Menu Makan Malam Untuk Diet Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Menu Makan Malam Untuk Diet Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Memiliki berat badan ideal memang bukan hal mudah. Selain berolahraga, kamu juga perlu memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi setiap hari, baik saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. Kebanyakan orang yang sedang program penurunan berat badan sering melewati malam malam karena takut gendut. Padahal sebenarnya, ada beberapa menu makan malam untuk diet yang aman dikonsumsi, lho!

Yakni makanan sehat dan tinggi serat seperti daging tanpa lemak, buah-buahan, atau sayuran. Konsumsi makanan tersebut tak sekedar memudahkan proses penurunan berat badan, namun juga mengurangi resiko terkena berbagai penyakit, misal stroke, jantung, dan diabetes. Perhatikan juga waktu makan malam yang tepat. Jika kamu sedang menurunkan berat badan, maka dianjurkan untuk makan malam antara pukul 5 sore hingga 7 malam.

Idealnya 2-3 jam sebelum waktu tidur, hasilnya lebih efektif meningkatkan proses metabolisme tubuh. Ingin diet sukses? Nah, di bawah ini ada beberapa menu yang cocok kamu makan di malam hari.

Pilihan Menu Makan Malam untuk Diet Sehat Tanpa Bikin Gemuk

Prinsip utama menurunkan berat badan adalah membakar kalori lebih besar daripada yang masuk ke tubuh. Jadi, sebelum kamu memilih menu makanan apa yang cocok buat diet, sebaiknya hitung juga jumlah kalorinya. Dan perlu diingat, menghitung kalori tidak berarti makan malam harus menjadi lebih sedikit. Kamu tetap bisa makan kenyang dengan beberapa menu berikut.

1.      Telur Rebus

Telur dapat memenuhi kebutuhan gizi lengkap, kaya protein dan rendah kalori. Makanan diet satu ini disebut ampuh menurunkan berat badan karena memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi telur, kamu dapat mengurangi porsi makan bahkan meniadakan camilan. Untuk porsi diet di malam hari cukup 1 butir telur saja. Bila bosan, kamu bisa mengonsumsi telur rebus dengan oatmeal. Selain makan malam, menu telur rebus juga bisa dikonsumsi setiap sarapan dan makan siang.

2.      Kentang Kukus

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kandungan seratnya dapat membuat perut cepat kenyang, membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Konsumsi kentang tidak menyebabkan penambahan berat badan, hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2014 melalui Journal of American College of Nutrition.

Namun untuk diet, kamu perlu memperhatikan bagaimana pengolahannya.  Jika dibarengi dengan makanan tinggi lemak tentu membuat berat badan naik. Sebaiknya makan kentang yang dikukus dengan kulitnya, dalam keadaan sudah dingin, bersama makanan sumber protein seperti ikan dan lemak sehat yang memperlambat penyerapan karbohidrat dalam kentang.

3.      Salmon dan Tuna

Meski dikenal sebagai ikan berlemak, salmon dan tuna justru tidak membuat berat badan kamu naik. Cocok sebagai menu makan malam untuk diet, kaya protein serta mengandung yodium yang dibutuhkan dalam fungsi kelenjar tiroid. Untuk itu porsi yang disarankan saat diet cukup satu potong saja.

4.      Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian merupakan sumber karbohidrat, nutrisi yang bermanfaat untuk menyediakan energi bagi tubuh. Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa jenis kacang seperti almond dan kacang tanah mengandung kalori cukup besar. Kecuali jenis kacang merah, kacang hijau, atau kacang polong, dapat menjadi pilihan makanan diet.  Sementara untuk jenis biji-bijian yang direkomendasikan ada beras merah, oat, quinoa, jagung, barley, bulgur, flaxseed, dan chia seed yang rendah karbohidrat.

5.      Buah-buahan Segar

Buah telah menjadi makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari karena memiliki segudang manfaat. Mulai dari melindungi tubuh dari berbagai penyakit, menjaga kesehatan kulit, melancarkan pencernaan, meningkatkan kinerja otak, dan sebagainya. Namun tidak semua jenis buah-buahan bagus dikonsumsi ketika sedang diet.  

Untuk menyukseskan program penurunan berat badan, kamu dapat memilih buah-buahan segar seperti apel, kiwi, semangka, pepaya, nanas, pisang, pir dan stroberi. Buah-buahan ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu membakar lemak dalam tubuh.

6.      Sayuran Berbonggol

Saat makan malam, kamu dapat menyantap satu cangkir sayuran berbonggol seperti kubis, brokoli, atau kembang kol. Jenis sayuran ini kaya akan protein, meski tak sebanyak produk hewani. Juga sangat padat akan serat yang menjaga perut tetap kenyang. Pada saat yang sama, kalori rendah dalam sayur berbonggol bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Itulah beberapa menu makan malam untuk diet sehat dan tidak bikin gemuk. Selain makan, kamu juga harus memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih secara teratur, rutin berolahraga, kelola stres dengan baik, istirahat yang cukup, serta batasi minum minuman beralkohol. Selamat mencoba, semoga kamu berhasil mendapatkan berat badan ideal.

Apabila kamu membutuhkan menu makan diet di atas, maka lebih baik berbelanja di Astro. Layanan belanja online dengan lebih dari 1000 produk pilihan buka selama 24 jam setiap hari. Untuk mulai berbelanja, silahkan download aplikasi Astro di Google Playstore dan App Store.

Referensi:

8 Menu Makan Malam untuk Diet yang Tidak Bikin Gemuk

3 Pilihan Menu Makan Malam Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

6 Pilihan Menu Makan Malam untuk Diet Turunkan Berat Badan

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu