Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut Dengan Efektif

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut Dengan Efektif

Jengkol merupakan makanan favorit bagi sebagian orang karena rasanya memang terasa enak dan bikin nagih. Walaupun rasanya enak tetapi tidak dengan aroma bau yang dihasilkan jengkol. Aromanya bisa mengganggu orang lain yang ada di dekatnya bahkan kamu sendiri juga akan merasa tidak nyaman ketika mulut bau jengkol. Maka itu penting untuk segera menghilangkan bau setelah mengkonsumsi jengkol. Jika kamu belum tahu cara menghilangkan bau jengkol di mulut maka di bawah ini akan dijelaskan cara yang efektif.

Baca Juga: Sayuran Sehat untuk Hidup Sehat: 15 Tips Cara Memilih Sayuran yang Berkualitas

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Sikat Gigi

Cara pertama yang bisa kamu langsung lakukan untuk menghilangkan bau aroma jengkol adalah dengan menyikat gigi. Proses menyikat gigi bisa dilakukan dimulai dari bagian luar sampai yang terdalam sehingga tidak ada lagi sisa jengkol di mulut. Untuk lebih efektif, gunakan pasta gigi yang di dalamnya terdapat kandungan fluoride. Kandungan yang satu ini mempunyai manfaat sebagai anti bakteri yang bisa mengurangi bau pada mulut.

Mengkonsumsi Buah

Selanjutnya bisa mengkonsumsi berbagai buah-buahan terutama buah apel atau pir. Keduanya efektif mengurangi hingga menghilangkan bau jengkol. Dengan tekstur buah yang renyah sekaligus memiliki kandungan air cukup banyak maka membuat mulut bisa memproduksi air liur. Produksi air liur di mulut bisa menyegarkan serta membersihkan bau jengkol. Kemudian adanya serat dalam apel atau pir bisa menjadi pasta gigi alami.

Kunyah Permen Karet

Dengan mengunyah permen karet ternyata menjadi cara efektif menghilangkan aroma jengkol di mulut sekaligus menyegarkan napas. Hal ini karena permen karet bisa dijadikan pencuci mulut sekaligus membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. Sebaiknya pilih permen karet yang tidak terdapat kandungan gula karena bisa membuat bau mulut jadi lebih terasa.

Baca Juga: Kenali 10 Buah Tropis Indonesia yang Penuh Nutrisi dan Kesehatan

Minum Segelas Susu

Hal lain yang dapat kamu lakukan setelah makan jengkol untuk menghilangkan bau jengkol di mulut adalah meminum segelas susu. Disarankan untuk minum susu murni karena semakin murni susu yang dikonsumsi maka akan lebih efektif menghilangkan bau jengkol. Susu terbukti mampu menetralkan aroma atau bau yang tajam mulai dari jengkol, pete, sampai bawang putih. Selain susu murni, pilih juga susu yang tinggi lemak karena punya kemampuan menetralkan bau yang lebih baik.

Kumur Dengan Mouthwash

Selain gosok gigi, kamu juga bisa memanfaatkan produk mouthwash untuk mengurangi aroma bau jengkol. Lakukan cara ini sesaat setelah makan jengkol dengan memasukkan cairan antiseptik ke dalam mulut kemudian kumur-kumur selama beberapa menit. Setelah kumur-kumur kemudian bilas dengan air bersih hingga tidak ada lagi cairan yang tertinggal di mulut dan tidak ada lagi bau jengkol serta nafas menjadi lebih segar.

Konsumsi Yoghurt

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu mengkonsumsi yoghurt karena mempunyai kandungan probiotik. Kandungan yang satu ini bisa melawan bakteri jahat sehingga bisa menghilangkan hidrogen sulfida yang ada dalam mulut. Disarankan untuk membeli yoghurt yang tidak mengandung gula seperti rasa plain atau original. Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari yoghurt adalah mengurangi tekanan darah yang tinggi, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah terjadinya osteoporosis, dan cocok untuk kamu yang sedang program diet.

Baca Juga: 7 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Itulah beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan efektif makanya selalu sediakan kebutuhan seperti buah-buahan, susu, hingga yoghurt. Semua kebutuhan tersebut bisa dibeli secara praktis lewat aplikasi Astro. Aplikasi yang menjual banyak sekali kebutuhan harian mulai dari susu, yoghurt, buah-buahan, dan yang lainnya dengan harga terjangkau dan pengiriman cepat sampai, pesan di aplikasi Astro sekarang. Yuk, download aplikasi Astro di Play Store & App Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie