Jam Makan Malam Untuk Diet, Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan

Jam Makan Malam Untuk Diet, Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan

Apabila kamu ingin menjalankan program diet, memperhatikan jam makan malam untuk diet pun memberikan dampak positif untuk penurunan berat badan. Ternyata tidak hanya porsi dan jenis makannya saja, tapi waktu termasuk bagian penting yang harus dilihat. Dengan demikian, kondisi badan yang ideal bisa kamu peroleh nantinya. 

Jika kamu tidak teratur, terutama untuk jam makan pada malam hari, maka tahapan untuk menurunkan berat badan terasa sangat sulit. Apalagi pencernaan makanan itu butuh waktu berbeda, karena berkaitan langsung dengan jam internal tubuh (ritme sirkadian).  Apabila waktu tidak sesuai dengan ritmenya akan meningkatkan lemak dan badan sulit untuk turun, meskipun telah konsumsi makanan yang sehat. 

Ketentuan Waktu Makan Tepat Untuk Program Diet

Melihat informasi yang dijelaskan sebelumnya, penting sekali untuk makan secara teratur dan harus mempunyai jadwal yang ketat agar diet bisa didapatkan secara maksimal. Berikut ini ada beberapa waktu tepat yang bisa kamu ikuti ketika sedang menjalankan program diet. 

1. Sarapan Pukul 06:00 – 09:45

Menurut National Weight Control Registry lewat sehatq.com menjelaskan seseorang yang mampu menurunkan badan mencapai 13 kg atau lebih, selalu rutin dan tidak pernah melewatkan sarapan setiap harinya. Bahkan, hampir 80 persen telah membuktikannya. Apalagi didukung dengan waktu yang tepat, terutama jika ingin sarapan protein tinggi, bisa dilakukan pukul 06:00 – 09:45. 

Dalam kurun waktu tersebut, penambahan pada lemak tubuh akan berkurang dan tubuh kamu juga akan merasa kenyang. Selain itu, para dokter memberikan saran waktu sarapan setelah satu jam bangun tidur. 

2. Makanan Ringan Sekitar 2-4 Jam Setelah Sarapan

Beberapa orang mungkin ada yang terbiasa melakukan aktivitas sarapan pada waktu yang relatif pagi, apabila menunggu makan siang akan terasa lama sekali. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, memilih makanan ringan yang sehat bisa kamu coba. Jika kegiatan tersebut tidak ingin membuat program diet gagal, perhatikan saja waktunya sekitar 2-4 jam selesai sarapan. 

Dengan demikian, ketentuan yang ada tersebut membuat tubuh akan lebih siap untuk mencerna makanan yang masuk, sehingga tidak terlalu berpengaruh. 

3. Jadwal Makan Siang Pukul 11 – 12 Siang

Berikan jarak antara 4 – 5 jam selesai sarapan, untuk makan siang. Apabila kamu biasa sarapan pada pukul 7 pagi, maka waktu paling makan siang kisaran 11 – 12 siang. Tapi jika ada aktivitas atau kegiatan yang membuat kamu tidak bisa makan pada waktu yang ada, maka disarankan untuk membuat beberapa makanan ringan/snack sehat antara sarapan dan makan siang. 

Pilih beberapa camilan yang tinggi serat dan protein, seperti  oatmeal, roti gandum, atau beberapa kacang-kacangan yang bisa menjadi alternatif untuk dipilih. 

4. Makan Siang Sebelum Pukul 3 Sore

Mungkin waktu 11-12 siang kesulitan untuk sebagian orang melakukan makan siang. Namun usahakan jika sedang menjalani program diet tidak lebih dari pukul 3 sore. Hal ini berkaitan langsung dengan proses penurunan berat badan. Beberapa orang yang sering telat dalam makan siang, penurunan berat badan jauh lebih lama hingga mendapatkan berat badan yang ideal. 

5. Makanan Ringan Sore Hari Habis Makan Siang 

Ketentuannya hampir sama dengan makan ringan pada pagi hari. Membutuhkan waktu antara 2 – 4 jam setelah makan siang, sehingga mampu mencegah tubuh untuk konsumsi terlalu berlebihan. Pastikan untuk mencari makanan ringan yang penuh akan serat, seperti sayuran, buah, dan beberapa kacang-kacangan. 

Tidak ada salahnya juga untuk menambahkan kopi tanpa gula atau susu dengan kadar lemak yang rendah. 

6. Makan Malam Lebih Awal 

Kecenderungan tubuh akan lebih banyak konsumsi makanan pada malam hari, karena siang harinya kebutuhan tubuh terasa tidak tercukupi. Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, waktunya juga harus teratur dan tidak boleh terlalu malam atau larut. Waktu yang paling tepat untuk kamu lakukan adalah kisaran 4 – 5 jam setelah makan siang. 

Awalnya memang terasa sangat sulit untuk dilakukan, apabila perlahan dan konsisten biasanya tubuh akan cepat untuk adaptasi. Jika tidak ingin terlalu lapar pada malam harinya, siapkan beberapa makanan ringan yang sehat. 

Menentukan waktu yang tepat dalam menjalani program diet ternyata sangat penting, agar mendapatkan hasil maksimal dan tubuh yang ideal. Penjelasan diatas juga harus memperhatikan beberapa makanan yang harus dikonsumsi, terutama yang tinggi serat dan protein. Hal ini untuk menjaga tubuh tetap performa terbaik, tidak lemas, dan program diet bisa lancar. 

Untuk menemukan kandungan makanan serat dan protein tinggi, pastikan kamu mencari beberapa makanan, seperti beras merah, kacang-kacangan, roti gandum, aneka buah dan sayuran segar. Semua kebutuhan yang kamu inginkan tersebut bisa didapatkan dengan mudah di aplikasi Astro, order kebutuhan makanan harian langsung diantar ke tempat dalam waktu singkat! 

Referensi:

Pembagian Jam Makan untuk Diet dari Sarapan hingga Makan Malam

Jam Berapa Saja Kita Harus Makan Saat Sedang Berdiet?

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu