Penyebab Badan Tidak Bisa Gemuk yang Harus Diketahui

Penyebab Badan Tidak Bisa Gemuk yang Harus Diketahui

Saat banyak orang yang bingung dalam mencari cara menurunkan berat badan, nyata ada juga yang bingung untuk menambah berat badan walaupun sudah mengkonsumsi banyak makanan. Memang ada beberapa penyebab badan tidak bisa gemuk atau susah untuk menaikan berat badan. 

Mungkin keinginan seseorang untuk menambah berat badannya sangat beragam, seperti merasa malu karena terlalu kurus, ingin mempunyai berat badan ideal atau risih dengan berbagai anggapan jika orang kurus merupakan orang kurang gizi, walaupun hal tersebut tidak selalu seperti itu. 

Sebelum kamu mengetahui cara menambahkan berat badan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab kamu sulit untuk gemuk. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Penyebab Berat Badan Sulit Bertambah 

Terdapat sejumlah faktor yang mungkin menjadi penyebab kamu tetap kurus walaupun sudah mengkonsumsi banyak makanan, berikut ini diantaranya: 

1. Keturunan atau genetik 

Faktor genetik atau keturunan bisa menjadikan seseorang mempunyai metabolisme yang cepat. Metabolisme ini memiliki peran penting untuk membakar kalori yang ada pada tubuhmu. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi penyebab kamu tetap kurus walaupun sudah berusaha mengkonsumsi banyak makanan. 

2. Aktivitas yang padat 

Aktivitas yang terlalu padat dapat menjadi penyebab berat badan mu sulit untuk bertambah. Ketika menjalani aktivitas fisik, tubuh akan banyak membakar kalori. Apabila aktivitas mu sangat berlebihan, seperti sering melakukan olahraga atau pekerjaan berat, maka tubuhmu akan terus kurus walaupun telah banyak mengkonsumsi makanan. 

3. Mengidap penyakit kronis 

Menderita penyakit kronis dan terjadi dalam waktu yang lama bisa membuat berat badan mu semakin menurun. Contoh penyakit yang dapat mengakibatkan kamu menjadi kurus yaitu kanker, AIDS, penyakit tiroid, diabetes dan infeksi tuberkulosis. 

4. Stres 

Stres bisa membuat pola hidupmu menjadi tidak sehat, khususnya pola makan. Keadaan ini kemungkinan menjadi penyebab sulitnya kamu untuk menambahkan berat badan. Berbagai hal dapat menjadi penyebab kamu stres, seperti masalah kuliah, pekerjaan, masalah keluarga dan lainnya. 

Tidak hanya itu, berat badan kamu pun dapat susah untuk naik jika sedang melakukan pengobatan tertentu, memakai obat-obatan terlarang dan kecanduan alkohol. 

Tips Alami Menaikan Berat Badan 

Mungkin tubuh yang kurus sepintas terlihat sehat. Namun, kamu harus berhati-hati, jika tubuhmu sangat kurus, terlebih lagi jika indeks massa tubuhnya kurang dari 18,5. Karena, keadaan ini bisa menjadi pertanda jika tubuhmu kekurangan nutrisi. Bila dibiarkan, sistem kekebalan tubuh mu dapat menurun dan mudah terserang berbagai penyakit. 

Resiko untuk terserang gangguan kesuburan, osteoporosis dan anemia juga cenderung menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, supaya berat badan mu bisa bertambah, maka kamu perlu memperhatikan pasokan kalori yang akan dikonsumsi. 

Kamu perlu perhatikan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kamu keluarkan. Cara alami untuk menaikkan berat badan yang dapat kamu lakukan seperti:

1. Tambah pasokan kalori 

Untuk usaha awal yang kamu perlu lakukan yaitu tidak harus mengubah semua pola makan. Kamu bisa mulai dari meningkatkan jumlah pasokan kalori dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Seperti, menambahkan telur atau kentang ke dalam sup dan bisa juga dengan menambahkan keju ke roti panggang. 

2. Cukupi kebutuhan nutrisi

Kamu dapat memenuhi kebutuhan kalori dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti susu, selai kacang, alpukat, telur dan kentang. Kamu juga dapat mengkonsumsi berbagai cemilan sehat pada sela-sela jam makan seperti buah-buahan, selai kacang, dan roti

Baca Juga: Ini Dia Berat Badan Ideal Untuk Anak Menurut WHO

3. Makan porsi sedikit tetapi sering 

Orang kurus dan susah untuk menambahkan berat badan umumnya lebih mudah merasa kenyang sehingga selalu tidak menghabiskan makanannya. Sehingga, demi menambahkan kalori, kamu dapat mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang sedikit tetapi frekuensinya ditambahkan menjadi 5 sampai 6 kali sehari. 

Dengan melakukan cara ini, kamu dapat mengkonsumsi banyak makanan tanpa mudah merasa kenyang. 

4. Jangan banyak minum sebelum makan 

Supaya metabolisme tubuh optimal, maka kamu harus mencukupi asupan cairan dengan cara mengkonsumsi air putih paling sedikit 8 gelas dalam sehari. Tetapi, jangan minum terlalu banyak sebelum kamu makan sebab akan menjadikanmu kenyang dan nafsu makan berkurang.  

5. Rajin berolahraga 

Bukan cuma guna menurunkan berat badan saja, ternyata olahraga juga bisa untuk membantu kamu menambah berat badan. Rajin melakukan olahraga bisa membantu menaikkan massa otot, membuat tubuhmu tampak berisi dan lebih bugar. 

Kamu dapat latihan kekuatan otot dengan cara melakukan olahraga renang atau angkat beban, pilates maupun yoga. Kamu juga bisa melakukan olahraga lainnya yang kamu senangi dan bisa menonton olahraga tersebut melalui YouTube. 

6. Tidur yang berkualitas 

Demi menambah berat badan, kamu harus membuat tidurmu berkualitas dengan jam tidur yang benar. Kamu wajib tidur sebanyak 7-8 jam per harinya dan jangan pernah begadang. Dengan tidur yang cukup ini bisa bermanfaat pada pertumbuhan otot dalam tubuh, sehingga bisa menambah berat badan mu. 

Apabila semua cara di atas sudah kamu lakukan dan tetap tidak berhasil juga, maka kamu disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter gizi supaya mengetahui cara guna menaikkan berat badan yang cocok untuk tubuh mu. 

Baca Juga: Ini Cara Menambah Berat Badan Dalam Seminggu

Nah, itu tadi beberapa penyebab badan tidak bisa gemuk dan cara menambahkan berat badan yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan membaca ulasan di atas, mulai sekarang ini kamu bisa lebih terbantu untuk menaikkan berat badan secara alami, ya!

Buat kamu yang mau coba menaikkan berat badan secara alami dengan memenuhi nutrisi tubuh, Astro bisa membantu kamu untuk penuhi perbelanjaan makanan sehat yang praktis dan nggak ribet. Belanja di aplikasi Astro, pesanan kamu akan sampai dalam waktu cepat dan segar! Download aplikasinya di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu