7 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

manfaat terong ungu

Terong ungu adalah varietas terong yang memiliki warna ungu pada kulitnya. Terong ini memiliki rasa yang lezat dan sering digunakan dalam berbagai resep masakan, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Terong ungu telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dan telah menjadi bagian dari diet manusia selama berabad-abad.

Baca Juga: Nikmati Manfaat Jus Seledri dengan Resep Praktis Ini

Komposisi Nutrisi Terong Ungu

Dikutip dari situs webmd.com, ternyata terong ungu mengandung banyak sekali nutrisi yang penting bagi tubuh kamu. Beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam terong ungu antara lain:

  • Karbohidrat: Terong ungu mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi yang stabil dan tahan lama.
  • Protein: Terong ungu mengandung protein yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.
  • Serat: Terong ungu mengandung serat yang membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan usus.
  • Vitamin dan Mineral: Terong ungu mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin K, folat, potassium, magnesium, dan zat besi.

Disamping nutrisi – nutrisi diatas, terong ungu memiliki berbagai manfaat untuk kesahatan tubuh kita, lho!. Yuk simak daftar manfaatnya berikut ini!

Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan

Terong ungu memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Das et al. (2011) tentang Cardioprotective properties of raw and cooked eggplant (Solanum melongena L). yang dipublish oleh jurnal Food & function, Terong mengandung senyawa kardioprotektif yang kuat. Disamping itu, Terong ungu mengandung flavonoid yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Flavonoid juga dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi peradangan pada jantung.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Terong ungu mengandung banyak serat yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Serat juga membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Menurut penelitian yang dilakukan Nanda et al., (2013), terong dapat membantu mengurangi kadar tingkat glukosa dalam darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Temuan dari sebuah studi berjudul Antioxidant activity of nasunin, an anthocyanin in eggplant peels oleh Noda, Y et al., (2000) menunjukkan bahwa nasunin, sebuah anthocyanin yang terdapat pada kulit terong, dapat membantu melindungi membran sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nasunin juga membantu memindahkan nutrisi ke dalam sel dan mengeluarkan limbah dari sel.

Kandungan Anthocyanin yang terdapat pada terong, juga dapat membantu mencegah neuroinflamasi dan memfasilitasi aliran darah ke otak. Hal ini dapat membantu mencegah kehilangan ingatan dan aspek lain dari penurunan kognitif yang terkait dengan usia.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Menurut penelitian oleh Igwe et al., 2003, Terong juga merupakan sumber alami vitamin A, yang sangat penting bagi kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina dan mencegah terjadinya katarak. Sehingga buah yang satu ini sangat berperan penting untuk kesehatan mata dan penglihatan.

Baca Juga: 6 Manfaat Sehat Daun Kale untuk Tubuhmu: Temukan Kandungan Nutrisinya

5. Mengatasi Inflamasi

Terong ungu mengandung zat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi inflamasi pada tubuh. Asam aspartat, tropan, flavonoid, lanosterol, gramisterol, steroid alkaloid, glikoalkaloid, histidin, nasunin, asam oksalat, solasodin, asam askorbat, dan triptofan adalah beberapa senyawa penting yang terdapat pada terong, yang juga rendah kalori dan kandungan airnya tinggi. Senyawa-senyawa yang terdapat dalam terong ini memiliki manfaat antiinflamasi sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Naeem & Ugur pada tahun 2019. Inflamasi merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi atau cedera, namun jika terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

6. Menurunkan Berat Badan

Terong adalah sayuran non-pati yang rendah karbohidrat. Sebagai contoh, menurut informasi yang didapatkan dari U.S. Department of Agriculture, satu buah terong berukuran 1 pon hanya mengandung 137 kalori, 0,986 gram lemak dan 32,2 gram karbohidrat (kurang dari dua lembar roti), 16,4 gram serat, dan 5,37 gram protein. Terong ungu juga mengandung banyak serat, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara membantu mengontrol nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Terong ungu mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dilansir dari situs health.com Asam klorogenat pada terong mendukung kekebalan tubuh melalui aktivitas antimikroba dan antivirusnya. Satu cangkir terong memiliki kandungan sekitar 10% dari target harian untuk manganese, mineral yang membantu produksi kolagen dan mendukung kesehatan kulit dan tulang.

Cara Menikmati Terong Ungu

Terong ungu dapat dinikmati dengan berbagai cara, di antaranya:

  • Masakan tumis: Terong ungu dapat diolah menjadi masakan tumis dengan bahan-bahan lainnya seperti daging, ayam, atau sayuran lainnya.
  • Sambal: Terong ungu juga dapat diolah menjadi sambal yang lezat dan pedas.
  • Sayur lodeh: Terong ungu dapat diolah menjadi sayur lodeh dengan bahan-bahan seperti santan dan rempah-rempah.

Nah, itu dia manfaat-manfaat luar biasa dari terong ungu yang sehat dan lezat! Kamu sudah siap untuk memasukkan terong ungu ke dalam menu makanan harianmu? Jangan lupa untuk membeli terong ungu segar dan berkualitas untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Baca Juga: Ubi Ungu: Camilan Sehat yang Bermanfaat untuk Jaga Kesehatan Tubuhmu

Kamu tahu tidak? Untuk membeli kebutuhan harianmu, kini semakin mudah dan praktis loh. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Astro di smartphone kamu dan mulai berbelanja tanpa ribet lagi. Dengan aplikasi Astro, kamu bisa berbelanja kebutuhan harianmu secara online dengan mudah, cepat, dan aman. Ada banyak produk-produk berkualitas dari berbagai kategori yang bisa kamu pilih, termasuk buah-buahan segar seperti terong ungu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasi Astro sekarang dan nikmati kemudahan berbelanja online yang praktis dan nyaman. Dapatkan kebutuhan harianmu dengan mudah hanya dengan sentuhan jari di smartphone kamu. Selamat berbelanja!

Referensi 

Das, Subal & Raychaudhuri, U & Falchi, M & Bertelli, A & Braga, P & Das, Dipak. (2011). Cardioprotective properties of raw and cooked eggplant (Solanum melongena L). Food & function. 2. 395-9. 10.1039/c1fo10048c. 

Qonita, Nanda & Zulhaidah, Maimun & Tjahjono, Harjoedi. (2013). The effect of eggplant (Solanum melongena L.) extract peroal against blood glucose level of white rat (Ratus novergicus) wistar strain diabetic model. International Journal of Pediatric Endocrinology. 2013. O33-O33. 10.1186/1687-9856-2013-S1-O33. 

Noda, Y., Kneyuki, T., Igarashi, K., Mori, A., & Packer, L. (2000). Antioxidant activity of nasunin, an anthocyanin in eggplant peels. Toxicology, 148(2–3), 119–123. https://doi.org/10.1016/s0300-483x(00)00202-x

Igwe, S., Akunyili, D. N., & Ogbogu, C. (2003). Effects of Solanum melongena (garden egg) on some visual functions of visually active Igbos of Nigeria. Journal of Ethnopharmacology, 86(2–3), 135–138. https://doi.org/10.1016/s0378-8741(02)00364-1 

Naeem, M., & Ugur, S. (2019). Nutritional Content and Health Benefits of Eggplant. Turkish Journal of Agriculture: Food Science and Technology, 7, 31–36. https://doi.org/10.24925/turjaf.v7isp3.31-36.3146 

https://www.health.com/nutrition/eggplant-health-benefits

Hakim Habibie
Hakim Habibie