehat kamu di Aplikasi ASTRO!

Hati-hati, Ini Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening 

2. Gorengan atau makanan cepat saji 

Gorengan adalah jenis makanan selanjutnya yang bisa menyebabkan penyakit getah bening. Seperti yang kita tahu jika makanan yang satu ini sangat mudah di jumpai di sekitar kita. Namun, makanan ini tidak bagus untuk tubuh, bukan hanya mengakibatkan penyakit getah bening saja, tapi ada banyak penyakit lainnya yang muncul karena mengkonsumsi terlalu banyak gorengan. 

Minyak goreng yang berasal dari sayur dan sejumlah jenis minyak nabati lainnya yang umumnya dipakai guna menggoreng, biasanya memiliki kandungan omega-3. Omega-3 ini adalah jenis lemak yang bisa dipakai tubuh guna menghasilkan energi. 

Sejumlah jenis minyak dengan kandungan omega-3 yang tinggi seperti minyak kanola, jagung dan lainnya. Biasanya, tubuh manusia akan selalu memerlukan asam lemak guna pertumbuhan dan perkembangan, serta guna memicu peradangan dengan tujuan baik yaitu membantu pemulihan sel. 

Namun, kadar asam lemak yang kurang seimbang antara omega-6 dan omega-3 bisa mengakibatkan inflamasi secara berlebihan, contohnya pembengkakan pada kelenjar getah bening. 

Baca Juga: Penyebab Badan Tidak Bisa Gemuk yang Harus Diketahui

3. Makanan yang tidak higienis 

Virus atau bakteri bisa masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang tidak higienis. Saat makanan sudah terpapar dengan virus, jamur dan bakteri lalu dikonsumsi, maka tubuh akan memberikan respon lewat aktifnya sistem kekebalan tubuh. 

Gejala umum yang terjadi pada tubuh bila seseorang terkena infeksi bakteri atau virus yaitu diare, sakit perut, sakit tenggorokan, tonsilitis, batuk dan lainnya. Ada parasit yang kerap kali mencemari makanan dan merupakan penyebab membengkaknya penyakit kelenjar getah bening yaitu Toxoplasma Gondii, yakni parasit yang hidup pada saluran pencernaan hewan, seperti kucing. 

Saat seseorang terpapar parasit ini, sudah pasti infeksi toksoplasma akan timbul dan gejala yang muncul yaitu membengkaknya kelenjar getah bening. Untuk itu, demi menghindari hal tersebut, pastikan jika makanan yang kamu konsumsi higienis dan bersih. 

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan konsumsi makanan yang penyimpanannya baik serta makanan yang diolah pada lingkungan yang higienis. Kurangi membeli makanan di pinggir jalan yang sudah tercemar polusi, debu dan lainnya. 

Baca Juga: Ini yang Jadi Penyebab Lapar pada Malam Hari

Demikianlah, daftar makanan penyebab kelenjar bening yang harus kamu hindari dari sekarang agar tidak terserang penyakit tersebut yang dapat membuatmu tidak nyaman. Yuk, mulai mengkonsumsi makanan sehat bersama Astro yang menyediakan banyak pilihan makanan sehat dan higienis untuk mu. Belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di App Store & Google Play Store.

Arie Wahyu
Arie Wahyu