Daftar Kue Tradisional Indonesia Populer Dari Berbagai Daerah

Daftar Kue Tradisional Indonesia Populer Dari Berbagai Daerah

Indonesia memiliki banyak jenis kue tradisional yang sudah ada sejak dulu hingga masih populer sampai sekarang. Berbagai jenis kue yang populer hingga sekarang tentunya berasal dari berbagai daerah dan juga rasanya khas. Biasanya berbagai jenis kue tradisional disuguhkan untuk dinikmati para tamu undangan yang datang atau bisa juga jadi cemilan enak setiap harinya. Apalagi berbagai jenis kue tradisional sekarang bisa ditemukan di mana saja seperti di pasar tradisional atau di toko kue. Bahkan bagi kamu yang suka masak kue tentunya bisa coba buat sendiri di rumah yang bisa disantap bareng keluarga. Berikut ini akan dijelaskan daftar kue tradisional Indonesia yang populer dari berbagai daerah.

Baca Juga: Kumpulan Resep Kue Tradisional Kukus yang Bikin Nagih

Getuk

Kue Tradisional Indonesia kue getuk

Kue pertama yang satu ini masih banyak ditemukan di pasar yaitu getuk yang asalnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahan utama kue ini adalah singkong yang direbus dan ditumbuk kemudian dibentuk kotak dan ditambahkan gula agar rasanya manis. Saat ingin disajikan di atas meja, getuk juga ditambahkan dengan parutan kelapa sehingga terdapat rasa asin dan gurih yang bisa kamu rasakan pada kue satu ini.

Onde-Onde

Kedua ada kue yang bernama onde-onde yang bentuknya seperti bola berukuran kecil yang di dalamnya terdapat isian berupa kacang hijau. Untuk bagian kulitnya berasal dari tepung ketan yang ditaburi dengan wijen warna putih. Dengan adanya wijen maka kue onde-onde akan terasa harus dan memiliki aroma khas. Bahkan sekarang sudah banyak rasa dari onde-onde seperti coklat, keju, dan rasa lainnya.

Kue Rangi

Selanjutnya ada kue yang berasal dari Betawi yang dinamakan dengan kue rangi yang juga bisa kamu temukan di mana saja. Kue satu ini dimasak menggunakan cetakan dan dibakar menggunakan tungku. Cetakan yang digunakan hampir mirip dengan kue pancong namun agak sedikit tipis. Proses pembuatan adonan kue ini menggunakan campuran dari tepung sagu dan juga kelapa parut. Setelah matang, kue rangi akan ditambahkan dengan saus gula Jawa yang kental dan pastinya menggoda.

Baca Juga: Resep Kue Cucur Gula Merah Anti Gagal Dijamin Legit Bikin Ketagihan

Jalangkote

Kue Tradisional Indonesia jalangkote

Kue yang satu ini berasal dari Sulawesi Selatan yaitu jalangkote yang hampir mirip dengan pastel tapi bedanya kulit jalangkote lebih tipis. Di dalamnya terdapat berbagai isian mulai dari wortel, kentang, mie atau bihun. Setelah selesai digoreng maka bisa ditambahkan saus yang terbuat dari campuran antara cuka dengan cabai sehingga rasa pedasnya terasa.

Roko-Roko Unti

Ada satu lagi kue dari Sulawesi Selatan yaitu roko-roko unti yang biasanya disajikan ketika masuk musim panen. Adonannya berasal dari tepung beras yang di dalamnya ada potongan pisang raja. Proses pembuatannya juga mudah diawali dengan mencampurkan air hangat dengan tepung beras dan juga kelapa parut kemudian aduk sampai mengental. Kemudian tambahkan pisang raja di bagian dalam kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

Klepon

Untuk kue yang satu ini tentunya kamu sudah tahu karena masih terkenal sampai sekarang yaitu klepon yang berasal dari Jawa. Kue yang mempunyai ciri khas warna hijau ini dibuat dari beras ketan yang diisi dengan gula merah yang dicairkan kemudian disajikan bersama parutan kelapa.

Bika Ambon

Berikutnya ada kue dengan ciri khas warna kuning dari Medan yaitu bika Ambon. Untuk membuat kue ini tentu cukup banyak membutuhkan bahan-bahan mulai dari tepung serbaguna, gula, air kelapa, santan, telur, ragi instan, tepung singkong, dan masih banyak lagi. Setelah semua bahan dicampur dan menjadi adonan maka selanjutnya akan dimasukkan ke oven sampai matang.

Apem

Kue tradisional selanjutnya dikenal dengan nama apem yang terbuat dari tepung beras, gula Jawa, terigu, tape singkong, dan juga santan. Kue apem digoreng menggunakan wajan yang ditambahkan olesan minyak.

Baca Juga: Belajar Membuat Kue Lapis Legit yang Sempurna dengan Resep Ini

Wajik

kue tradisional indonesia kue wajik

Kue yang satu ini berasal dari Jawa Tengah dan termasuk kue basah yaitu wajik. Terbuat dari ketan yang dikukus lalu ditambahkan dengan santan dan juga gula Jawa sehingga warnanya menjadi coklat.

Putu

Berikutnya ada kue tradisional yang bernama kue putu bisa ditemukan di gerobak yang lewat depan rumah setiap malam. Kue ini dibuat dari tepung beras dan juga gula merah ditaburi dengan parutan kelapa yang dimasak menggunakan bambu sehingga menghasilkan suara khas.

Lemper

Lemper juga menjadi kue tradisional yang populer dan bisa kamu coba. Dibuat dengan beras ketan yang dimasukkan suwiran ayam atau abon kemudian dibentuk bulat lonjong lalu dibungkus dengan daun pisang.

Cenil

Bagi kamu yang suka cemilan dengan tekstur kenyal maka bisa memilih cenil. Kue yang satu ini terdiri dari warna merah muda, putih, hingga hijau. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cenil mulai dari tepung kanji, garam, dan juga air. Saat disajikan, cenil akan ditambahkan parutan kelapa yang sudah dicampur garam dan juga disiram gula merah.

Baca Juga: Cara Membuat Resep Bolu Pisang Kukus Praktis Tanpa Mixer

Selain daftar di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi kue tradisional Indonesia yang berasal dari setiap daerah. Agar kamu bisa merasakan semua kue tradisional maka ada baiknya untuk memasak sendiri di rumah. Untuk membeli bahan kue yang lengkap tentunya kamu sekarang bisa memanfaatkan aplikasi Astro yang menyediakan semua bahan kue termasuk peralatan masak. Tidak perlu khawatir dengan harganya karena dijamin kompetitif dan semua pesanan kamu pasti akan sampai di hari yang sama.

Sumber:

https://food.detik.com/info-kuliner/d-6886736/18-jenis-kue-tradisional-khas-indonesia-yang-manis-dan-gurih

Hakim Habibie
Hakim Habibie