Ini Beberapa Penyebab Badan Bungkuk yang Harus Diketahui

Ini Beberapa Penyebab Badan Bungkuk yang Harus Diketahui

Apakah kamu mengalami kebungkukkan? Bungkuk adalah kondisi tubuh pada tulang punggung bagian belakang yang tidak normal, kondisi ini biasanya dirasakan banyak Lansia, namun juga kamu harus hati-hati karena tidak sedikit orang yang masih muda justru mengalami kebungkukkan.

Bungkuk dapat mengganggu kelangsungan hidupmu, karena akan berpengaruh terhadap produktivitas, kesehatan dan masih banyak lagi. Untuk mengantisipasi kamu dari bungkuk, sebaiknya kamu pahami dulu beberapa penyebab badan bungkuk yang kamu alami.

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Penyebab Badan Menjadi Bungkuk

Ada beberapa penyebab badan seseorang menjadi bungkuk, semua itu dapat kamu pahami, sehingga kamu akan dengan mudah menghindarinya dan terhindar dari ancaman kebungkukkan. Kamu harus ingat bahwa bungkuk bisa dialami siapapun, terutama di masa lanjut usia.

Penyebab bungkuk bahkan dapat kamu temukan di beberapa gaya hidup yang tanpa kamu sadari sering melakukannya, sehingga di kemudian hari atau bahkan di waktu dekat kebiasaan itu akan membuat kamu menjadi bungkuk. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuatmu menjadi bungkuk.

1. Gaya berjalan yang tidak baik

Postur tubuh yang baik dapat dibentuk mulai dari hal-hal kecil yang jarang disadari orang lain, termasuk gaya berjalan. Seseorang ternyata dapat mengalami kebungkukkan hanya karena terbiasa dengan gaya berjalan yang salah, sebaiknya kamu hati-hati dalam membiasakan gaya berjalan.

Gaya berjalan yang agak bungkuk, tidak baik kamu biasakan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena hal tersebut akan mempengaruhi bentuk tulang di masa yang akan datang ketika kekuatan tulang semakin melemah seiring dengan bertambahnya usia kamu.

Maka dari itu sebaiknya kamu mulai membiasakan berjalan dengan postur tubuh yang tegak, jangan biarkan tulang punggung atau tulang bagian belakang menahan berat tubuh terlalu ke arah depan selama kamu berjalan, pastikan tubuhmu tegak dan ideal ketika berjalan.

2. Kebiasaan memikul berat di pundak

Memikul barang berat di pundak akan membuat tulang punggung kamu agak membungkuk. Jika kamu membiasakan kegiatan seperti itu, maka seiring berjalannya waktu tubuhmu akan terus semakin membungkuk, hal tersebut dikarenakan tulang punggungmu menahan berat yang membuatnya bengkok ke depan.

Sebaiknya kamu gunakan alat-alat pembantu ketika membawa barang-barang yang berat, hindari cara memikul beban tersebut menggunakan punggung. Barang yang berat di pundakmu akan menekan tulang punggung dan memaksanya untuk selalu membentuk postur bengkok ke depan.

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

3. Duduk terlalu lama

Bagi kamu yang aktivitas sehari-harinya adalah duduk, maka kamu dapat berpotensi menjadi bungkuk di waktu yang akan datang, duduk membuat tulang kita terdorong ke belakang, sehingga posisi bungkuk tanpa disadari akan terus dialami oleh tulang punggung dalam waktu yang cukup lama.

Sebaiknya kamu biasakan duduk dalam posisi tubuh tegak, sehingga tulang belakangmu tidak akan terganggu dengan kebiasaan posisi tulang yang kurang baik dan tidak sehat. Selain itu, pastikan sandaran kursimu cukup empuk agar tulangmu bersandar dengan aman dalam waktu yang cukup lama.

4. Menggendong tas yang terlalu berat

Aktivitas sehari-hari mungkin mengharuskan kamu menggendong tas yang berat setiap harinya, ternyata kebiasaan seperti itu dapat mengancam tulang punggung kamu mengalami kebungkukkan, sebaiknya kamu kurangi beban yang dibawa di dalam tas milikmu, sehingga beban yang kamu gendong cukup ringan.

Beban tas yang berat di punggungmu dapat menarik tubuh bagian atas menjadi lebih berat, sehingga tulang punggung kamu akan menahan beban yang berat ketika berjalan sambil menggendong tas, hal tersebut mengancam kesehatan tulang punggung dan berpotensi menyebabkan kebungkukkan.

Sebaiknya kamu mulai meminimalisir barang bawaan di dalam tas, sortir beberapa benda yang sekiranya tidak terlalu penting, sehingga beban tas yang kamu bawa menjadi lebih ringan. Atau lebih baik lagi kamu mengganti tas gendong dengan model tas lainnya yang lebih aman.

5. Jarang olahraga

Salah satu faktor lainnya yang dapat menyebabkan kebungkukkan adalah jarang melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Olahraga dapat menjaga kualitas tubuh, termasuk tulang. Bagi kamu yang jarang berolahraga, maka sebaiknya kamu mulai membiasakan kegiatan olahraga demi menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, terutama tulang belakang.

Kamu harus tahu bahwa menjaga kekuatan dan kesehatan tulang tidak mengharuskan melakukan beberapa kegiatan olahraga yang berat, banyak sekali olahraga ringan terutama gerakan-gerakan yang kerap disebut pemanasan, ternyata semua itu membantumu menjaga kesehatan tulang belakang atau tulang punggung.

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Demikian penjelasan tentang beberapa penyebab tubuh seseorang dapat menjadi bungkuk, sebaiknya kamu ingat dan pahami beberapa penyebab tersebut, kemudian sebisa mungkin kamu hindari. Kamu juga dapat meminum vitamin untuk kesehatan tulangmu demi mencegah kebungkukkan.

Kamu dapat membeli vitamin dan makanan sehat lainnya untuk kesehatan tulang demi mencegah kebungkukkan di aplikasi Astro. Belanja segala kebutuhan di aplikasi Astro nggak perlu ribet dan nunggu lama. Semua pesanan kamu akan diantar dalam waktu hitungan menit saja. Yuk, langsung cek aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu