Cara Membuat Resep Bolu Pisang Kukus Praktis Tanpa Mixer

Cara Membuat Resep Bolu Pisang Kukus Praktis Tanpa Mixer

Kue bolu sangat cocok untuk berbagai acara mulai dari kumpul keluarga hingga acara ulang tahun. Dengan bentuk yang cukup besar tentunya kue ini bisa dinikmati oleh banyak orang sekaligus. Dalam satu loyang kue bolu tentunya bisa jadi hingga 10 potongan lebih tergantung ketebalannya. Kue bolu juga banyak variasinya dan salah satunya adalah menggunakan buah pisang sebagai rasanya. Makanya banyak toko kue yang menjual bolu pisang karena memang rasanya enak. Bagi kamu yang ingin buat sendiri, maka bisa tahu cara membuat resep bolu pisang kukus praktis tanpa mixer di bawah ini.

Resep Bolu Pisang Kukus

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Loyang Penuh Warna Untuk Si Kecil

Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu memiliki bahan-bahan di bawah. Jika ada bahan yang tidak ada di dapurmu, jangan lupa kamu bisa pesan semua kebutuhan masak di aplikasi Astro!

Cara Membuat:

Baca Juga: Ini Resep Brownies Kukus Anti Gagal

  1. Diawali dengan melembutkan atau menghaluskan pisang dengan garpu kemudian tambahkan susu cair dan aduk sampai merata.
  2. Selanjutnya kocok gula palem dengan telur sampai merata dengan alat whisk.
  3. Lalu masukkan campuran pisang dan aduk kembali.
  4. Dilanjutkan dengan menuang minyak ke dalam wadah dan aduk lagi.
  5. Tuang tepung, baking soda, serta baking powder ke wadah yang berisi adonan sambil disaring.
  6. Tambahkan coklat chip kemudian aduk terus sampai merata.
  7. Ambil loyang bundar atau persegi panjang lalu olesi dengan margarin kemudian masukkan adonan ke dalam loyang.
  8. Kemudian kukus bolu sampai matang.
  9. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan pindahkan ke piring saji lalu potong-potong.
  10. Bolu pisang kukus bisa langsung dinikmati.

Itulah cara membuat resep bolu pisang kukus yang praktis tanpa perlu menggunakan mixer. Bagi kamu yang tidak suka rasa terlalu manis karena menjaga pola makan agar terhindar dari penyakit diabetes maka harus mengganti beberapa bahan yang lebih sehat. Mulai dari mengganti tepung terigu dengan oatmeal dan juga tidak perlu menggunakan gula. Berikut ini ada beberapa tips memasak kue bolu yang lebih sehat buat dikonsumsi kamu.

Tips Bolu Pisang Kukus Anti Gagal

1. Coba pemanis yang rendah gula

Tips pertama adalah kamu harus menggunakan pemanis yang rendah gula ketika memasak kue bolu. Pemanis rendah gula bisa diperoleh dari buah-buahan seperti kurma, saus apel tanpa pemanis, hingga pisang. Pastikan buah-buahan yang ingin dijadikan pemanis tentunya harus sudah matang agar rasanya manis. Bahkan sekarang ada juga pengganti gula yang tidak berpengaruh terhadap gula darah. Hindari juga berbagai pemanis buatan seperti sakarin atau aspartam ke dalam adonan kue.

2. Pakai tepung alternatif

Kandungan karbohidrat di dalam tepung bisa membuat kadar gula darah jadi meningkat. Makanya cobalah beralih ke tepung alternatif seperti tepung gandum hingga almond yang lebih banyak mengandung serat dan kandungan karbohidrat hanya sedikit. Kamu juga harus menyadari dengan adanya penggantian tepung terigu ke tepung alternatif maka tentu rasanya akan berbeda dan kamu butuh penyesuaian dalam hal rasa.

3. Manfaatkan lemak yang lebih sehat

Jika biasanya menggunakan mentega maka mulai sekarang kamu harus mulai memanfaatkan lemak yang lebih sehat. Lemak sehat bisa diperoleh dari minyak lainnya seperti minyak zaitun atau bahkan bisa juga dari buah-buahan seperti alpukat. Pilihan lainnya tentu bisa menggunakan puree labu, kacang, atau juga greek yoghurt.

Baca Juga: Kumpulan Resep Kue Tradisional Kukus yang Bikin Nagih

Untuk menemukan bahan-bahan yang sehat untuk membuat kue tentunya sangat mudah karena telah hadir aplikasi Astro. Aplikasi yang menjual berbagai bahan masakan termasuk bahan-bahan yang sehat seperti minyak zaitun, tepung gandum, dan masih banyak lagi makanya, Yuk download aplikasi Astro sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie