Ini yang Jadi Penyebab Lapar pada Malam Hari

Ini yang Jadi Penyebab Lapar pada Malam Hari

Apakah kamu sering merasa lapar pada malam hari? Sudah tahu penyebabnya? Lapar pada malam hari atau tengah malam kerap dirasakan banyak orang, hal tersebut berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh, karena mengonsumsi makanan berat pada malam hari kurang baik untuk kesehatan.

Penyebab lapar di malam hari memanglah reaksi alami pada tubuh setiap orang ketika ia memerlukan asupan kalori dari makanan, namun pada umumnya tubuh mempunyai waktu biologis yang mengatur kamu untuk terjaga saat pagi hari hingga sore, termasuk waktu yang mengatur rasa lapar.

Pada saat malam hari, biasanya secara alamiah tubuh secara biologis akan membuatmu mengantuk dan istirahat, sehingga normalnya tidak akan ada rasa lapar di tengah malam, karena malam adalah waktunya tubuh membutuhkan istirahat dari kegiatannya.

Namun tidak jarang terjadi pada beberapa orang merasakan lapar pada malam hari bahkan tengah malam, sehingga ia memutuskan untuk makan dan mengisi asupan tubuh, mereka mengkonsumsi makanan berat pada malam hari. Padahal makan makanan berat pada malam hari itu tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Lebih Baik Hindari, Ini Bahaya Makan Tengah Malam

Penyebab Rasa Lapar Pada Malam Hari

Bagi kamu yang sering terbangun pada malam hari yang disebabkan perut berbunyi menandakan rasa lapar, sebaiknya kamu pahami penyebabnya untuk menghindarinya, karena makan pada malam hari berdampak buruk pada kesehatan dan dapat menambah berat badan. 

Ada berbagai penyebab dari rasa lapar pada malam hari, kebanyakan hal itu disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, termasuk pola makan yang tidak teratur, namun ada juga yang disebabkan oleh obat-obatan hingga kondisi medis. Inilah penyebab rasa lapar pada malam hari, dilansir dari Sehatq.com.

1. Kebutuhan kalori kurang tercukupi

Salah satu penyebab dari rasa lapar pada malam hari adalah kebutuhan kalori yang tidak tercukupi. Lapar merupakan kondisi yang dirasakan oleh setiap orang ketika tubuh memerlukan asupan kalori, kondisi lapar umumnya terjadi pada setiap orang di waktu pagi dan siang hari.

Kebutuhan kalori tubuh yang tidak terpenuhi menyebabkan seseorang merasa lapar di waktu-waktu yang sebenarnya tidak normal, maka dari itu sebaiknya kamu penuhi kebutuhan kalori tubuh di pagi, siang dan sore hari. Setiap orang memerlukan asupan kalori yang cukup untuk tubuhnya.

Seorang wanita dewasa membutuhkan kalori sekitar 1.600 sampai 2.400 kalori per hari, sementara pria membutuhkan sekitar 2.000 sampai 3.000 kalori per hari. Meski begitu sebenarnya jumlah kalori yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung dari berapa banyak aktivitas yang dijalaninya.

2. Efek penggunaan obat-obatan

Ada beberapa varian obat-obatan yang kamu minum ternyata memberikan efek nafsu makan menjadi tinggi. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya nafsu makan, akibatnya mungkin kamu akan sering terbangun pada malam hari karena efek rasa lapar dari obat yang kamu konsumsi.

Adapun jenis obat-obatan yang meningkatkan nafsu makan antara lain adalah jenis obat-obatan antidepresan, obat diabetes, obat alergi, obat asteroid, obat migran, antipsikotik dan obat anti kejang. Itulah jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan rasa lapar pada malam hari.

3. Mengidap NES

NES alias Night Eating Syndrome merupakan salah satu faktor kelainan psikologi yang terdapat pada sebagian orang, kelainan itu ditandai dengan kerap mengalami insomnia (sulit tidur) dan makan saat tengah malam yang sebenarnya tujuannya adalah ingin kembali tidur. Kelainan ini juga menyebabkan kamu lapar pada malam hari.

Gejala yang dialami oleh orang-orang yang mengidap NES adalah susah makan atau rendah nafsu makan saat pagi, siang hingga sore hari, namun ia akan merasa lapar pada malam hari. Penderita NES memiliki kadar leptin yang rendah, kelainan ini memang jarang dikenali oleh masyarakat.

4. Kurang tidur

Orang yang sulit tidur bukan hanya orang-orang yang mengidap kelainan atau mengidap penyakit tertentu, akan tetapi juga orang-orang yang memang sudah membangun pola tidur yang kurang sehat. Kurang tidur atau tidur yang tidak teratur akan membuat seseorang kerap terbangun pada malam hari.

Karena ia biasanya memenuhi kebutuhan tidurnya di jam-jam yang tidak normal, atau bukan waktu tidur yang sewajarnya. Kurang tidur juga dapat menumbuhkan hormon ghrelin yang lebih tinggi pada umumnya, sehingga rasa lapar akan muncul di waktu yang kurang tepat, salah satunya pada malam hari.

Baca Juga: Menu Makan Malam Untuk Diet Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Demikian penjelasan tentang penyebab seseorang merasa lapar pada malam hari, apabila dibutuhkan maka kamu bisa membeli obat yang mengatur kesehatanmu dengan membeli obat, sehingga pola makan kamu teratur, atau kamu juga bisa membeli bahan-bahan makanan yang sehat agar kebutuhan kalori terpenuhi.

Untuk mendapatkan makanan-makanan sehat, kamu bisa andalkan Astro untuk bantu penuhi kebutuhan makanan sehat harian. Astro siap bantu penuhi kebutuhan harian kamu selama 24 jam penuh. Selain itu, jika melakukan pesanan di Astro, pesanan kamu akan sampai dalam waktu hitungan menit saja! Yuk terus penuhi kebutuhan harian kamu dengan Astro!

Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu