Temukan Rahasia Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot Berikut Ini

Dari berbagai banyak pilihan menu seafood, tentunya cumi menjadi salah satu seafood yang paling banyak dipilih karena rasanya enak. Makanya banyak orang memasak cumi sendiri di rumah untuk menjadi hidangan bagi keluarga. Namun memasak cumi juga bisa dikatakan tidak mudah karena cumi yang dimasak jadi gagal karena alot. Untuk memasak cumi agar tidak alot maka kamu bisa menemukan rahasia cara memasak cumi agar tidak alot dan empuk ketika digigit berikut ini.

Baca Juga: Anti Amis! Trik Jitu Olah Seafood Biar Hasilnya Selalu Enak!

Beli Cumi Segar

Semua seafood yang harus diolah tentunya harus dalam keadaan masih segar termasuk cumi. Cumi yang masih segar tentunya akan berpengaruh terhadap rasa masakan yang lezat sedangkan cumi yang sudah tidak segar akan membuat hidangan menjadi kurang enak. Makanya kamu harus membeli cumi yang masih segar di penjual yang tepat agar tidak alot saat dimakan. Untuk memastikan kesegaran pada cumi maka kamu bisa cek warna, bau, dan juga teksturnya. Cumi yang segar terlihat putih kemerahan kemudian matanya bening serta aroma baunya tidak terlalu amis.

Cuci Sampai Cumi Bersih

Setelah membeli cumi yang segar maka selanjutnya yang kamu harus lakukan adalah segera mencucinya sampai benar-benar bersih. Cuci sampai tubuhnya kesat kemudian pisahkan tulang rawan dan juga kantung tinta jika memang tidak diperlukan. Pastikan juga kantung tinta tidak pecah karena bisa menyebabkan timbulnya bau amis.

Baca Juga: Rahasia Masakan Cumi Enak: Cara Membersihkan dan Mengolahnya

Tambahkan Bahan Untuk Menghilangkan Bau

Cara selanjutnya adalah menambahkan bahan-bahan yang bisa menghilangkan bau amis pada cumi. Mulai dari jeruk nipis, cuka, lemon, parutan jahe, hingga asam Jawa. Setelah menggunakan beberapa bahan tersebut selanjutnya diamkan kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan menggunakan air mengalir.

Rebus Terlebih Dahulu

Bagi kamu yang ingin memastikan tidak ada lagi bau amis pada cumi maka bisa rebus dulu dengan waktu 1 menit menggunakan daun salam atau bisa juga lengkuas. Kemudian tiriskan dilanjutkan dengan memotong cumi sesuai dengan keinginan.

Jangan Masak Cumi Lebih Dari 3 Menit

Agar mendapatkan cumi yang tidak alot maka jangan memasak cumi terlalu lama. Jika memasak cumi terlalu lama atau lebih dari 3 menit maka hasilnya akan alot atau sulit dikunyah. Makanya harus selalu kamu ingat jangan masak cumi lebih dari 3 menit. Jika sudah terlanjur masak terlalu lama, maka sebaiknya terus rebus cumi sampai setengah jam agar kembali empuk.

Baca Juga: Resep Cumi Saus Padang Ala Restoran Seafood Dijamin Enak di Lidah

Itulah rahasia yang bisa kamu tahu tentang cara memasak cumi agar tidak alot di setiap gigitan. Tentu hal yang paling penting adalah untuk membeli cumi segar yang berkualitas. Karena biarpun resepnya baik, jika cumi yang kamu gunakan tidak fresh tentunya hasil masakannya akan tidak enak. Maka dari itu beli bahan masak berkualitas dan kebutuhan sehari-hari lainnya di aplikasi Astro! Yuk, rasakan kemudahan belanja online bersama Astro! Temukan berbagai pilihan buah segar, produk makanan, produk kecantikan, dan lainnya. Download aplikasi Astro sekarang di App Store & Play Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie