Lebih Baik Hindari, Ini Bahaya Makan Tengah Malam

Mungkin makan tengah malam sudah menjadi kebiasaan untuk beberapa orang. Khususnya untuk mereka yang kerap begadang untuk menyelesaikan tugas, bekerja dengan metode sift atau sekedar menonton bola. Tetapi, kebiasaan tersebut nyatanya tidak bagus untuk kesehatan. 

Lalu, apa saja bahaya makan tengah malam untuk kesehatan dan tips untuk menghindarinya? Adakah makanan yang baik dikonsumsi pada malam hari? Mari lihat jawabannya berikut ini. 

Baca Juga: Ini yang Jadi Penyebab Lapar pada Malam Hari

Berbagai Bahaya Makan Tengah Malam 

Makan malam memang tidak dilarang dan bahkan bagus untuk kesehatan jika makanan yang dikonsumsi sehat dan kamu masih makan pada jam makan malam yang disarankan. Tetapi, lain halnya jika makan tengah malam. 

Kebiasaan tersebut justru dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh, terlebih bila sudah menjadi sebuah kebiasaan. Di bawah ini ada sejumlah bahaya makan di malam hari untuk kesehatan yang harus kamu waspadai. 

1. Bertambahnya berat badan 

Mungkin kamu kerap kali bertanya, apakah mengkonsumsi makanan di malam hari bisa membuat gemuk? Jawabannya iya. Berdasarkan studi yang dilakukan di University of Pennsylvania, Amerika Serikat, makan malam bisa berbahaya karena meningkatkan risiko naiknya berat badan. 

Tidak hanya itu saja, lonjakan kolesterol dan trigliserida juga melonjak jika kamu makan pada tengah malam. Hal ini pun dapat meningkatkan risiko munculnya beberapa penyakit kronis lainnya seperti stroke dan jantung. 

2. Gula darah meningkat 

Orang yang sering makan di tengah malam pun biasanya akan mengalami peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh yang nantinya dapat membuat energi mereka bisa berkurang. Melonjaknya kadar insulin dan glukosa pun dapat meningkatkan risiko diabetes. 

Sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism mengungkapkan jika makan terlalu malam bisa meningkatkan resiko gula darah naik mencapai 18%. Padahal lemak yang bisa dibakar pada malam hari sampai 10%. Ketika gula darah terus melonjak, risiko terkena penyakit diabetes dan jantung juga akan menghantui. 

3. Mengubah nafsu makan 

Tubuh kamu mempunyai hormon yang bernama leptin dan ghrelin. Hormon ghrelin berfungsi untuk memberi tahu kapan kamu harus makan atau memunculkan rasa lapar. Sedangkan hormon leptin, mempunyai tanggung jawab membuat kamu merasa kenyang. 

Orang yang terbiasa makan ketika siang hari, maka puncak hormon ghrelinnya biasanya terjadi pada siang hari juga. Begitu pula dengan produksi leptin, yang bisa mencapai pada puncaknya pada sore maupun malam hari. 

Hal tersebut menjadikan kamu akan merasa kenyang ketika malam hari, dan rasa lapar akan terjadi pada siang maupun sore hari. Apabila kamu sudah terbiasa makan pada malam hari, maka fungsi dari hormon tersebut akan berbalik dan tidak bisa bekerja secara optimal. 

Nafsu makan yang berubah ini bisa terjadi menjadi efek makan pada tengah malam yang sudah menjadi kebiasaan. 

Baca Juga: Menu Makan Malam Untuk Diet Ini Bantu Turunkan Berat Badan

4. Memicu peradangan 

Bahaya dari makan tengah malam berikutnya yaitu bisa memicu peradangan. Menurut sebuah studi, makan tengah malam dapat meningkatkan risiko peradangan pada tubuh. 

Hal ini terjadi sebab setiap kenaikan 10% dari jumlah kalori yang kamu konsumsi sejak jam 5 sore sampai tengah malam mengakibatkan kenaikan sebesar 3% protein C-Reactive, sebuah tanda utama dari terjadinya peradangan pada tubuh. 

5. Daya ingat menurun 

Dampak dari makan tengah malam pun dapat dirasakan oleh otak. Pada sebuah riset pada hewan uji, makan di tengah malam ternyata dapat mengumpulkan sejumlah fungsi otak sehingga membuat kemampuan mengingat dan belajar menjadi menurun. 

Sedangkan, seperti yang sudah kita ketahui, pola makan yang sehat sangat bagus guna menjaga kesehatan otak. Untuk itu, jika kamu tidak ingin daya ingat mu menurun, kamu harus bisa menghindari mengkonsumsi makanan pada tengah malam. 

6. Susah berkonsentrasi 

Tidak hanya menurunkan kemampuan belajar dan daya ingat, makan ketika tengah malam ternyata dapat membuat kamu susah untuk berkonsentrasi. Ketika makan tengah malam, kamu biasa memilih makan instan yang sedikit kandungan gizi dan sangat tidak sehat. 

Apabila hal tersebut dibiarkan, pola konsumsi yang sedikit zat ini dapat merusak kemampuan kamu untuk berkonsentrasi. Pasalnya, jam makan mempunyai dampak pada perilaku otak dan fisiologi. Tidak hanya itu, pola makan yang kurang teratur pun dapat mempengaruhi sistem sirkadian pada tubuh. 

7. Naiknya asam lambung 

Bahaya makan pada tengah malam yang juga harus kamu waspadai yaitu naiknya asam lambung. Bila dibiarkan saja, maka masalah asam lambung dapat berkembang menjadi GERD. Ketika asam lambung balik ke kerongkongan, kamu dapat merasakan sakit yang luar biasa pada tenggorokan karena iritasi yang diakibatkan dari zat asam. 

Hubungannya dengan makan tengah malam dan asam lambung ada di waktu pencernaan. Apabila tidak terdapat jeda antara waktu tidur dan makan tengah malam, tubuhmu bisa kesulitan untuk mencerna makanan saat seharusnya tubuh sedang ada pada keadaan istirahat. 

Hal tersebut dapat saja menjadikan makanan yang belum sempat dicerna, akan naik ke kerongkongan. Demi mencegah hal itu terjadi, lebih baik berikan jeda selama 2 jam antar makan malam dengan waktu tidur supaya menghindari naiknya asam lambung di malam hari. 

8. Mendorong sindrom makan pada tengah malam 

Pernahkan kamu merasa ingin makan pada tengah makan, tetapi tidak lapar? Waspada, mungkin saja itu adalah night eating syndrome atau sindrom makan pada tengah malam. Ini adalah gangguan makan yang terjadi bersama dengan kesulitan tidur. 
Sesudah mengetahui semua bahaya makan tengah malam ini, semoga kamu bisa mengurangi atau bahkan menghindari makan di tengah malam agar tidak merasakan dampak buruk pada tubuhmu karena kebiasaan yang satu ini.

Baca Juga: Jam Makan Malam Untuk Diet, Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan

Pastikan juga kamu selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Untuk mendapatkannya, kamu bisa belanja secara online di aplikasi Astro. Belanja di aplikasi Astro pasti cepat sampai dan bisa dipesan selama 24 jam penuh. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu