Ini Cara Menambah Berat Badan Dalam Seminggu

Ini Cara Menambah Berat Badan Dalam Seminggu

Mempunyai berat badan ideal adalah idaman untuk banyak orang. Ada berbagai cara menambah berat badan dalam seminggu yang diterapkan banyak orang, seperti ingin memperbaiki penampilan atau alasan kesehatan. Tetapi, harus kamu ketahui tahap menambahkan berat badan ini ada baiknya menggunakan cara yang sehat. 

Memang mengejar target menambahkan berat badan dalam waktu seminggu boleh saja, namun kamu harus tetap memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Misalnya, cara menambah berat badan tercepat seperti meningkatkan konsumsi kalori dan makanan kaya akan gula. Tetapi, hal tersebut mengakibatkan penyakit diabetes. 

Ada baiknya sebelum kamu memulai proses menambahkan berat badan ini, hitung terlebih dahulu indek masa tubuh yang berfungsi guna mengetahui status gizi dalam tubuh dan apakah masih kurang atau sudah tercukupi. 

Tidak hanya memperbaiki pola makan saja, kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui cara yang benar untuk menambahkan berat badan. Nah, di bawah ini ada beberapa cara menambah berat badan yang bisa kamu terapkan dalam seminggu. 

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Tips Jitu Menambah Berat Badan 

Melansir dari Heathline, di bawah ini ada cara untuk menambahkan berat badan yang dapat kamu lakukan di rumah. 

1. Hindari minum sebelum makan 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menambah berat badan yaitu jangan minum sebelum makan. Sebab hal tersebut bisa menjadikan kamu merasa kenyang terlebih dahulu sebelum makan dan susah memperoleh kalori yang cukup. 

2. Konsumsi makanan lebih banyak 

Hal yang paling penting untuk kamu menambahkan berat badan yaitu dengan banyak mengkonsumsi kalori. Yang berarti, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kalori lebih banyak dari asupan kalori harian. Kamu bisa menentukan kebutuhan kalori memakai kalkulator kalori yang banyak disediakan di internet. 

3. Konsumsi makanan kaya protein 

Cara menambah berat badan berikutnya yaitu kamu harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Kamu bisa mengkonsumsi jenis makanan seperti kacang-kacangan, susu, ikan, daging, telur atau makanan lainnya yang kaya akan protein.

4. Minum susu

Kita semua tahu jika susu merupakan sumber protein dan kalori yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa banyak mengkonsumsi susu untuk membantu menambahkan berat badan hanya dalam waktu seminggu. Tidak hanya kamu minum secara langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi kue, es krim dan sejenisnya. 

Mungkin jika kamu memiliki banyak waktu luang, kamu bisa membuat shake atau smoothie yang mempunyai kalori tinggi. Mengkonsumsi smoothie yang kaya akan nutrisi bisa membuat kamu merasa kenyang. Untuk membuatnya, kamu bisa mencampurkan bahan tinggi kalori seperti yoghurt, sayur bayam, biji-bijian, buah-buahan dan selai kacang. 

Baca Juga: Ini Dia Berat Badan Ideal Untuk Anak Menurut WHO

5. Konsumsi protein terlebih dahulu 

Kamu harus tahu jika mengkonsumsi makanan padat protein dan kalori terlebih dahulu baru diikuti mengkonsumsi sayuran berserat merupakan cara untuk menaikkan berat badan. 

Apabila kamu mempunyai campuran makanan dalam piring, kamu bisa mengkonsumsi makanan padat protein dan kalori terlebih dahulu, setelah itu konsumsi sayuran. 

6. Makan menggunakan piring besar 

Cara untuk menambahkan berat badan dalam seminggu yang bisa kamu lakukan yaitu dengan makan menggunakan piring yang besar guna memperoleh kalori lebih banyak. Karena, bila memakai piring kecil, otomatis bisa mengakibatkan seseorang mengkonsumsi makanan lebih sedikit. 

Jangan lupa untuk makan lebih sering daripada hari biasanya. Jika dalam sehari kamu hanya makan sebanyak 2 kali, maka kamu bisa menambahkannya menjadi 3 kali dalam sehari dengan porsi yang besar. Tidak lupa juga untuk jangan minum sebelum makan. 

7. Buat tidur berkualitas 

Tidak hanya harus mengkonsumsi banyak makanan saja, tetapi kamu juga perlu memperhatikan kualitas tidur karena sangat penting guna pertumbuhan otot. Jangan tidur terlalu larut malam atau terlalu cepat yang membuat kamu terbangun di malam hari. 

8. Coba olahraga angkat beban 

Cara menambah berat badan selanjutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan rajin berolahraga angkat beban guna membangun kekuatan otot dalam tubuh. Hal tersebut juga dilakukan supaya kalori yang masuk ke dalam otot tidak mudah menjadi lemak jahat. 

Oleh karena itu, olahraga yang satu ini dapat kamu lakukan sebanyak 2-4 kali dalam seminggu. Mungkin kamu juga ingin melakukan konsultasi dengan dokter bila kamu mempunyai masalah tulang atau yang lainnya. 

9. Konsumsi minuman yang bisa menambahkan berat badan 

Apabila kamu benar-benar kesusahan untuk menambahkan berat badan sesudah melakukan semua cara di atas, maka kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi minuman untuk menambah berat badan. Minuman yang satu ini biasanya kaya akan kalori, karbohidrat dan protein. 

10. Datang ke profesional 

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, mungkin ada beberapa orang yang memang susah untuk menambahkan berat badan. Hal tersebut dapat terjadi sebab tubuh nya mempunyai berbeda badan tertentu atau biasa disebut dengan setpoint. 

Setpoint tersebut akan menjadikan tubuh menolak untuk berubah dengan mengelola tingkat metabolisme dan tingkat kelaparan. Seperti, saat kamu mengkonsumsi banyak kalori dan meningkatkan berat badan, tubuh mungkin merespon dengan cara meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. 

Tetapi, hal tersebut masih perlu dilakukan dilakukan penelitian lagi. Oleh sebab itu, penting untuk datang ke profesional kebugaran dan kesehatan yang dapat memberi saran guna mengembangkan olahraga yang bisa mendukung untuk menambahkan berat badan. 

Baca Juga: Kenali Jam Makan Untuk Menambah Berat Badan yang Tetap Sehat

Demikianlah, beberapa cara menambahkan berat badan dalam seminggu yang perlu kamu terapkan mulai sekarang. Semoga semua cara di atas bermanfaat dan berguna untuk kamu, ya!

Jangan lupa buat kamu yang mau belanja makanan sehat agar berat badan ideal, selalu andalkan Astro yang siap bantu penuhi kebutuhan kamu. Belanja di Astro, nggak pakai ribet dan nggak pakai lama, cukup pesan lewat aplikasi Astro, pesanan kamu akan sampai dengan cepat. Download aplikasinya di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu