Resep Cumi Saus Padang Ala Restoran Seafood Dijamin Enak di Lidah

Resep Cumi Saus Padang Ala Restoran Seafood Dijamin Enak di Lidah

Di restoran seafood tentunya ada banyak sekali menu yang bisa dipilih dan ada satu menu yang wajib dipesan yaitu cumi saus padang. Menu satu ini menawarkan rasa pedas yang khas dengan aroma bawang putih yang wangi ditambah dengan irisan cabai rawit yang menggoda. Jadi wajar jika menu ini selalu dipesan setiap pengunjung restoran seafood dari yang murah hingga yang mahal. Walaupun tersedia di berbagai restoran seafood, sebenarnya kamu bisa memasak menu cumi saus Padang di rumah yang bisa dihidangkan untuk keluarga. Jika kamu belum tahu resep cumi saus Padang maka bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Rahasia Masakan Cumi Enak: Cara Membersihkan dan Mengolahnya

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu memiliki bahan-bahan di bawah. Jika ada bahan yang tidak ada di dapurmu, jangan lupa kamu bisa pesan semua kebutuhan masak di aplikasi Astro!

Bumbu halus

Langkah-langkah memasak

Baca Juga: Rahasia Sukses Memasak Ayam Enak dan Juicy: Cara Membersihkannya dengan Benar

  1. Tahap pertama adalah melumuri cumi yang masih segar dengan air perasan jeruk nipis kemudian diamkan kurang lebih selama 10 menit.
  2. Berikutnya panaskan minyak dilanjutkan dengan menumis bumbu halus beserta cabai sampai tercium aroma harum.
  3. Tambahkan tomat hingga tomat layu kemudian masukkan cumi yang sudah dipotong tebal.
  4. Selanjutnya bisa menambahkan saus sambal ekstra pedas, kaldu jamur, air, hingga kecap manis lalu aduk dan tunggu sampai mendidih.
  5. Kemudian masukkan daun bawang diikuti dengan larutan tepung maizena lalu aduk sampai kuahnya mengental.
  6. Setelah itu pindahkan ke piring dan cumi saus padang siap untuk disantap.

Tips Memasak Cumi Saus Padang

Dalam memilih cumi untuk diolah dengan bumbu saus padang tentunya tidak bisa dilakukan secara asal. Jika dilakukan secara asal maka ada kemungkinan cumi yang dibeli tidak segar bahkan tidak layak dimasak. Pertama, perhatikan terlebih dahulu bau dari cumi yang akan dibeli. Jika baunya terasa amis atau anyir maka cumi tersebut tidak segar karena cumi yang segar terdapat aroma air laut. Selanjutnya tekan cumi yang akan dibeli, jika kenyal dan kokoh maka cumi masih segar tetapi jika terasa lembek atau bahkan layu maka sebaiknya jangan dibeli.

Hal lain yang perlu kamu ketahui saat ingin memasak cumi adalah jangan terlalu lama karena akan merusak tekstur dan juga cita rasanya. Ada baiknya untuk memasak cumi tidak lebih dari waktu 3 menit agar masih terasa lezat ketika dikonsumsi. Cumi yang masih segar tentunya akan terasa enak dan juga bisa memberikan manfaat kepada tubuh kamu. Manfaatnya mulai dari mempunyai efek antimikroba, melawan penyakit kanker, menyembuhkan sakit maag, sebagai sumber protein yang rendah lemak, hingga menjadi sumber antioksidan.

Baca Juga: Mau Makan Udang Enak? Ini Cara Membersihkannya yang Benar

Bagi yang sedang mencari cumi segar untuk memasak berbagai menu seafood di rumah, maka tidak perlu bingung lagi karena ada aplikasi Astro. Jangan khawatir kalau kamu belum punya semua bahan di rumah. Sekarang, belanja kebutuhan masak seperti cumi segar, sayuran, dan rempah-rempah jadi lebih mudah dengan Astro! Aplikasi belanja online ini buka 24 jam nonstop, jadi kamu bisa pesan semua yang kamu butuhkan kapan saja. Langsung download Astro di App Store atau Play Store dan nikmati kemudahan belanja online! Dengan Astro, makan siang keluarga jadi lebih praktis dan menyenangkan. Selamat mencoba resep cumis saus padang ini, dan jangan lupa, selalu tambahkan sentuhan kasih sayang dalam setiap masakan!

Hakim Habibie
Hakim Habibie